*Pertanyaan*
As’salamu alaikum Warahmatullahi Wabarokatuh.
Deskripsi masalah.
Diantara tujuan pernikahan secara umum adalah untuk memenuhi hajat manusia (pria terhadap wanita atau sebaliknya) dalam upanyĆ mewujudkan rumah tangga yang bahagia, sesuai dengan ketentuan-ketentuan agama. Ada sepasang suami istri yang baru menikah kelihatannya mulai dari awal mereka rukun dan bahagia dan ketika mencapai 5 bulan dari pernikahannya istrinya hamil, namun sayangnya kebahagian itu tidaklah begitu lama karena diantara suami istri selingkuh sehingga mengakibatkan pertengkaran diantara keduanya samapai ada ungkapan cerai dalam kondisi Istrinya hamil.
Pertanyaannya.
Bagaimana hukumnya suami mentalak istrinya dalam kondisi hamil..?
JAWABAN :
Terjadi khilaf dalam masalah menceraikan wanita hamil, mayoritas ulama berpendapat boleh menthalaq wanita hamil yang sudah jelas kehamilannya. Sebagian ulama menyatakan menthalaq wanita hamil adalah haram dan ada juga yang berpendapat menthalaq wanita hamil hukumnya makruh.
Referensi:
– Tuhfatul Muhtaaj & Nihayatul Muhtaaj :
( Ł ) ŁŲŁ ( Ų·ŁŲ§Ł Ł
Ł ŲøŁŲ± ŲŁ
ŁŁŲ§ )
Ada riwayat dari ibnu umar bahwasannya dia mencerai istrinya yang lagi haid, lalu umar bercerita pada nabi,lalu nabi bersabda : kembalilah padanya dan cerailah saat dia dalam keadaan suci atau keadaan hamil.
Ų£ŁŲ®ŁŲØŁŲ±ŁŁŁŲ§ Ł
ŁŲŁŁ
ŁŁŲÆŁ ŲØŁŁŁ Ų¹ŁŲØŁŲÆŁ Ų§ŁŁŁŁŁŁ Ų§ŁŁŲŁŲ§ŁŁŲøŁ Ų£ŁŲ®ŁŲØŁŲ±ŁŁŁŁ Ł
ŁŲŁŁ
ŁŁŲÆŁ ŲØŁŁŁ Ų§ŁŁŲŁŲ³ŁŁŁ ŲØŁŁŁ Ų§ŁŁŲŁŲ³ŁŁŁŁŁ ŲØŁŁŁ Ł
ŁŁŁŲµŁŁŲ±Ł ŲŁŲÆŁŁŲ«ŁŁŁŲ§ Ų§ŁŁŲŁŲ³ŁŁŁŁŁ ŲØŁŁŁ Ų£ŁŲØŁŁ Ų§ŁŲ£ŁŲŁŁŁŲµŁ ŲŁŲÆŁŁŲ«ŁŁŁŲ§ Ų£ŁŲØŁŁ ŲØŁŁŁŲ±Ł ŲØŁŁŁ Ų£ŁŲØŁŁ Ų“ŁŁŁŲØŁŲ©Ł Ų ŁŁŲ£ŁŲ®ŁŲØŁŲ±ŁŁŁŲ§ Ų¹ŁŁŁŁŁŁ ŲØŁŁŁ Ų£ŁŲŁŁ
ŁŲÆŁ ŲØŁŁŁ Ų¹ŁŲØŁŲÆŁŲ§ŁŁ Ų£ŁŲ®ŁŲØŁŲ±ŁŁŁŲ§ Ų³ŁŁŁŁŁŁ
ŁŲ§ŁŁ ŲØŁŁŁ Ų£ŁŲŁŁ
ŁŲÆŁ ŲØŁŁŁ Ų£ŁŁŁŁŁŲØŁ ŲŁŲÆŁŁŲ«ŁŁŁŲ§ Ų§ŁŁŲŁŲ¶ŁŲ±ŁŁ
ŁŁŁŁ ŲŁŲÆŁŁŲ«ŁŁŁŲ§ Ų¹ŁŲ«ŁŁ
ŁŲ§ŁŁ ŲØŁŁŁ Ų£ŁŲØŁŁ Ų“ŁŁŁŲØŁŲ©Ł ŁŁŲ§ŁŲ§Ł ŲŁŲÆŁŁŲ«ŁŁŁŲ§ ŁŁŁŁŁŲ¹Ł Ų¹ŁŁŁ Ų³ŁŁŁŁŁŲ§ŁŁ Ų¹ŁŁŁ Ł
ŁŲŁŁ
ŁŁŲÆŁ ŲØŁŁŁ Ų¹ŁŲØŁŲÆŁ Ų§ŁŲ±ŁŁŲŁŁ
ŁŁŁ Ł
ŁŁŁŁŁŁ Ų£ŁŲØŁŁ Ų·ŁŁŁŲŁŲ©Ł Ų¹ŁŁŁ Ų³ŁŲ§ŁŁŁ
Ł Ų¹ŁŁŁ Ų§ŲØŁŁŁ Ų¹ŁŁ
ŁŲ±Ł : Ų£ŁŁŁŁŁŁ Ų·ŁŁŁŁŁŁ Ų§Ł
ŁŲ±ŁŲ£ŁŲŖŁŁŁ ŁŁŁŁŁŁ ŲŁŲ§Ų¦ŁŲ¶Ł ŁŁŲ°ŁŁŁŲ±Ł Ų°ŁŁŁŁŁ Ų¹ŁŁ
ŁŲ±Ł ŁŁŁŁŁŁŲØŁŁŁŁ -ŲµŁŁ Ų§ŁŁŁ Ų¹ŁŁŁ ŁŲ³ŁŁ
- ŁŁŁŁŲ§ŁŁ :Ā« Ł
ŁŲ±ŁŁŁ ŁŁŁŁŁŁŲ±ŁŲ§Ų¬ŁŲ¹ŁŁŁŲ§ Ų«ŁŁ
ŁŁ ŁŁŁŁŲ·ŁŁŁŁŁŁŁŁŲ§ Ų·ŁŲ§ŁŁŲ±ŁŲ§ Ų£ŁŁŁ ŲŁŲ§Ł
ŁŁŲ§Ł Ā». Ų±ŁŁŁŲ§ŁŁ Ł
ŁŲ³ŁŁŁŁ
Ł ŁŁŁ Ų§ŁŲµŁŁŲŁŁŲŁ Ų¹ŁŁŁ Ų£ŁŲØŁŁ ŲØŁŁŁŲ±Ł ŲØŁŁŁ Ų£ŁŲØŁŁ Ų“ŁŁŁŲØŁŲ©Ł Ų§ŁŲ³ŁŁ Ų§ŁŁŲØŲ±Ł ŁŁŲØŁŁŁŁ ŁŁŁ Ų°ŁŁŁ Ų§ŁŲ¬ŁŁŲ± Ų§ŁŁŁŁ (7/ 325
Imam Muslim meriwayatkan hadits dalam kitab Shahihnya (4/181, maktabah syamilah) :
ŁŁŲŁŲÆŁŁŲ«ŁŁŁŲ§ Ų£ŁŲØŁŁ ŲØŁŁŁŲ±Ł ŲØŁŁŁ Ų£ŁŲØŁŁ Ų“ŁŁŁŲØŁŲ©Ł ŁŁŲ²ŁŁŁŁŁŲ±Ł ŲØŁŁŁ ŲŁŲ±ŁŲØŁ ŁŁŲ§ŲØŁŁŁ ŁŁŁ
ŁŁŁŲ±Ł – ŁŁŲ§ŁŁŁŁŁŁŲøŁ ŁŲ£ŁŲØŁŁ ŲØŁŁŁŲ±Ł – ŁŁŲ§ŁŁŁŲ§ ŲŁŲÆŁŁŲ«ŁŁŁŲ§ ŁŁŁŁŁŲ¹Ł Ų¹ŁŁŁ Ų³ŁŁŁŁŁŲ§ŁŁ Ų¹ŁŁŁ Ł
ŁŲŁŁ
ŁŁŲÆŁ ŲØŁŁŁ Ų¹ŁŲØŁŲÆŁ Ų§ŁŲ±ŁŁŲŁŁ
ŁŁŁ Ł
ŁŁŁŁŁŁ Ų¢ŁŁ Ų·ŁŁŁŲŁŲ©Ł Ų¹ŁŁŁ Ų³ŁŲ§ŁŁŁ
Ł Ų¹ŁŁŁ Ų§ŲØŁŁŁ Ų¹ŁŁ
ŁŲ±Ł Ų£ŁŁŁŁŁŁ Ų·ŁŁŁŁŁŁ Ų§Ł
ŁŲ±ŁŲ£ŁŲŖŁŁŁ ŁŁŁŁŁŁ ŲŁŲ§Ų¦ŁŲ¶Ł ŁŁŲ°ŁŁŁŲ±Ł Ų°ŁŁŁŁŁ Ų¹ŁŁ
ŁŲ±Ł ŁŁŁŁŁŁŲØŁŁŁŁ -ŲµŁŁ Ų§ŁŁŁ Ų¹ŁŁŁ ŁŲ³ŁŁ
- ŁŁŁŁŲ§ŁŁ Ā« Ł
ŁŲ±ŁŁŁ ŁŁŁŁŁŁŲ±ŁŲ§Ų¬ŁŲ¹ŁŁŁŲ§ Ų«ŁŁ
ŁŁ ŁŁŁŁŲ·ŁŁŁŁŁŁŁŁŲ§ Ų·ŁŲ§ŁŁŲ±ŁŲ§ Ų£ŁŁŁ ŲŁŲ§Ł
ŁŁŲ§Ł Ā».
Dan telah menceritakan kepada kami, Abu Bakar bin Abu Syaibah, dan Zuhair bin Harb, dan Ibnu Numair, lafazhnya kepunyaan Abu Bakar, mereka berkata, telah menceritakan kepada kami Waki’ dan Sufyan, dari Muhammad bin Abdurrahman Maula Alu Thalhah, dari Salim, dari Ibnu Umar, Sesungguhnya dia (Ibnu Umar) menthalaq isterinya dalam keadaan haid, maka Umar menuturkan hal itu kepada Nabi shallallaahu ‘alaihi wasalllam. Maka beliau bersabda: “Perintahlah dia untuk merujuk isterinya, kemudian hendaklah dia menthalaqnya dalam keadaan suci atau hamil.”
Penjelasan hadits ini ada dalam syarah Imam Nawawi (10/65, maktabah syamilah
:
ŁŁŁŁ ŲµŁŁ Ų§ŁŁŁ Ų¹ŁŁŁ Ł Ų³ŁŁ
( Ų«Ł
ŁŁŲ·ŁŁŁŲ§ Ų·Ų§ŁŲ±Ų§ Ų£Ł ŲŲ§Ł
ŁŲ§ ) ŁŁŁ ŲÆŁŲ§ŁŲ© ŁŲ¬ŁŲ§Ų² Ų·ŁŲ§Ł Ų§ŁŲŲ§Ł
Ł Ų§ŁŲŖŁ ŲŖŲØŁŁ ŲŁ
ŁŁŲ§ ŁŁŁ Ł
Ų°ŁŲØ Ų§ŁŲ“Ų§ŁŲ¹Ł ŁŲ§Ł ŲØŁ Ų§ŁŁ
ŁŲ°Ų± ŁŲØŁ ŁŲ§Ł Ų£ŁŲ«Ų± Ų§ŁŲ¹ŁŁ
Ų§Ų” Ł
ŁŁŁ
Ų·Ų§ŁŲ³ ŁŲ§ŁŲŲ³Ł ŁŲØŁ Ų³ŁŲ±ŁŁ ŁŲ±ŲØŁŲ¹Ų© ŁŲŁ
Ų§ŲÆ ŲØŁ Ų£ŲØŁ Ų³ŁŁŁ
Ų§Ł ŁŁ
Ų§ŁŁ ŁŲ£ŲŁ
ŲÆ ŁŲ„Ų³ŲŲ§Ł ŁŲ£ŲØŁ Ų«ŁŲ± ŁŲ£ŲØŁ Ų¹ŲØŁŲÆ ŁŲ§Ł ŲØŁ Ų§ŁŁ
ŁŲ°Ų± ŁŲØŁ Ų£ŁŁŁ ŁŲØŁ ŁŲ§Ł ŲØŲ¹Ų¶ Ų§ŁŁ
Ų§ŁŁŁŲ© ŁŁŲ§Ł ŲØŲ¹Ų¶ŁŁ
ŁŁ ŲŲ±Ų§Ł
ŁŲŁŁ ŲØŁ Ų§ŁŁ
ŁŲ°Ų± Ų±ŁŲ§ŁŲ© Ų£Ų®Ų±Ł Ų¹Ł Ų§ŁŲŲ³Ł Ų£ŁŁ ŁŲ§Ł Ų·ŁŲ§Ł Ų§ŁŲŲ§Ł
Ł Ł
ŁŲ±ŁŁ
Sabda Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam TSUMMAL YUTHALLIQHAA THAAHIRAN AU HAAMILAN. “Kemudian hendaklah dia menthalaqnya dalam keadaan suci atau hamil”. Dalam sabda tersebut menunjukkan bolehnya menthalaq wanita hamil yang sudah jelas kehamilannya, Dan itu adalah madzhab Syafi’i. Ibnu Mundzir berkata: Dengan pendapat ini, berkata mayoritas ulama’, diantaranya Imam Thawus, al Hasan, Ibnu Sirin, Rabii’ah, Hammaad bin Abu Sulaiman, Malik, Ahmad, Ishaq, Abu Tsaur dan Abu Ubaid. Ibnul Mundzir berkata: Aku berpendapat dengan pendapat tersebut, dan dengan pendapat itu berkata sebagian ulama’ malikiyyah. Sebagian ulama mengatakan: menthalaq wanita hamil adalah haram. Ibnul Mundzir meriwayatkan riwayat yang lain dari al Hasan, bahwasanya dia berkata: Menthalaq wanita hamil hukumnya makruh.