IKABA

HUKUM ZAKATNYA PEDAGANG EMAS

Assalamualaikum.
Pertayaan titipan.

Assalamualaikum.
Pertayaan titipan.

Deskripsi masalah.
Dalam menjalani kehidupan, manusia itu tidak akan terlepas dari berbagai kebutuhan, baik adanya kebutuhan itu bersifat material maupun sepritual, baik kebutuhan berupa sandang ataupun pangan, maka dalam rangka untuk mencapai hal sebagai tersebut dibutuhkan adanya komunikasi antara yang satu dengan yang lainnya tak terkecuali adanya transaksi jual beli yakni butuh adanya penjual dan juga butuh pembeli.
Disebuah kota ” PAMEKASAN ada seorang pedagang emas bernama Supriyadi.

Pertanyaannya.
Apakah orang yang dagang emas itu wajib membayar zakat kedua- duanya..? ( Zakat dagangan dan zakat emas , kalau kedua- duanya wajib mana yang harus didahulukan?.

Walaikum salam.
Jawaban.

Keduanya tidak wajib zakat .Alasannya karena barang dagangan yang wajib zakat itu adalah selain emas dan perak sedang emas yang wajib zakat itu harus disimpan, bukan hiasan yang mubah. Yakni hiasan yang digunakan baik dengan disewakan atau dipinjam…

Referensi:


كفاية الأخيار. ج ١ ص:١٧٧


وأما عروض التجارة فتجب الزكاة بالشرائط المذكورة فى الأثمان العروض ماعدا النقدين فكل عرض أعد للتجارة بشروطها وجبت فيه الزكاة واحتاج بوجوب الزكاة بقوله تعالى[ أنفقوا من طيبات ماكسبتم ] قالت مجاهد نزلت فى التجارة.


Artinya:” Adapun barang-barang dagangan itu adalah wajib zakat sebagaimana yang telah disebutkan didalam zakat harga- harga barang dagangan selain emas dan perak, maka setiap barang yang disediakan untuk perniagaan ( selain emas dan perak) itu wajib dizakati dengan syarat- syarat zakat perniagaan/ dagangan. Dengan berdasarkan dalil firman Allah :” Artinya Infakkanlah (dijalan Allah) sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik .

شروط وجوب زكاة النقد ان لا يكون حليا مباحا و الحلى المباح هو ما اعد للاستعمال المباح و لو باجرة او اعارة فخرج به ثلاثة الحلى غير المستعمل كالكنز والحلي المكروه كضبة كبيرة للحاجة و الحلى المحرم كالذى يلبسه الرجل…… التقرير السديدة ٤١٠

Wallahu A’lam bisshowab


by

Tags:

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *