السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
بسم الله الرحمن الرحيم
KAJIAN KITAB IBANAH AL-AHKAM KARYA ASSAYYID ALAWI BIN ABBAS AL-MALIKI
BAB WAKTU SHALAT
HADITS KE 141 :
وَعَنْ اِبْنِ عُمَرَ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهُمَا أَنَّ رَسُولَ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم قَالَ: ( لَا صَلَاةَ بَعْدَ اَلْفَجْرِ إِلَّا سَجْدَتَيْنِ ) أَخْرَجَهُ اَلْخَمْسَةُ إِلَّا النَّسَائِيُّ. وَفِي رِوَايَةِ عَبْدِ اَلرَّزَّاقِ: ( لَا صَلَاةَ بَعْدَ طُلُوعِ اَلْفَجْرِ إِلَّا رَكْعَتَيْ اَلْفَجْرِ )
وَمِثْلُهُ لِلدَّارَقُطْنِيّ عَنْ اِبْنِ عَمْرِوِ بْنِ اَلْعَاصِ
Dari Ibnu Umar Radliyallaahu ‘anhu bahwa Rasululah Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam bersabda: “Tidak ada shalat setelah fajar kecuali dua rakaat (Shubuh).” Dikeluarkan oleh Imam Lima kecuali Nasa’i.
Dalam suatu riwayat Abdur Razaq: “Tidak ada shalat setelah terbitnya fajar kecuali dua rakaat fajar.”
Dan hadits serupa menurut Daruquthni dari Amr Ibnul ‘Ash r.a.
MAKNA HADITS :
Dimakruhkan mengerjakan sholat sunat sesudah fajar terbit, selain sunat fajar, supaya hal itu tidak mengakibatkan permulaan waktu terlepas dan orang awam
tidak meyakini akan kewajiban mengerjakan sholat lain pada saat itu. Sekumpulan ulama malah mengharamkan sholat sunat sesudah fajar terbit kecuali sunat fajar kerana berpegang dengan makna zahir (لا) “nafi” yang bermaksud larangan. Namun ketika berada di tanah suci Mekah, Imam al-Syafi’i membolehkan sholat sunat di dalamnya secara mutlak tanpa adanya larangan.
FIQH HADITS :
Haram mengerjakan sholat sunat sesudah fajar terbit sebelum mengerjakan sholat Subuh, kecuali sholat sunat fajar.
Wallahu a’lam bisshowab..
Demikian Kajian Hadits untuk hari ini.
Semoga bermanfaat. Aamiin..