السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
بسم الله الرحمن الرحيم
KAJIAN KITAB IBANAH AL-AHKAM KARYA ASSAYYID ALAWI BIN ABBAS AL-MALIKI
BAB SYARAT-SYARAT SHOLAT
HADITS KE 174 :
وَعَنْ أَبِي سَعِيدٍ رضي الله عنه قَالَ : قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم ( إِذَا جَاءَ أَحَدُكُمْ اَلْمَسْجِدَ فَلْيَنْظُرْ فَإِنْ رَأَى فِي نَعْلَيْهِ أَذًى أَوْ قَذَرًا فَلْيَمْسَحْهُ وَلْيُصَلِّ فِيهِمَا ) أَخْرَجَهُ أَبُو دَاوُدَ وَصَحَّحَهُ اِبْنُ خُزَيْمَةَ
Dari Abu Said Radliyallaahu ‘anhu bahwa Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam bersabda: Apabila seseorang di antara kamu mendatangi masjid hendaklah ia memperhatikan jika ia melihat kotoran atau najis pada kedua sandalnya hendaklah ia membasuhnya dan sholat dengan mengenakannya. Dikeluarkan oleh Abu Dawud dan dinilai shahih oleh Ibnu Khuzaimah.
HADITS KE 175 :
وَعَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رضي الله عنه قَالَ : قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم ( إِذَا وَطِئَ أَحَدُكُمْ اَلْأَذَى بِخُفَّيْهِ فَطَهُورُهُمَا اَلتُّرَابُ ) أَخْرَجَهُ أَبُو دَاوُدَ وَصَحَّحَهُ اِبْنُ حِبَّانَ
Dari Abu Hurairah Radliyallaahu ‘anhu bahwa Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam bersabda: Apabila seseorang di antara kamu menginjak najis dengan sepatunya maka sebagai pencucinya ialah debu tanah. Dikeluarkan oleh Abu Dawud. Hadits shahih menurut Ibnu Hibban.
MAKNA HADITS :
Ketika Nabi (s.a.w) sedang berada di hadapan Allah dan bermunajat kepada-Nya dalam solat, tiba-tiba baginda menanggalkan kedua sandalnya. Melihat itu, para sahabat yang bermakmum di belakangnya turut menanggalkan sandal mereka masing-masing karena perbuatan Nabi (s.a.w). Ketika selesai mengerjakan solat, baginda bertanya kepada mereka mengenai sebab yang mendorong mereka turut menanggalkan sandal mereka. Mereka menjawab: “Kami melihat tuan menanggalkan kedua sandal.” Nabi (s.a.w) bersabda kepada mereka: “Jibril tadi datang kepadaku, lalu dia memberitahu bahwa pada kedua sandalku terdapat najis, maka aku segera melepaskannya.” Kemudian Nabi (s.a.w) memberitahukan kepada mereka: “Barang siapa yang datang ke masjid lalu melihat najis pada sandalnya, maka hendaklah dia menggosokkannya ke tanah, lalu dia boleh mengerjakan solat dengan memakainya.”
FIQH HADITS :
1. Sholat tidak batal kerana adanya najis yang baru dia ketahui, tetapi dengan syarat segera menghilangkannya dengan melakukan sedikit gerakan sesudah mengetahuinya. Jika itu dilakukan dengan banyak gerakan, maka solatnya menjadi batal. Inilah pendapat yang masyhur di kalangan mazhab Hanbali.
Menurut pendapat Imam al-Syafi’i dalam qaul qadim dan qaul jadid, batal solatnya. Inilah pendapat yang masyhur di sisinya.
Mazhab Maliki mengatakan, batal solatnya apabila seseorang mengetahui adanya najis itu,
kecuali jika najis berada pada bagian bawah khuffnya maka dia mesti segera melepaskan kedua khuffnya itu.
2. Rasulullah (s.a.w) mengajarkan kepada umatnya apa yang mesti mereka lakukan terhadap najis yang mereka ketahui ada pada diri mereka ketika sedang solat.
3. Solat dengan memakai sandal adalah disyariatkan selagi keduanya dalam keadaan suci.
4. Menggosokkan sandal ke tanah dapat menyucikan najis yang ada pada bagian bawahnya, sekalipun najis itu basah. Inilah pendapat Imam Ahmad dan Abu Yusuf berlandaskan kepada makna zahir hadis di atas. Imam Malik dan Imam al-Syafi’i mengatakan, apabila najis yang ada pada selipar itu basah, maka ia tidak menjadi suci hanya dengan menggosokkannya ke tanah, sebaliknya ia wajib dibasuh. Kedua ulama ini mentafsirkan hadis ini bahwa najis yang diinjak tersebut dalam keadaan kering, lalu sebagian kecil darinya melekat pada bagian bawah sandal, tetapi dapat dihilangkan dengan cara menggosokkannya ke tanah. Imam Abu Hanifah berpendapat, apa
yang dimaksudkan dengan najis di sini ialah najis yang nampak bendanya dan ia kering, karena najis yang basah mencemari tanah dan akan menyebar ke setiap tempat.
5. Bergerak dengan sedikit gerakan dalam solat tidak membatalkan solat.
Wallahu a’lam bisshowab..
Demikian Kajian Hadits untuk hari ini.
Semoga bermanfaat. Aamiin..