DEWAN PIMPINAN PUSAT
IKATAN ALUMNI BATA-BATA

Prioritas Zakat pada Tetangga dan Keluarga Jauh

 

Assalamualaikum
Ijin nanya prioritas zakat, untuk tetangga, keluarga jauh ?
Waalaikum salam.

Jawab.

Perioritas tetangga atau keluarga yang jauh diberi zakat jika termasuk pada golongan fakir miskin atau masuk pada mustahik zakat ( masuk dari salah salah satu dari delapan golongan mustqhik zakat dan sangat membutuhkan diantara mereka ).

Kriteria Penerima Zakat
  • Zakat boleh diberikan kepada tetangga atau keluarga jauh jika mereka termasuk dalam salah satu dari delapan golongan penerima zakat (mustahik).
  • Delapan golongan tersebut adalah: fakir, miskin, amil zakat, mualaf, riqab (budak), gharimin (orang yang berutang), fisabilillah (orang yang berjuang di jalan Allah), dan ibnu sabil (musafir yang membutuhkan).
  • Keluarga Jauh:
  • Jika keluarga jauh tidak termasuk dalam tanggungan nafkah pemberi zakat, maka diperbolehkan memberikan zakat kepada mereka.
  • Keluarga Dekat:
  • Untuk keluarga dekat (orang tua, anak, saudara kandung, dll.), terdapat rincian:
    • Jika mereka berhak menerima zakat karena alasan lain (misalnya, sebagai amil zakat atau fisabilillah), maka zakat boleh diberikan.
    • Jika mereka fakir atau miskin, kebolehan pemberian zakat bergantung pada siapa yang menyalurkan zakat.
    • Jika zakat disalurkan oleh imam/pemerintah, maka boleh diberikan kepada keluarga dekat yang berhak.
    • Jika zakat di salurkan secara pribadi, maka ada baiknya di berikan kepada keluarga jauh terlebih dahulu, atau tetangga yang membutuhkan.
  • Prioritas Pemberian Zakat:
  • Secara umum, memberikan zakat kepada kerabat yang membutuhkan (jika memenuhi syarat) memiliki keutamaan karena mengandung unsur silaturahmi.
  • Tetangga yang membutuhkan juga memiliki prioritas, apalagi jika tetangga tersebut sangat membutuhkan bantuan.
  • Namun, prioritas utama tetaplah kepada mereka yang paling membutuhkan dari delapan golongan penerima zakat.
    Kesimpulan:
  • Zakat boleh diberikan kepada tetangga dan keluarga jauh jika mereka termasuk mustahik zakat.
  • Prioritas diberikan kepada yang paling membutuhkan, dengan mempertimbangkan unsur kekerabatan dan kedekatan.
  • Penting untuk memastikan bahwa penerima zakat benar-benar termasuk dalam golongan yang berhak.

فقه الزكاة الجزء الثاني ص ٧١٦

المبحث الرابع
هَلْ تُدْفَعُ الزَّكَاةُ إِلَى الزَّوْجِ وَالْوَالِدَيْنِ وَالْأَقَارِبِ؟
إِذَا كَانَ الْقَرِيبُ بَعِيدَ الْقَرَابَةِ مِمَّنْ لَا تَلْزَمُ صَاحِبَ الزَّكَاةِ نَفَقَتُهُ، فَلَا حَرَجَ فِي إِعْطَائِهِ مِنْ زَكَاةِ قَرِيبِهِ سَوَاءٌ أَعْطَاهُ الْقَرِيبُ نَفْسُهُ، أَمْ غَيْرُهُ مِنَ الْمُزَكِّينَ، أَوِ الْإِمَامُ أَوْ نَائِبُهُ، أَعْنِي إِدَارَةَ تَوْزِيعِ الزَّكَاةِ، وَسَوَاءٌ أُعْطِيَ مِنْ سَهْمِ الْفُقَرَاءِ وَالْمَسَاكِينِ أَمْ مِنْ غَيْرِهِمَا.
أَمَّا الْقَرِيبُ الْوَثِيقُ الْقَرَابَةِ – كَالْوَالِدَيْنِ وَالْأَوْلَادِ وَالْإِخْوَةِ وَالْأَخَوَاتِ وَالْأَعْمَامِ وَالْعَمَّاتِ… إِلَخْ فَفِي جَوَازِ إِعْطَائِهِمْ مِنَ الزَّكَاةِ تَفْصِيلٌ:
فَإِذَا كَانَ الْقَرِيبُ يَسْتَحِقُّ الزَّكَاةَ لِأَنَّهُ مِنَ الْعَامِلِينَ عَلَيْهَا أَوْ فِي الرِّقَابِ أَوْ الْغَارِمِينَ أَوْ فِي سَبِيلِ اللَّهِ، فَلِقَرِيبِهِ أَنْ يُعْطِيَهُ مِنْ زَكَاتِهِ وَلَا حَرَجَ؛ لِأَنَّهُ يَسْتَحِقُّ الزَّكَاةَ هُنَا بِوَصْفٍ لَا تَأْثِيرَ لِلْقَرَابَةِ فِيهِ، وَلَا يَجِبُ عَلَى الْقَرِيبِ – بِاسْمِ الْقَرَابَةِ – أَنْ يُؤَدِّيَ عَنْهُ غُرْمَهُ، أَوْ يَتَحَمَّلَ عَنْهُ نَفَقَةَ غَزْوِهِ فِي سَبِيلِ اللَّهِ، وَمَا شَابَهَ ذَلِكَ.
وَكَذَلِكَ إِذَا كَانَ ابْنَ سَبِيلٍ يَجُوزُ أَنْ يُعْطِيَهُ مَئُونَةَ السَّفَرِ.
أَمَّا الْمُؤَلَّفَةُ قُلُوبُهُمْ فَلَيْسَ إِعْطَاؤُهُمْ مِنْ شَأْنِ الْأَفْرَادِ، بَلْ مِنْ شَأْنِ أُولِي الْأَمْرِ، كَمَا بَيَّنَّا ذَلِكَ مِنْ قَبْلُ.
أَمَّا إِذَا كَانَ الْقَرِيبُ الْوَثِيقُ الْقَرَابَةِ فَقِيرًا أَوْ مِسْكِينًا فَهَلْ يُعْطَى مِنْ سَهْمِ الْفُقَرَاءِ وَالْمَسَاكِينِ فِي الزَّكَاةِ؟ وَلِلْإِجَابَةِ عَلَى ذَلِكَ يَجِبُ أَنْ نَعْرِفَ مَنِ الْمُعْطِي؟
فَإِذَا كَانَ الَّذِي يُوَزِّعُ الزَّكَاةَ وَيُعْطِيهَا هُوَ الْإِمَامُ أَوْ نَائِبُهُ، أَوْ بِتَعْبِيرِ عَصْرِنَا إِذَا كَانَتِ الْحُكُومَةُ هِيَ الَّتِي تَتَوَلَّى جِبَايَةَ الزَّكَاةِ وَصَرْفَهَا، فَلَهَا أَنْ تُعْطِيَ مَا تَرَاهُ مِنْ أَهْلِ الْحَاجَةِ وَالِاسْتِحْقَاقِ وَلَوْ كَانَ مَنْ تُعْطِيهِ هُوَ وَلَدَ الْمُزَكِّي أَوْ وَالِدَهُ.

Pembahasan Keempat

Apakah zakat diberikan kepada suami, orang tua, dan kerabat?
Jika kerabat yang jauh kekerabatannya, yang nafkahnya tidak wajib ditanggung oleh pemilik zakat, maka tidak masalah memberikan zakat kepadanya dari zakat kerabatnya, baik kerabat itu sendiri yang memberikannya, atau orang lain dari para pemberi zakat, atau imam atau wakilnya, yaitu lembaga pengelola distribusi zakat, dan baik diberikan dari bagian fakir miskin maupun dari bagian lainnya.
Adapun kerabat dekat – seperti orang tua, anak-anak, saudara laki-laki dan perempuan, paman dan bibi… dll., maka dalam kebolehan memberikan zakat kepada mereka terdapat rincian:
Jika kerabat berhak menerima zakat karena ia termasuk orang-orang yang mengurus zakat, atau dalam pembebasan budak, atau orang-orang yang berhutang, atau di jalan Allah, maka kerabatnya boleh memberikan zakat kepadanya dan tidak masalah; karena ia berhak menerima zakat di sini dengan sifat yang tidak dipengaruhi oleh kekerabatan, dan tidak wajib bagi kerabat – atas nama kekerabatan – untuk melunasi hutangnya, atau menanggung biaya perangnya di jalan Allah, dan yang serupa dengan itu.
Demikian pula, jika ia adalah musafir (ibnu sabil), boleh memberinya bekal perjalanan.
Adapun orang-orang yang dibujuk hatinya (muallaf), maka pemberian zakat kepada mereka bukanlah wewenang individu, tetapi wewenang penguasa, sebagaimana telah kami jelaskan sebelumnya.
Adapun jika kerabat dekat itu fakir atau miskin, apakah ia diberi dari bagian fakir miskin dalam zakat? Untuk menjawab hal itu, kita harus mengetahui siapa yang memberi?
Jika yang membagikan dan memberikan zakat adalah imam atau wakilnya, atau dalam istilah zaman kita, jika pemerintah yang mengurus pengumpulan dan penyaluran zakat, maka ia boleh memberikan kepada siapa saja yang dianggap berhak dan membutuhkan, meskipun yang diberi adalah anak atau orang tua dari pemberi zakat.

Al-Bajury hlm. 282

الفقير في الزكاة هو الذي لا مال له ولا كسب يقع موقعا من حاجته أي مطعما وملبسا ومسكنا وغيرها مما لا بد منه على ما يليق بحاله وحال ممونه لعمر الغالب

Fakir, yaitu : orang yang tidak punya harta atau punya harta apabila dibagi sisa dari umur Gholib (60 th) tidak mencapai 50% dari kebutuhan primer, atau orang yang tidak punya pekerjaan layak atau punya pekerjaan namun hasilnya tidak mencapai 50% dari kebutuhan se harihari.
2)- Miskin


والثاني مسكين وهو من قدر على مال أو كسب أو عليهما معاً يسد كل منهما أومجموعهما من جوعته مسداً من حيث يبلغ النصف فأكثر ولا يكفيه كمن يحتاج إلى عشرة ولا يملك أو لا يكتسب إلا خمسة أو تسعة ولا يكفيه إلا عشرة،


Pengertian miskin yaitu orang yang memiliki harta atau pekerjaan atau memiliki dua-duanya yang masing-masing dari harta dan pekerjaannya tersebut atau gabungan dari harta dan hasil pekerjaannya tersebut tidak dapat memenuhi kebutuhannya, sekiranya sudah mencapai setengah kebutuhannya atau lebih, misalnya; ia memiliki kebutuhan 10 dirham, kemudian ia tidak memiliki harta, atau tidak dapat menghasilkan dari pekerjaannya kecuali hanya 5 dirham atau 9 dirham dan tidak sampai 10 dirham.


ويمنع فقر الشخص ومسكنته كفايته بنفقة الزوج أو القريب الذي يجب الإنفاق عليه كأب وجد لا نحو عم


Seseorang tidak masuk dalam kategori fakir atau miskin jika kebutuhannya telah terpenuhi karena nafkah dari suami atau kerabat, yaitu orang-orang yang wajib memberi nafkah kepadanya, seperti ayah, kakek, bukan paman.


وكذا اشتغاله بنوافل والكسب يمنعه منها فإنه يكون غنياً


Begitu juga seseorang tidak masuk dalam kategori fakir atau miskin jika ia disibukkan dengan aktivitas ibadah-ibadah sunah yang apabila ia bekerja maka pekerjaannya tersebut akan mencegahnya melakukan aktifitas tersebut, maka ia termasuk orang yang kaya.


ولا يمنع ذلك اشتغاله بعلم شرعي أو علم آلات، والكسب يمنعه لأنه فرض كفاية إذاكان زائداً عن علم الآلات وإلا فهو فرض عين كما بين ذلك شيخنا أحمد النحراوي


Seseorang masuk dalam kategori fakir atau miskin jika ia disibukkan dengan aktifitas mencari ilmu syariat atau ilmu alat (Nahwu, Shorof, dan lain-lain) yang apabila ia bekerja maka pekerjaan tersebut akan mencegahnya melakukan aktifitas tersebut, karena kesibukan tersebut hukumnya adalah fardhu kifayah jika ia memang tidak memerlukan ilmu alat, tetapi jika ia memerlukannya maka kesibukan tersebut hukumnya fardhu ain, seperti yang dijelaskan oleh Syaikhuna Ahmad Nahrowi.


ولا يمنع ذلك أيضاً مسكنه وخادمه وثياب وكتب له يحتاجها مال له غائب بمرحلتين أومؤجل فيعطى ما يكفيه إلى أن يصل ماله أو يحل الأجل لأنه الآن فقير أو مسكين


Rumah, pembantu, pakaian, dan buku-buku yang ia butuhkan tidak mencegah seseorang dari status fakir dan miskin, artinya, ia tergolong dari fakir atau miskin. Adapun harta yang seseorang miliki, tetapi tidak ada di tempat karena berada di tempat yang jauh sekiranya membutuhkan perjalanan 2 marhalah (±81km)5 atau karena masih dalam bentuk piutang, maka tidak mencegah statusnya dari kefakiran dan kemiskinan, oleh karena itu, ia diberi harta zakat sekiranya bisa memperoleh kembali harta yang tidak ditangannya itu atau agar piutangnya segera diterima, karena statusnya sekarang ia adalah sebagai orang fakir atau miskin.
Yang maksud 2 marhalah sama dengan 16 farsakh, yakni kurang lebih 81 km, sebagaimana disebutkan oleh Dr. Mustofa Daibul Bagho dalam Tadzhib Fi Adillah Matan al-Ghoyah Wa at-Taqrib. Ibarotnya adalah:


(قوله ستة عشر فرسخا) إلى أن قال وهى ستة عشر فرسخا وتساوى (٨١) كيلو مترا تقريبا

Referensi:


المسكين: وهو الذي له مال أو كسب يقع موقعا من كفايته ولا يكفيه، بأن يحصل فوق نصف ما يكفيه , مثاله: يحتاج في الشهر ٥۰۰ ريال ويحصل ٤۰۰ ريال .

Miskin adalah orang yang memiliki harta atau pekerjaan yang dapat mencukupi kebutuhannya, namun masih tidak mencukupi, gambarannya: berpenghasilan separuh dari kebutuhunnya, semisal dia butuh dalam sebulan 500 reyal sedangkan dia hanya dapat 400 riyal.

Al Fiqhul islam 3/1964:

والمسكين: هو من قدر على مال أو كسب حلال يساوي نصف ما يكفيه في العمر الغالب

Miskin, yaitu : orang yang punya pekerjaan, hasilnya tidak mencukupi kebutuhan primer, atau punya harta yang apabila dihitung untuk mencukupi kebutuhan pada sisa umur Gholib (60 th) hasilnya mencapai 50 % lebih dari kebutuhan se hari-hari.

Kriteria Faqir Miskin yang Mustahiq :

Muslim

Orang yang sudah berusaha sekuat tenaga untuk bekerja, namun pendapatan nya dibawah kemampuan/ kecukupan.

Orang yang sudah berusaha sekuat tenaga untuk bekerja, namun pendapatan nya dibawah kemampuan/ kecukupan

Bukan Miskin karena malas kerja ( bukan Miskin yang tidak mau bekerja dan sebenarnya kuat kerja )

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

#TERKINI

#WARTA

#HUKUM