DEWAN PIMPINAN PUSAT
IKATAN ALUMNI BATA-BATA

DPP IKABA

DEWAN PIMPINAN PUSAT IKATAN ALUMNI BATA-BATA

HADITS KE 177 : HARAM BERBICARA DI WAKTU SHALAT

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

بسم الله الرحمن الرحيم

KAJIAN KITAB IBANAH AL-AHKAM KARYA ASSAYYID ALAWI BIN ABBAS AL-MALIKI

BAB SYARAT-SYARAT SHOLAT

HADITS KE 177:

وَعَنْ زَيْدِ بْنِ أَرْقَمَ رضي الله عنه قَالَ : ( إِنْ كُنَّا لَنَتَكَلَّمُ فِي اَلصَّلَاةِ عَلَى عَهْدِ اَلنَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم يُكَلِّمُ أَحَدُنَا صَاحِبَهُ بِحَاجَتِهِ حَتَّى نَزَلَتْ : (حَافِظُوا عَلَى اَلصَّلَوَاتِ وَالصَّلَاةِ اَلْوُسْطَى وَقُومُوا لِلَّهِ قَانِتِينَ)]اَلْبَقَرَة : ٢٣٨] فَأُمِرْنَا بِالسُّكُوتِ وَنُهِينَا عَنْ اَلْكَلَامِ ) مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ وَاللَّفْظُ لِمُسْلِمٍ

Zaid Ibnu Arqom berkata: Kami benar-benar pernah berbicara dalam sholat pada jaman Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam salah seorang dari kami berbicara dengan temannya untuk keperluannya sehingga turunlah ayat (Peliharalah segala sholat(mu) dan sholat yang tengah dan berdirilah untuk Allah dengan khusyu’) lalu kami diperintahkan untuk diam dan kami dilarang untuk berbicara. Muttafaq Alaihi dan lafadznya menurut riwayat Muslim.

MAKNA HADITS :

Pada permulaan Islam, berbicara di dalam sholat tidak membatalkan sholat. Setelah Allah melihat kaum muslimin telah mematuhi semua apa yang telah diperintahkan oleh Rasulullah (s.a.w) sesuai dengan perintah Allah, Allah kemudian menurunkan kepada Rasul-Nya satu ayat yang menyuruh mereka memelihara sholat. Secara khusus Allah memerintahkan agar memelihara sholat Asar
memandangkan sholat Asar merupakan sholat yang sering kali terlepas, sebab ia merupakan waktu istirahat sesudah lelah bekerja sepanjang siang hari. Allah menyuruh mereka diam (tidak berbicara) semasa di dalam sholat dan menyuruh mereka mengerjakan sholat menghadap kepada Allah dengan khusyuk.

FIQH HADITS :

1. Dianjurkan memelihara sholat lima waktu.

2. Diaujurkan memelihara sholat wustha, yakni sholat Asar.

3. Haram berbicara diwaktu mengerjakan sholat dan sholat menjadi batal karena berbicara adalah dengan sengaja tidak untuk kemaslahatan.

4. Penggunaan perkataan al-qunut menunjukkan arti diam dan ini merupakan salah satu maknanya. Para sahabat memahami makna ini bagi lafaz al-qunut dari al-Qur’an dan berlandaskan tafsiran Nabi (s.a.w) terhadapnya.

Wallahu a’lam bisshowab..

Demikian Kajian Hadits untuk hari ini.

Semoga bermanfaat. Aamiin..