
Assalamualaikum wr wb kiai ustadz.
RUMUSAN MASALAH
Khamr adalah minuman yang memabukan. Khamr bisa dihasilkan dari setiap cairan perahan buah atau suatu bahan makanan yang mengandung gula kemudian di fermentasi. fermentasi alkohol adalah proses biologi di mana gula seperti glukosa, fruktosa di ubah menjadi energi seluler dan juga menghasilkan etanol karbon dioksida. Proses fermentasi ini biasanya memakan waktu sampai 60 jam, yang mana setiap 12 jam sekali dilakukan pengujian terhadap kadar alkohol, PH dan produksi gas. sampai menghasilkan alkohol.
Pertanyaan:
a. Sampai batas manakah kadar alkohol suatu minuman yang difermentasi sehingga dinamakan khamr?
b. Ada minuman yang bermerek bintang dengan kadar 0% apakah masih halal? Karena seperti yang diketahui merk tersebut adalah penghasil khamr, begitu juga soju minuman khas korea ada yg di labeli halal padahal sama saja minuman berfermentasi
Mohon penjelas jawaban tentang khamr atau alkohol sesuatu minuman yang direfentasi sehingga dinamakan khamr. Syukuran .🙏🏻
(JPPPM Tegal)
Waalaikum salam.
Kaum muslim khususnya penanya yang dirahmati Allah SWT.
Sebelumnya penting kami jelaskan hal-hal yang berkaitan sebaikamana pertanyaan dalam deskripsi.
MAKANAN DAN MINUMAN
Semenjak dahulu masyarakat didunia ini memiliki cara pandang yang beragam menyangkut apa yang mereka makan dan minum ; menyangkut apa yang dilarang dan apa yang diperbolehkan terutama menyangkut daging binatang. Sedangkan makanan dan minuman yang berasal dari tumbuh-tumbuhan , perbedaan yang terjadi diantara mereka tidaklah begitu banyak .Islam tidaklah mengharamkannya selain makanan dan minuman yang telah berubah menjadi khamr, baik adanya berasal dari anggur, kurma, gandum atau bahan-bahan lainnya .Selain itu, Islam mengharamkan sesuatu yang menyebabkan mabuk, tidak berdaya, dan semua yang merusak tubuh sebagaimana yang akan kami jelaskan sebagai berikut.
1️⃣. NARKOBA ATAU NAPZA
Pandangan Islam NARKOBA atau NAPZA .
Para Ulama sepakat hanya mengkonsumsi Narkoba kecuali keadaan darurat dan untuk keperluan medis.Itupun harus dilakukan oleh ahlinya.Fatwa MUI 10 Februari 1976 menyatakan haram hukumnya menyalahkan gunakan Narkotika dan semacamnya, yang membawa kemudhoratan yang mengakibatkan rusaknya mental fisiknya seseorang serta terancamnya keamanan masyarakat dan ketahanan Nasional.
Meskipun Istilah Narkoba tidak ditemui secara eksplisit dalam dalil nakli akan tetapi Nash mengatur secara jelas dan tegas prinsip-prinsip dasar yang dapat dijadikan acuan dalam menemukan dalil pendukung berkaitan dengan permasalahan Narkoba. Dalil-dalil tersebut berkaitan dengan khomr.
2️⃣ KHAMR.
Secara etemologi, khomr berasal dari kata khamara yang artinya adalah menutup dan menutupi .Maksud menutupi adalah bahwa khamr dapat menutup akal pikiran dan logika seseorang bagi yang meminumnya atau mengkonsumsinya.
Sedangkan menurut istilah /terminologi. Al-Isfihani menjelaskan khamr berarti minuman yang dapat menutup akal atau memabukkan, baik orang yang meminumnya itu mabuk ataupun tidak.Jadi minuman yang memabukkan itu disebut khamr karena ia dapat menutup akal manusia.
Menurut Syaikh Yusuf al-Qardhawiy Rahimahullah, Khamr adalah materi yang zat alkohol yang menjadikan penyantapnya mabuk. Untuk semakin memperjelas sesuatu yang sudah jelas itu, maka kami akan menyebutkan mudharatnya bagi seseorang, baik bagi akal pikiran maupun fisiknya, juga bagi kehidupan dunia maupun agamanya. Kami juga akan menjelaskan bahayanya bagi keluarga, yang meliputi istri dan anak-anak harus dilindungi darinya.Selain itu, kami juga akan menjelaskan bagaimana khamr mengancam akhlak, moral, dan materi banyak bangsa.
Seorang peneliti mengatakan bahwa tidak ada malapetaka yang paling berat bagi umat manusia dibandingkan malapetaka yang disebabkan oleh khamr. Kalau sekiranya terhadap para penderita penyakit gila dan penyakit syaraf diberbagai rumah sakit didunia ini, yang disebabkan oleh penyakit khamr; terhadap mereka yang bunuh diri atau membunuh orang lain akibat khamr; terhadap mereka yang mengeluhkan syaraf, pencernaan , dan usus akibat khamr; terhadap mereka yang mencampakkan dalam kepailitan akibat khamr; terhadap mereka yang kehilangan seluruh miliknya akibat khamr; maka perlu dilakukan sensus terhadap mereka semua, atau sebagian saja, tentu didapatkan angka yang pantastik.Kita akan mendapati bahwa semua peringatan menjadi tidak sebanding atau sangat kecil artinya baginya. Bangsa Arab dahulu dimasa Jahiliyah, sangat suka dengan khamr, bahkan membanggakannya .Hal ini dapat kita lihat dari bahasa mereka. Setidaknya mereka memberi nama benda yang satu ini dengan seratus nama. Dalam berbagai syair mereka melukiskan kenikmatannya, wadahnya, forumnya dan macam-macam jenisnya. Setelah Islam datang mendidik mereka dengan sistem pendidikan yang arif dan bijaksana. Pengharamannya dilakukan secara bertahap. Pertama-tama mereka melarang shalat dalam kondisi mabuk, kemudian menerangkan bahwa dosanya lebih bersar dibandingkan dari manfaatnya kemudian Allah SWT menurunkan sebuah ayat yang lengkap dan qothiy dalam surat al-maidah. ayat : 90-91 . Artinya;” Wahai orang-orang yang beriman ,sesungguhnya minuman khamr, berjudi, ( berkorban untuk ) berhala, mengundi nasib dengan panah , adalah perbuatan keji termasuk perbuatan syaitan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu sekalian mendapat keberuntungan. Sesungguhnya syaitan itu hendak menimbulkan permusuhan dan kebencian diantara kalian lantaran ( meminum ) khamr dan berjudi itu dan menghalangi kalian dari mengingat Allah dan shalat, maka apakah kamu sekalian berhenti ( dari mengerjakan pekerjaan itu) Qs. Al-Maidah :90-91.
Pada dua ayat diatas, Allah SWT, secara tegas menyatakan diharamkannya khamr dan judi .Sebuah pertanyaan yang tegas dan keras, karena menyejajarkannya dengan kegiatan memberi sesajin kepada berhala dan mengundi nasib dengan anak panah.Bahkan menamakan ya sebagai rijsun.Suatu kata yang didalam Al-Qur’an hanya dipakai untuk hal-hal yang sangat keji dan sangat buruk, jorok, dan kotor.Juga menganggapnya sebagai perbuatan syaitan, padahal sebagai mana kita fahami perbuatan syaitan hanyalah kekejian dan kemungkaran belaka.Allah SWT meminta agar kedua hal tersebut dijauhi dan dengan menjauhinya akan mendapatkan jalan keberuntungan. Dan juga disebutkan dampak sosialnya , yaitu memutuskan hubungan silaturahmi , menimbulkan permusuhan dan kebencian. Secara rupiah juga menghalangi seseorang dari kewajiban- kewajiban agama, seperti Dzikir dan shalat. Selanjutnya dengan gaya penuturan yang sangat tepat berupa pertanyaan Allah SWT meminta mereka berhenti dari perbuatan itu,maka apakah kalian berhenti ( dari berbuatannya). Jawaban kaum orang mukmin terhadap pernyataan yang sangat jelas dan tegas itu tidak lain adalah ” Kami telah berhenti Wahai Rabbiy Kami telah berhenti Wahai Rabbiy. Apa yang mereka lakukan setelah turunnya ayat ini sungguh menakjubkan. Salah seorang diantaranya tengah memegang gelas minuman, ia telah meminum sebagian isinya. Saat ia menghabiskan sisanya, terdengarlah ayat itu dibacakan. Serta merta ia campakkan gelas itu dari bibirnya dan ditumpahkannya isinya ketanah. Banyak Negara yang telah menyadari bahanya khamr terhadap individu , keluarga dan masyarakat bahkan negara. Diantara negara itu berusaha melanggarnya dengan kekuatan undang- undang dan militer. Semisal Amerika namun gagal total.Jusru Islamlah satu-satunya sistem yang berhasil secara gilang gemilang memerangi dan memberagusnya.
Tokoh-Tokoh gereja berselisih pendapat tentang sikap pengikut nasrani terhadap khamr. Mereka berpedoman ” Kalau sekiranya pernyataan ini benar, dan sedikit khamr benar-benar baik bagi pencernaan tentu yang sedikit itu wajib dihindari .Karena khamr yang sedikit itu akan menghantarkan kepada yang banyak .Gelas pertama akan merangsang kehadiran gelas berikutnya, dan demikian seterusnya sehingga menimbulkan kecanduan.
Sangat berbeda dengan Islam ia menunjukkan sikap sangat jelas dan tegas menyangkut khamr dan semua hal yang mengantarkan kepada praktek mengkonsumsinya.
✅ Setiap yang memabukkan adalah khamr.
Tentang ini, yang pertama telah dijelaskan oleh Nabi SAW bukan melihat terlebih dahulu kepada materi yang digunakan membuat khamr justru beliau melihat kepada pengaruh yang ditimbulkan yaitu ” memabukkan “Apapun nama dan merek-mereknya kalau ia memiliki daya memabukkan itulah khamr dengan bahan apapun ia dibuat. Atas dasar ini Bir dan sejenisnya hukumnya haram. Nabi pernah ditanya tentang beberapa minuman yang dibuat dari madu atau biji-bijian dan gandum yang difermentasikan hingga menjadi minuman keras .Nabi yang telah dikaruniai Jawamiul kalim ( kata- kata bernas yang mencakup ) itu menjawab dengan singkat dan padat.
كل مسكر خمر وكل خمر حرام
setiap yang memabukkan adalah khmar dan setiap khamr adalah haram. Dari atas mimbar Rasulullah SAW, Umar bin Khathob ra menegaskan.
الخمر ماخامر العقل
Khamr ada sesuatu yang menutupi akal pikiran.
✅.Sedikit dari sesuatu jika banyak memabukkan
Untuk kesekian kalinya Islam bersikap tegas .Yaitu ketika mereka tidak mempedulikan, sedikit atau banyaknya khamr yang diminum .Berapapun kadarnya , khamr menjadikan seseorang bakal tergelincir lalu jatuh tersungkur dan tidak tergolong karena itulah Rasulullah bersabda:
ماأسكركثيره فقليله حرام
sesuatu yang banyaknya memabukkan maka sediknya hukumnya haram.
ماأسكر الفرق منه فملئ الكف منه حرام
Sesuatu yang satu Faroqnya memabukkan maka setakaran telapak tangan pun haram.
Faraq adalah takaran seukuran 16 kati , 1 kati Irak 407,5 gram.
Dari sinilah bahwa dalam Islam tidak ada batasan dan berapapun kadar alkohol yang berasal dari khamr jika sudah bernama khamr maka sedikit atau banyak meminunya hukumnya haram.
✅ Bisnis Khamr .
Nabi Muhammad SAW tidak hanya mengharamkan minum khamr dalam jumlah yang banyak atau sedikit .Lebih dari itu, beliau juga mengharamkan bisnis khamr sekalipun dengan non Muslim karena itu tidak diperbolehkan atau tidak dihalalkan bagi seorang muslim melakukan kegiatan ekspor-impor khamr memiliki kios untuk jual belinya atau bekerja ditempat itu………. ….
✅ Seorang muslim tidak boleh memberi hadiah berupa khamr
Apabila menjual dan memakan hasil penjual khamr adalah haram bagi muslim maka memberi hadiahpun berupa khamr hukumnya haram baik diberikannya kepada orang Yahudi, Nasrani atau kepada siapapun saja.
Berikut kami jelaskan jenis NAPZA yang disalah gunakan.
1️⃣.NARKOTIKA..
Khamr adalah sesuatu yang menghkamr ( menutupi) akal Kata-kata yang bernas yang dikatakan Umar bin Khatthab ra dari membar Nabi SAW. Itu memberikan batasan yang tegas tentang khamr. Hal ini penting untuk diungkapkan sehingga tidak banyak memunculkan pertanyaan dan keraguan .Bahwa segala sesuatu yang mengganggu akal pikiran dengan mengeluarkan dari tabiat aslinya sebagai salah satu unsur manusia yang bisa membedakan baik dan buruk.Khamr diharamkan Allah dan Rasulnya hingga hari kiamat. Termasuk diantaranya bahan-bahan yang kini dikenal dengan Nama Narkotika , baik dalam bentuk ganja, Kokain, apium sejenisnya. Pengaruh bahan-bahan tersebut bagi pengguna sangat dikenal, misalnya ia mempengaruhi akal pikiran dalam melihat berbagai fenomena, yang jauh menjadi dekat dan yang dekat menjadi jauh , mengingkari realitas , menghayal yang bukan-bukan , dan melayang- layang dialam mimpi.Mimang itulah yang diinginkan para pencandunya .Mereka ingin melupakan dirinya sendiri, agamanya dan dunianya untuk kemudian tenggelam dialam khayal.( Syaikh Yusuf Al-Qardhwi: Halal dan Haram; 73 ).
Narkotika menurut Undang- Undang RI no.22 tahun 1997 tentang Narkotika adalah Zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman baik sintetis maupun semisintetis yang menyebabkan penurunan sampai menghilangkan rasa nyeri dan dapat menimbulkan ketergantungan .
2️⃣.PSIKOTROPIKA Menurut UU.RI no.5 tahun 1997 tentang Psikotropika adalah zat atau obat, baik alamiah atau sistentis bukan Narkoba yang berkhasiat psikoaktif melalui pengaruh selektif pada susunan saraf pusat yang menyebabkan perubahan khas pada aktivitas mental dan perilaku.
3️⃣.ZAT ADIKTIF LAIN.
Yang dimaksud dengan zat Adiktif lain disini adalah bahan / zat yang berpengaruh Psioaktif diluar yang disebut Narkotika dan Psikotropika yang meliputi:
1️⃣.Minuman Beralkohol
Mengandung etanoletilalkohol,yang berpengaruh menekan susunan syaraf pusat, dan sering menjadi bagian kehidupan manusia sehari-hari dalam kebudayaan tertentu atau psikotropika, memperkuat pengaruh obat/zat dalam tubuh manusia.
Ada 3 golongan minuman beralkohol yaitu:
✔️Golongan A : Kadar etanol 1-5% ( Bir)
✔️Golongan B: Kadar etanol 5-20% (berbagai jenis minuman anggur).
✔️Golongan C: Kadar etanol 20-45%( Whiskey,Vodca TKW, Manson House, John Walker, Kambut).
Fatwa MUI, sebagaimana dunia kedokteran, sudah mengenal pengambilan keputusan berbasis bukti (evidence-based fatwa). Hal ini menjadi kelebihan fatwa yang diambil MUI, sehingga sertifikasi halal MUI beserta standar kehalalan HAS23000 (yang diambil dari fatwa) menjadi acuan lembaga sertifikasi halal lain di dunia. Hal ini bisa dilihat salah satunya dalam fatwa penentuan kadar etanol produk yang dapat disertifikasi halal oleh MUI.
Etanol merupakan salah satu senyawaan alkohol yang mempunyai rumus kimia C2H5OH. Secara alami etanol terdapat pada buah matang, seperti durian, nanas, jeruk, dan lainnya. Secara komersial, etanol diperoleh dari hasil sintetik dan fermentasi. Etanol sintetik dibuat dari bahan petrokimia melalui proses hidrasi etilena, sedangkan etanol hasil fermentasi dibuat dari bahan nabati yang mengandung pati atau gula dengan bantuan ragi (Saccharomyces cerevisiae). Hasil fermentasi bahan nabati tersebut tidak hanya menghasilkan etanol, namun juga senyawa alkohol lain sehingga perlu dilakukan proses pemisahan etanol dengan cara distilasi.
Lalu, etanol seperti apa yang boleh digunakan untuk produk yang akan disertifikasi halal MUI? Di dunia industri, etanol banyak digunakan dalam proses produksi seperti sebagai bahan pelarut dan pengekstrak maupun sebagai bahan sanitasi. Fatwa MUI terbaru No. 10 Tahun 2018 tentang Produk Makanan dan Minuman yang Mengandung Alkohol/Etanol menyebutkan bahwa hanya etanol yang berasal dari khamr yang tidak bisa digunakan untuk produk halal karena bersifat haram dan najis. Jika tidak berasal dari industri khamr, etanol jenis lain boleh digunakan dengan batasan yang sudah diatur pada fatwa tersebut. Misalnya, etanol sintetik ataupun hasil industri fermentasi non-khamr.
Selain hal di atas, setidaknya ada beberapa hal baru yang tertuang dalam fatwa ini. Pertama, kandungan etanol pada produk akhir makanan tidak dibatasi selama secara medis tidak membahayakan. Kedua, kadar etanol pada produk akhir minuman ditoleransi kurang dari 0,5% asalkan secara medis tidak membahayakan. Ketiga, kadar etanol untuk produk antara (intermediate product) seperti flavor dan bumbu tidak dibatasi, selama penggunaannya pada produk akhir sesuai dengan ketentuan pertama dan kedua. Tentunya persyaratan tidak membahayakan ini untuk produk retail sudah dievaluasi oleh BPOM pemberian izin edar produk. Aturan terbaru ini merubah arahan fatwa MUI sebelumnya yang tidak mentolerir kandungan etanol pada makanan dan minuman siap konsumsi.Lantas hal apa yang mendasari Fatwa MUI dalam memberikan batasan kandungan etanol dalam minuman? Ternyata, jawabannya adalah riset. Setiap sertifikasi halal yang dikeluarkan MUI didasarkan atas fatwa yang dapat dipertanggungjawabkan secara syar’i dan ilmiah. Beberapa ahli sains sudah lama bertanya mengenai tidak ditolerirnya kandungan etanol. Padahal banyak buah dan produk olahannya yang secara alami mengandung etanol dan tidak pernah menyebabkan mabuk. Dengan demikian maka alkohol yang masuk pada Kategori khamr adalah minuman yang mengandung etanol (C2H5OH) lebih dari 0,5%. Sedangkan penggunaan alkohol atau etanol hasil sintesis kimiawi (dari petrokimia) ataupun hasil industri fermentasi non khamr untuk bahan minuman hukumnya mubah, apabila secara medis tidak membahayakan dan selama kadarnya pada produk siap konsumsi kurang dari 0,5%.
Agar memastikan produk yang berbahan dasar alkohol seperti obat-obatan dan minuman terjamin halal, label halal memiliki peran penting baik bagi produsen dan konsumen. Salah satu peran penting bagi produsen adalah meningkatkan rasa percaya dan puas bagi konsumen, sedangkan bagi konsumen terlindunginya konsumen muslim dari barang yang tidak halal.
2️⃣.Inhalansia ( gas yang dihirup) dan solven ( zat pelarut ) mudah menguap berupasenyawa organik, yang terdapat pada berbagai barang keperluan rumah tangga, Kantor dan sebagai pelumas mesin .
3️⃣.Tembakau: Pemakaian tembakau yang mengandung Nikotin sangat luas dimasyaralat .Pada upaya penanggulangan NAPZA dimasyarat pemakaian rokok dan alkohol sering menjadi pintu masuk penyalah- gunaan NAPZA lain yang lebih berbahaya. Dikutip (Modul pelaksanaan tugas Penyuluh Agama Islam Direktorat Penerangan Agama Islam Kementrian Agam th.2019) hal :323-332.
Kesimpulan sebagai jawaban alkohol yang masuk pada Kategori khamr adalah minuman yang mengandung etanol (C2H5OH) lebih dari 0,5%. Sedangkan penggunaan alkohol atau etanol hasil sintesis kimiawi (dari petrokimia) ataupun hasil industri fermentasi non khamr untuk bahan minuman hukumnya mubah, apabila secara medis tidak membahayakan dan selama kadarnya pada produk siap konsumsi kurang dari 0,5%.
Agar memastikan produk yang berbahan dasar alkohol seperti obat-obatan dan minuman terjamin halal, label halal memiliki peran penting baik bagi produsen dan konsumen. Salah satu peran penting bagi produsen adalah meningkatkan rasa percaya dan puas bagi konsumen, sedangkan bagi konsumen terlindunginya konsumen muslim dari barang yang tidak halal. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat keterangan dalam kitab berikut:
كتاب الحلال والحرام للشيخ يوسف القرضوى .ص ٤١- ٧٣
فى الأطعمة والأشربة .
إختلفت الأمم والشعوب من قديم فى أمرمايأكلون ومايشربون ، ولايجوز لهم ومالايجوز، وبخاصة فى الأطعمة والحيوانية .وأماالأطعمة والأشربة النباتية لم يعرف للبشر خلاف كثير فى شأنها لم يحرم الإسلام منها إلا ماصارا خمرا سواء إتخذ من عنب أو تمر أوشعير أو أى مادة أخرى مادمت قد تخمرت وكذلك حرم مايحدث الخدر والفتور وكل مايضر الجسد كما سنبين بعد
…………………..
الخمر
الخمر هي تلك المادة الكحولية التى تحدث الإسكار. ومن توضيح الواضح أن نذكر ضررها على الفرد فى عقله وجسده، ودينه ودنياه أو نبين خطرها على الأسرة من حيث رعايتها ، والقيام على شئونها زوجة أو أولادا ، أو نشرح تهديدها للجماعات والشعوب فى كيانها الروحى والمادى الخلقى . وبحق ماقاله أحد الباحثين: إن الإنسان لم يصب بضربة أشد من ضربة الخمر ، ولو عمل إحصاء عام عمن فى مستشفيات العالم من المصابين بالجنون والأمراض العضال بسبب الخمر ، وعمن إنتحر أوقتل غيره بسبب الخمر ، وعمن يشكون فى العالم من آلام عصبية ومعدية ومعوية بسبب الخمر ، وعمن أورد نفسه موارد الإفلاس بسبب الخمر وعمن تجرد من أملاكه بيعا أو غشا بسبب الخمر ، لو عمل إحصاء بذالك أو ببعضه لبلغ حدا هائلا نجد كل نص بإزائه صغيرا .وقد كان العرب فى جاهليتهم مولعين بشربها والمنادمة عليها ، ظهر ذلك فى لغتهم ، فجعلوا لها نحوا من مائة اسم ، وفى شعرهم فوصفوها، وأقداحها ومجالسها وانواعها: فلما جاء الإسلام أخذهم يمنهج تربوى حكيم، فتدرج معهم فى تحريمها، فبين لهم أولا أن إثمها أكبر من نفعها ، ثم منعهم من الصلاة وهم سكارى ، ثم أنزل سبحانه الآية الجامعة القاطعة فى سورة المائدة : ياأيهاالذين آمنوا إنما الخمر والميسر والأنصاب والأزلام رجز من عمل الشيطان فاجتنبوه لعلكم تفلحون
إنمايريد الشيطان أن يوقع بينكم العداوة البغضاء فى الخمر والميسر ويصدكم عن ذكر الله وعن الصلاة فهل أنتم منتهون.
وفى هاتين الآيتين آكد الله تحريم الخمر والميسر( القمار)تأكيدا بالغا ،إذ قرنهما بالأنصاب والأزلام،وجعلهما رجسا-وهى كلمة لاتطلق فى القرآن إلا على مااشتد فحشه وقبحه وجعلهما من عمل الشيطان،وإنما عمله الفحشاء والمنكر،وطلب اجتنبهما، وجعل هذا الإجتناب سببا إلى الفلاح ،وذكر من أضرارهما الإجتماعية تقطيع الصلاة وإيقاع العداوة والبغضاء، ومن أضرار هما الروحية الصد عن الواجبات الدينية من ذكر الله والصلاة ثم انطلب الإنتهاء عنهما بأبلغ عبارة ( فهل أنتم منتهون)
وكان جواب المؤمنين على هذا البيان الحاسم: قدانتهينا يارب ، قد انتهينا يارب. وصنع المؤمنون العجب بعد نزول هذه الآية ، فكان الرجل في يد ه الكأس قد شرب منها بعضا وبقي بعض، فبين تبلغه الآيتين ينزع الكأس من فيه ويفرغها على التراب.وقد آمن كثير من الحمكومات بأضرار الخمر على الأفراد والأسرة والأوطان ومنهم من حاولوا أن يمنعوها بقوة القانون والسلطان- كأميركا- ففشلوا، على حين جح الإسلام وحده فى مجابرتها والقضاء عليها.وقد اختلف رجال الكنيسة فى موقف المسيحية من الخمر ، واستندوا إلى أن فى الإنجيل نصا يقول: قليل من الخمر يصلح المعدة ، ولو صح هذا الكلام وكان قليل الخمر يصلح المعدة حقا ، لوجب الامتناع عن هذا القليل ، لأن قليل الخمر إنما يجر إلى كثيرها والكأس الأولى تغرى بأخرى وأخرى حتى الإدمان.
المخدرات .
( الخمر ماخامر العقل ) كلمة نيرة قالها عمر بن الخطاب من فوق منير النبي صلى الله عليه وسلم يحدد بها مفهوم الخمر ، حتى لاتكثر أسئلة السائلين ولاشبهات المشتبهين، فكل مالابأس العقل وأخرجه عن طبيعة المميزة المدركة الحاكمة فهو خمر حرام .حرم الله ورسوله إلى يوم القيامة. ومن ذلك تلك المواد التى تعرف باسم ( المخدرات) مثل الحشيش والكوكايين والأفيون ونحوها ، مماعرف أثرها عند متعاطيها أنها تؤثر فى حكم العقل الأشياء والأحداث ، فيرى البعيد قريبا ، والقريب بعيدا .ويذهل عن الواقع ، ويتخيل ماليس بواقع ، ويسبح فى بحر من الأحلام والأوهام وهذا مايسمى إليه متناول متناولوها حتى ينسوا أنفسهم ودينهم ودنياهم ويهيموا فى أودية الخيال.
وهذا غير مايحدث من فتور فى الجسد ، وخدر فى الأعصاب ، وهبوط فى الصحة ، وفوق ذلك ما تحدثه من خور النفس، وتميع الخلق ، وتحلل الإرادة ، وضعف الشعور بالواجب، ممايجعل هؤلاء المدمنين لتلك السموم أعضاء غير صالحة فى جسم المجتمع .
فضلا عما وراء ذلك كله من إتلاف للمال ، وخراب للبيوت ، بماينفق على تلك المواد من أموال طائلة ، وربما دفعها المدمن من قوت أولاده ، وربما إحترف إلى طريق غير شريف يجلب منه ثمنها . وإذا ذكرنا أن (( التحريم يتبع الخبث والضرر))تبين لنا حرمة هذه الخبائث التى ثبت ضررها الصحى والنفس والخلقى والاجتماعي والإقتصادى ممالاشك فيه .
وعلى هذه الحرمة أجمع فقهاء الإسلام الذين ظهرت فى أزمنتهم هذه الخبائث ، وفى طليعتهم شيخ الإسلام إبن تيمية الذي قال: هذه الحشيشة الصلبة حرام سواء سكر منها أم لم يسكر .
وإنما يتناولها الفجار لمافيها من النشوة والطرب ، فهى تجامع الشراب المسكر فى ذلك ، والخمر توجب الحركة والحصومة، وهذه توجب الفتور والذلة ، وفيها مع ذلك من فساد المزاح
والعقل، وفتح باب الشهوة ، وما توجبه كن الدياثة [ فقدان الغيرة ] ماهو شر من الشراب المسكر ، وإنما حدثت فى الناس بحديث التتار ، وعلى تناول القليل و الكثير منها حد الشرب – ثمانون سوطا أو أربعون . ومن ظهر منه أكل الحشيشة فهو بمنزل من ظهر منه شرب الخمر ، وشر منه من بعض الوجوه ، ويعاقب على ذلك ، كمايعاقب هذا. قال وقاعدة الشريعة أنما تشتهيه النفوس من المحرمات والزنا ففيه الحد ، وماتشتهيه الميتة ففيه التعزير، والحشيش مما يشتهيها أكلوها، ويمتنعون عن تركها ، ونصوص التحريم فى الكتاب والسنة على من يتناولها كمايتناول غيرذلك. كل مايضر فكله وشربه حرام وهنا قاعدة عامة مقررة فى شريعة الإسلام، وهى أنه لايحل للمسلم أن يتناول من الأطعمة أو الأشربة شيأ يقتله بسرعة أو ببطء- كالسم وأنواعه – أو يضره- ويؤذيه، ولا أن يكثر من طعام أو-
يمرض الإكثارمنه، فإن المسلم ليس ملم نفسه ، وإنما هو ملك دينه وأمته، وحياته وصحته وماله، ونعم اللع كلها عليه وديعة عنده، ولايحل له التفريط فيها. قال تعالى : ولاتقتلوا أنفسكم إلى التهلكة وقال رسول الله: لاضررولاضرار. و افقا لهذا المبدأ نقول : إن تناول التبغ ( الدخان) مادام قد ثبت أنه يضر بتناوله فهو حرام ، وخاصة إذا قرر ذلك طبيب مختص بالنسبة لشخص معين، ولو لم يثبت ضرره الصحى لكان إضاعة للمال فى مالاينفع فى الدين أو الدنيا وقد نهى النبي صلى الله عليه وسلم عن إضاعة المال .ويتأكد النهي إذا كان محتاجا إلى ماينفقه من مال لنفسه أو عياله. والله أعلم بالصواب