Perbedaan Pelafalan dalam Adzan dan Dzikir: Implikasi Hukum Islam
Latar Belakang
Dalam pelaksanaan ibadah Islam, terdapat dua permasalahan yang memerlukan klarifikasi hukum. Pertama, terkait pelafalan adzan, khususnya pada kalimat الصلاة خير من النوم, di mana beberapa orang membacakan النوم dengan cara memondekkan. Kedua, terkait dzikir dengan kalimat واعف عنا واغفر لنا, di mana huruf fa’ dan lam pada لنا dibaca panjang. Perbedaan pelafalan ini menimbulkan pertanyaan tentang validitas dan kesempurnaan ibadah.
Pertanyaan
1. Apakah membaca النوم dengan cara memendekkan atau pun memmanjangkan dalam adzan salah / berdosa ?
2. Apakah membaca واعف عنا واغفر لنا dengan huruf fa’ panjang dan لنا dengan lam panjang (لالنا) dibenarkan menurut ilmu tajwid ?
Waalaikumsalam salam
Jawaban.
Kalimat “النوم” (an-naum) pada kalimat adzan الصلاة خير من النوم jika ditinjau dari ilmu tajwid termasuk dalam jenis bacaan Mad Lin. Mad lin atau mad layyin merupakan salah satu jenis mad dalam ilmu tajwid. Cara membacanya wajib dilafalkan dengan panjang 2, 4, atau 6 harakat. Setiap qori atau pembaca Al-Quran harus memahami bahasan mad dalam ilmu tajwid. Sebab, bacaan mad akan selalu ditemui dalam setiap surat Al-Quran. Secara bahasa, mad artinya panjang, sedangkan lin artinya lunak atau lentur.
Sebagai catatan, apabila pembaca Al-Quran sudah memutuskan untuk membaca mad lin dalam 2 harakat, pembacaan waqaf mad lin selanjutnya juga harus 2 harakat lagi secara konsisten. Demikian juga 4 harakat atau 6 harakat
Mad Lin adalah wawu mati atau ya’ mati yang terletak setelah huruf berbaris fathah. Mad layyin ini berguna pada saat bacaan berhenti, waqaf ditanda berhenti atau waqaf pada ujung ayat. Dikutip dari kitab Nihayatul Qaul al-Mufid, cara membaca mad layyin adalah dengan membaca huruf berharakat fathah lebih dulu. Kemudian, disambung dengan huruf ya atau wau sukun dengan cara dibaca panjang, kemudian dikunci menggunakan huruf hijaiyah setelahnya.
Panjang bacaan dari mad layyin boleh 2 harakat (1 alif), 4 harakat (2 alif), atau 6 harakat (3 alif), tergantung mana yang dipilih. Hukum ini tetap berlaku jika panjang bacaannya konsisten (tetap, rata, dan teratur).
Dengan kata lain Mad lin adalah huruf mad yang mati jatuh setelah harkat fathah , dibaca panjang sedankangkan mim yang disukunkan pada kata tersebut ( النوم) sebagai pengunci . Hal ini dikarenakan adanya aturan dalam tajwid yang disebut “aridh Lissukun , karena waqof . Namun demikian membaca kalimat النوم dalam adzan sama dengan membaca hadis , di mana yang penting adalah makna atau lafadznya, bukan cara melafalkannya sehingga tidak berdosa karena bukan merupakan bagian dari ayat Al-Qur’an ( الصلاة خير من النوم ) Namun makruh jika yang panjang tidak dibaca panjang dan yang pendek dibaca panjang dengan catatan tidak merubah makna apabila merubah makna maka haram.
Adapun membaca Al-Qur’an. Setiap huruf dalam Al-Qur’an memiliki hukum bacaan yang sangat diperhatikan. Jika kita tidak mengikuti kaidah tajwid dalam membaca Al-Qur’an, maka berdosa dan bisa jadi berpotensi melakukan kesalahan yang dapat mengubah makna ayat. Oleh karena itu, mempelajari dan menerapkan ilmu tajwid sangat penting bagi setiap muslim.
Contoh seperti واعف عنا واغفر لنا maka huruf fa’ berharkat dhommah tidak boleh dipanjangkan begitu juga dengan huruf lam ( لنا) tidak boleh dibaca panjang ( menurut ilmu tajwid) adalah haram
Terkait dengan bacaan adzan, para ulama telah menetapkan hukum-hukum tertentu. Salah satunya adalah pentingnya menjaga ketepatan dalam melafalkan setiap huruf, baik dari segi makhraj (tempat keluarnya huruf) maupun sifat huruf (cara pengucapan). Hal ini bertujuan agar makna adzan tidak berubah. Jika sampai mengubah makna, maka bacaan adzan tersebut menjadi haram.
Referensi
Hadits yang berbunyi “سمى قارئ القرآن بغير تجويد فاسقا” (Barangsiapa membaca Al-Qur’an tanpa tajwid, maka dia adalah orang fasik) menunjukkan betapa pentingnya membaca Al-Qur’an dengan tajwid. Selain itu, Hasyiah Al-Syarqawi pada kitab Tahrif Tanqih Al-Lubab juga menjelaskan beberapa hal yang makruh dalam pelaksanaan adzan dan iqamat, seperti dilakukan oleh orang yang sedang hadats, bernyanyi, dan memanjangkan bacaan secara berlebihan.
.
المكتبة الشاملة كتاب غاية المريد في علم التجويد ص٣٨
ومعرفة أحكام التجويد لها فضل كبير في مساعدة قارئ القرآن الكريم على عدم الإخلال بمباني الكلمات القرآنية ومعانيها.
وبلوغ نهاية الإتقان هو رياضة اللسان على الأداء باللفظ الصحيح الْمُتَلَقَّى عن فم المحسن المجيد للقراءة.
أما دليله من الإجماع:
فلقد أجمعت الأمة الإسلامية على وجوب تلاوة القرآن الكريم بالتجويد من زمن النبي -صلى الله عليه وآله وسلم- إلى زماننا هذا، ولم يختلف فيه منهم أحد، فلا يجوز لأي قارئ أن يقرأ القرآن بغير تجويد، وإلا كان من الذين شملهم الوعيد الشديد في قوله تعالى: {وَمَنْ يُشَاقِقِ الرَّسُولَ مِنْ بَعْدِ مَا تَبَيَّنَ لَهُ الْهُدَى وَيَتَّبِعْ غَيْرَ سَبِيلِ الْمُؤْمِنِينَ نُوَلِّهِ مَا تَوَلَّى وَنُصْلِهِ جَهَنَّمَ وَسَاءَتْ مَصِيرًا} ١.
وإلى ضرورة العمل بالتجويد يشير الإمام ابن الجزري بقوله:
والأَخْذُ بالتجويدِ حَتْمٌ لازِمُ … من لم يُجَوِّدِ القُرْآنَ آثِمُ
لأنه به الإلهُ أنْزَلا … وهكذا منهُ إلينا وَصَلا
وهو أيضًا حِلْيةُ التِّلاوة … وزينةُ الأداءِ والقراءة
فقد جعله واجبًا شرعيًّا يأثم الإنسان بتركه، وبه قال أكثر العلماء والفقهاء، ذلك لأن القرآن نزل مجودًا، وقرأه الرسول -صلى الله عليه وآله وسلم- على جبريل كذلك، وأقرأه الصحابة فهو سنة نبوية٢.
Al-Kutub al-Shamilah, Tab Ghaayat al-Murīd fī ‘Ilmi al-Tajwīd
Dan mengetahui hukum-hukum tajwid memiliki keutamaan yang besar dalam membantu pembaca Al-Qur’an untuk tidak melakukan kesalahan dalam dasar-dasar kata-kata Al-Qur’an dan maknanya.
Dan mencapai kesempurnaan akhir adalah melatih lidah untuk melafalkan dengan lafaz yang benar yang diterima dari mulut orang yang mahir dan sempurna dalam membaca.
Adapun dalilnya dari ijma’ (kesepakatan ulama):
Maka sungguh seluruh umat Islam telah sepakat tentang wajibnya membaca Al-Qur’an dengan tajwid sejak zaman Nabi Muhammad SAW hingga zaman kita sekarang, dan tidak ada satupun di antara mereka yang berbeda pendapat tentang hal itu. Maka tidak halal bagi pembaca manapun untuk membaca Al-Qur’an tanpa tajwid, jika tidak maka dia termasuk orang-orang yang terkena ancaman keras dalam firman Allah SWT: “Barangsiapa yang mendurhakai Rasul setelah jelas baginya petunjuk dan ia mengikuti jalan selain jalan orang-orang yang beriman, Kami biarkan ia leluasa dalam kesesatan yang telah dia pilih dan Kami masukkan ia ke dalam neraka Jahannam, dan neraka itu seburuk-buruk tempat kembali.” (QS. An-Nisa: 115).
Dan tentang pentingnya mengamalkan tajwid, Imam Ibnul Jazari menyatakan:
“Mengambil (ilmu) tajwid adalah suatu keharusan yang mutlak. Barangsiapa yang tidak membaca Al-Qur’an dengan tajwid maka dia berdosa. Karena Allah telah menurunkannya dengan tajwid dan demikian pula sampai kepada kita. Dan ia juga merupakan perhiasan tilawah dan keindahan bacaan.”
Beliau telah menjadikan tajwid sebagai kewajiban syar’i yang jika ditinggalkan maka seseorang berdosa. Dan demikian pula pendapat sebagian besar ulama dan fuqaha. Itu karena Al-Qur’an diturunkan dengan tajwid, dan Rasulullah SAW membacakannya kepada Jibril demikian pula, dan beliau membacakannya kepada para sahabat, maka ini adalah sunnah Nabi.
المكتبة الشاملة كتاب الحديث في علوم القرآن والحديث
[حسن أيوب] ص ٧٤-٧٥
من المهمات تجويد القرآن وقد أفرده جماعة كثيرون بالتصنيف منهم الداني وغيره، أخرج عن ابن مسعود أنه قال: جوّدوا القرآن. قال القراء: التجويد حلية القراءة، وهو إعطاء الحروف حقوقها، وترتيبها ورد الحرف إلى مخرجه وأصله وتلطيف النطق به على كمال هيئته من غير إسراف ولا تعسف ولا إفراط ولا تكلف، وإلى ذلك أشار صلّى الله عليه وسلم بقوله: «من أحب أن يقرأ القرآن غضّا كما أنزل فليقرأه على قراءة ابن أم عبد» يعني ابن مسعود، وكان رضي الله عنه قد أعطي حظّا عظيما في تجويد القرآن، ولا شك أن الأمة كما أنهم متعبدون بفهم معاني القرآن وإقامة حدوده، فهم متعبدون بتصحيح ألفاظه وإقامة حروفه على الصفة المتلقاة من أئمة القراء المتصلة بالحضرة النبوية.
وقد عدّ العلماء القراءة بغير تجويد لحنا، فقسموا اللحن إلى جليّ وخفيّ، فاللحن خلل يطرأ على الألفاظ فيخل بها، إلا أن الجلي يخل إخلالا ظاهرا يشترك في معرفته علماء القراءة وغيرهم وهو الخطأ في الإعراب، والخفي يخل إخلالا يختص بمعرفته علماء القراءة وأئمة الأداء الذين تلقوه من أفواه العلماء وضبطوه من ألفاظ أهل الأداء.
وكل منها واجب على من قدر عليه؛ لأن بهما يكون الفهم الصحيح.
قال ابن الجزري: ولا أعلم لبلوغ النهاية في التجويد مثل رياضة الألسن والتكرار على اللفظ المتلقى من فم المحسن.
وقاعدته ترجع إلى كيفية الوقف والإمالة والإدغام، وأحكام الهمزة والترقيق والتفخيم ومخارج الحروف. اه.
[كيفية تحمل القرآن الكريم]
اعلم أن حفظ القرآن فرض كفاية على الأمة، صرح به الجرجاني في «الشافي»، والعبادي وغيرهما .. قال الجويني: والمعنيّ فيه أن لا ينقطع عدد التواتر فيه، فلا يتطرق إليه التبديل والتحريف، فإن قام بذلك قوم يبلغون هذا العدد سقط عن الباقين وإلا أثم الكل.
وتعليمه- أيضا- فرض كفاية، وهو أفضل القرب، ففي الصحيح «خيركم من تعلم القرآن وعلّمه».
Pentingnya Tajwid dalam Membaca Al-Qur’an
Menjaga kualitas bacaan Al-Qur’an (tajwid) merupakan hal yang sangat penting sehingga banyak ulama yang membuat kitab khusus tentang tajwid, di antaranya adalah Al-Dani dan lainnya. Dari Ibnu Mas’ud radhiyallahu ‘anhu, beliau bersabda: “Perbaguslah bacaan Al-Qur’an kalian.” Para qari’ (pembaca Al-Qur’an) mengatakan, “Tajwid adalah perhiasan bagi bacaan. Tajwid berarti memberikan hak-hak setiap huruf, menempatkannya pada posisi yang benar, mengembalikan huruf pada tempat keluarnya dan asal bunyinya, serta melatih lidah untuk melafalkannya dengan sempurna tanpa berlebihan, memaksakan diri, atau berlebih-lebihan. Hal ini sesuai dengan sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, ‘Barangsiapa ingin membaca Al-Qur’an dengan cara yang sesuai dengan saat pertama kali diturunkan, maka hendaklah ia membacanya dengan cara bacaan Ibnu Umm Abd (Ibnu Mas’ud).’ Ibnu Mas’ud radhiyallahu ‘anhu memang diberi karunia yang luar biasa dalam tajwid Al-Qur’an. Tidak diragukan lagi bahwa umat Islam diwajibkan untuk memahami makna Al-Qur’an, menjalankan hukum-hukumnya, dan juga diwajibkan untuk membacanya dengan benar serta menjaga huruf-hurufnya sesuai dengan cara yang diterima dari para imam qari’ yang bersambung sampai kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.
Para ulama menganggap membaca Al-Qur’an tanpa tajwid adalah kesalahan (lahn). Lahn dibagi menjadi dua: lahun yang jelas dan lahun yang tersembunyi. Lahun adalah kesalahan yang terjadi pada lafal sehingga mengubah makna. Lahun yang jelas adalah kesalahan yang terlihat jelas dan dapat dikenali oleh para ahli qiraat maupun orang awam, seperti kesalahan dalam irab. Sedangkan lahun yang tersembunyi adalah kesalahan yang hanya dapat dikenali oleh para ahli qiraat dan para imam qari’ yang mempelajarinya langsung dari para ulama dan mencatatnya dari ucapan para pembaca Al-Qur’an.
Kedua jenis lahun ini wajib dihindari oleh siapa saja yang mampu, karena dengan menghindari lahun, maka seseorang akan dapat memahami Al-Qur’an dengan benar.
Ibnu Jazari berkata, “Saya tidak mengetahui cara yang lebih baik untuk mencapai kesempurnaan dalam tajwid selain melatih lidah dan terus-menerus mengulang-ulang lafal yang didengar dari seorang guru yang mahir.”
Intinya, tajwid berkaitan dengan cara berhenti, memadankan huruf, menggabungkan huruf, hukum-hukum hamzah, meringankan dan mempertegas huruf, serta tempat keluarnya huruf.
Cara Menjaga Kelestarian Al-Qur’an
Ketahuilah bahwa menghafal Al-Qur’an adalah kewajiban fardhu kifayah bagi umat Islam. Al-Jurjani dalam kitabnya “As-Syafi” dan Al-Abbadi serta ulama lainnya telah menegaskan hal ini. Al-Juwaini berkata, “Maksudnya adalah agar jumlah para penghafal Al-Qur’an tidak pernah putus, sehingga Al-Qur’an terjaga dari perubahan dan penyimpangan. Jika sudah ada sekelompok orang yang mampu menjaga jumlah penghafal ini, maka kewajiban tersebut gugur dari orang lain. Jika tidak, maka semua umat Islam berdosa.”
Mempelajari dan mengajarkan Al-Qur’an juga merupakan kewajiban fardhu kifayah. Ini adalah ibadah yang paling utama. Dalam hadits sahih disebutkan, “Sebaik-baik kalian adalah orang yang mempelajari Al-Qur’an dan mengajarkannya.”
وأوجه التحمل السماع من لفظ الشيخ والقراءة عليه
أما القراءة على الشيخ فهي المستعملة سلفا وخلفا، وأما السماع من لفظ الشيخ فيحتمل أن يقال به هنا؛ لأن الصحابة رضي الله عنهم إنما أخذوا القرآن من النبي صلّى الله عليه وسلم. لكن لم يأخذ به أحد من القراءة، والمنع فيه ظاهر؛ لأن المقصود هنا كيفية الأداء، وليس كل من سمع من لفظ الشيخ يقدر على الأداء كهيئته بخلاف الحديث، فإن المقصود فيه المعنى أو اللفظ لا بالهيئات المعتبرة في أداء القرآن، وأما الصحابة فكانت فصاحتهم وطباعهم السليمة تقتضي قدرتهم على الأداء كما سمعوه من النبي صلّى الله عليه وسلم؛ لأنه نزل بلغتهم، ومما يدل للقراءة على الشيخ: عرض النبي صلّى الله عليه وسلم على جبريل في رمضان كل عام.
ويحكى أن الشيخ شمس الدين الجزري لما قدم القاهرة وازدحمت عليه الخلق، لم يتسع وقته لقراءة الجميع فكان يقرأ عليهم الآية، ثم يعيدونها عليه دفعة واحدة فلم يكتف بقراءته.
وتجوز القراءة على الشيخ ولو كان غيره يقرأ عليه في تلك الحالة بحيث لا يخفى عليه حالهم.
وقد كان الشيخ علم الدين السخاوي يقرأ عليه اثنان وثلاثة في أماكن مختلفة ويرد على كل منهم، وكذا لو كان الشيخ مشتغلا بشغل آخر كنسخ ومطالعة، وأما القراءة من الحفظ فالظاهر أنها ليست بشرط بل تكفي ولو من المصحف.
[كيفيات القراءة]
كيفيات القراءة ثلاث:
[إحداها: التحقيق وهو إعطاء كل حرف حقه، من إشباع المد]
وتحقيق الهمزة، وإتمام الحركات واعتماد الإظهار والتشديدات، وبيان الحروف وتفكيكها، وإخراج بعضها من بعض بالسكت والترتيل والتؤدة، وملاحظة الجائز من الوقوف بلا قصر للممدود ولا اختلاس للحروف ولا إسكان محرّك ولا إدغامه.
وهو يكون برياضة الألسن وتقويم الألفاظ، ويستحب الأخذ به على المتعلمين من غير أن يتجاوز فيه إلى حد الإفراط بتوليد الحروف من الحركات، وتكريم الراءات، وتحريك السواكن، وتطنين النونات بالمبالغة في الغنّات، كما قال حمزة لبعض من سمعه يبالغ في ذلك: أما علمت أن ما فوق البياض برص، وما فوق الجعودة قطط، وما فوق القراءة ليس بقراءة؟ وكذا يحترز من الفصل بين حروف الكلمة كمن يقف
Dan cara-cara memperoleh bacaan (Al-Qur’an) adalah dengan mendengarkan langsung dari seorang guru (syaikh) dan membaca di hadapannya.
Membaca Al-Qur’an di hadapan guru adalah cara yang sudah umum dilakukan oleh para pendahulu dan generasi setelahnya. Mempelajari bacaan langsung dari lisan guru juga bisa dibenarkan dalam konteks ini karena para sahabat Nabi saw. mempelajari Al-Qur’an langsung dari Nabi saw. Namun, tidak ada satu pun di antara mereka yang menjadikan cara ini sebagai suatu qiraat (cara membaca Al-Qur’an yang diakui). Larangan terhadap hal ini cukup jelas karena yang dimaksud di sini adalah cara melafalkan, dan tidak semua orang yang mendengarkan langsung dari guru mampu melafalkan dengan cara yang sama persis seperti guru. Berbeda dengan hadis, di mana yang penting adalah makna atau lafadznya, bukan cara melafalkannya yang memiliki kaidah-kaidah tertentu. Sedangkan para sahabat, kefasihan dan pemahaman bahasa Arab mereka yang sangat baik memungkinkan mereka melafalkan Al-Qur’an sebagaimana yang mereka dengar dari Nabi saw. karena Al-Qur’an diturunkan dalam bahasa mereka.
Salah satu bukti bahwa membaca di hadapan guru adalah cara yang disunnahkan adalah kebiasaan Nabi saw. yang selalu mengulang bacaan Al-Qur’an kepada Jibril setiap bulan Ramadhan.
Ada kisah tentang Syeikh Syamsuddin al-Jaziri yang ketika datang ke Kairo dan banyak orang yang ingin belajar darinya, waktu beliau tidak mencukupi untuk mengajari mereka semua secara individual. Maka beliau membacakan satu ayat, kemudian mereka mengulanginya bersama-sama. Beliau tidak hanya puas dengan bacaannya sendiri.
Membaca di hadapan guru diperbolehkan meskipun ada orang lain yang juga sedang belajar darinya dalam waktu yang bersamaan, asalkan guru tersebut masih bisa memperhatikan semua muridnya.
Syeikh ‘Alauddin al-Sakhawi pernah mengajari dua atau tiga orang sekaligus di tempat yang berbeda dan beliau menanggapi setiap muridnya. Begitu juga jika seorang guru sedang sibuk dengan pekerjaan lain seperti menyalin atau membaca kitab, membaca di hadapannya tetap diperbolehkan.
Membaca dari hafalan bukanlah syarat mutlak, cukup membaca dari mushaf pun sudah sah.
Cara-cara Membaca Al-Qur’an
Ada tiga cara membaca Al-Qur’an:
* Tahqiq: Memberikan hak setiap huruf, seperti memanjangkan huruf mad, melafalkan hamzah dengan jelas, menyempurnakan harakat, menerapkan kaidah idgham dan izhar, membedakan huruf-huruf dengan jelas, dan memisahkan satu huruf dengan huruf lainnya dengan berhenti sejenak, merangkai kata dengan baik, dan memperhatikan tempat-tempat yang boleh berhenti tanpa memendekkan huruf mad, menghilangkan huruf, atau menghilangkan harakat pada huruf hidup.
Cara tahqiq ini diperoleh melalui latihan dan melatih lidah untuk mengucapkan kata-kata dengan benar. Cara ini dianjurkan untuk para pemula, tetapi tidak boleh berlebihan hingga menghasilkan suara yang tidak wajar seperti memanjangkan huruf ra, menggerakkan huruf sukun, atau mendengungkan huruf nun dengan berlebihan. Hamzah pernah berkata kepada seseorang yang berlebihan dalam membaca tahqiq, “Apakah kamu tidak tahu bahwa melebihi batas dalam hal putih adalah kekuningan, melebihi batas dalam duduk adalah berbaring, dan melebihi batas dalam membaca bukanlah membaca?” Begitu juga, kita harus menghindari memisahkan huruf-huruf dalam satu kata.
Semoga terjemahan ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan atau bagian yang ingin diperjelas, jangan ragu untuk bertanya.
حاشية الشرقاوي على تحفة الطلاب بشرح تحرير تنقيح اللباب، ج ١ ص ٢٣٠*
ومكروهاتهما أى الأذان والإقامة وقوعهما من محدث `والتغني أى التطريب بهما والتمطيط أى التمديد،قوله والتغني أى الإنتقال من نغم إلى نغم آخر فالسنة أن يستمر على نغم واحد، قوله أى التمديد أى مد الحروف ولو بنغم واحد ومحل كراهته مالم يتغير به المعنى وإلا حرم.
`
Hasyiah Al-Syarqawi pada kitab Tahrif Tanqih Al-Lubab yang Anda berikan.
Terjemahan:
“Dan makruhnya keduanya, yaitu adzan dan iqamat, jika dilakukan oleh orang yang sedang hadats (junub atau najis). Dan berlagu, yaitu melantunkannya dengan suara merdu dan memanjangkan bacaan, yaitu memperpanjang bacaan.
Kata ‘berlagu artinya berpindah dari satu nada ke nada yang lain, sedangkan sunnahnya adalah tetap pada satu nada. Kata ‘memanjangkan bacaan’ artinya memperpanjang huruf-huruf, meskipun dengan satu nada. Makruhnya hal ini adalah jika tidak mengubah makna, jika mengubah makna maka menjadi haram.”
Penjelasan Singkat:
Hasyiah ini menjelaskan tentang hal-hal yang makruh (dibenci) dalam pelaksanaan adzan dan iqamat. Di antaranya:
* Dilakukan oleh orang yang sedang hadats: Orang yang sedang dalam keadaan junub atau najis tidak boleh mengumandangkan adzan dan iqamat.
* Bernyanyi: Melantunkan adzan dan iqamat dengan suara yang merdu dan berganti-ganti nada adalah makruh. Sunnahnya adalah menggunakan satu nada yang sama.
* Memanjangkan bacaan: Memperpanjang bacaan adzan dan iqamat juga makruh, kecuali jika perubahan panjang pendek bacaan itu mengubah makna dari kalimat yang dibaca. Jika sampai mengubah makna, maka menjadi haram.
Kesimpulan:
Hasyiah ini menegaskan pentingnya menjaga kesucian dan kesantunan dalam pelaksanaan adzan dan iqamat. Pelaksanaan keduanya harus dengan sunnah dan menghindari hal-hal yang makruh.Wallahu a’lam bisshowab.