
HUKUM BERJABAT TANGAN(MENYENTUH) SESAMA MUSLIM DAN BUKAN MAHROMNYA.
Deskripsi masalah.
Sebelumnnya perkenalkan nama saya Abd.Hamid asli madura Palakpak , namun sekarang saya menetap di Aceh.
Sebagaimana yang kita maklumi, manakala lebaran tiba, baik hari raya Idul Fitri atau Idul Adha kerap dimasyarakat saling silaturrahim dan saling bersalaman (berjabatan tangan ) kepada sanak famili, kerabat yang dekat maupun yang jauh dan kepada teman-teman antara yang satu dengan yang lainnya, bahkan hal berjabatan tangan terkadang terjadi bukan hanya dihari raya, melaikan karena baru datang dari safar, dan lain sebagainya, namun anehnya terkadang diantara mereka berjabatan tangan lain jenis Muslim dan muslimah yang bukan mahramnya .
PERTANYAAN :
Assalamualaikum.
Bagaimana hukumnya laki-laki islam berjabat tangan(menyentuh) kepada perempuan islam yang bukan mahramnya?
JAWABAN :
Wa’alaikumussalaam. Hukum berjabat tangan non mahrom diperinci :
1๏ธโฃHukum berjabat tangan antar lawan jenis secara langsung adalah haram, kecuali bagi anak kecil atau yang sudah lanjut usia yang tidak berpotensi menimbulkan efek negatif (syahwat dan fitnah).Fitnah adalah zina dan pendahuluan zina.
2๏ธโฃHukum berjabat tangan antar lawan jenis non-mahram dengan menggunakan kaos tangan dan penutup sejenisnya, berhukum jawaz(boleh) asalkan tidak berpotensi menimbulkan syahwat dan fitnah.
Tambahan hukum berjabat tangan dengan orang tua. Hukum berjabat tangan baik antara perempuan muda dengan laki-laki tua, laki-laki muda dengan perempuan tua, perempuan tua dengan laki-laki tua haram menurut syafi’iyah dan malikiyah. Boleh menurut hanafiyah dan hanabilah (Mausu’ah Fiqhiyyah 37/359).
Sebagaimana dimaklumi persentuhan ini menurut versi yang membolehkan hanya jika tidak disertai syahwat. Seandainya kita hendak beralih madzhab dengan memilih halal berjabat tangan dengan orang tua maka tentunya harus mengetahui detail persoalan dalam perspektif madzhab tersebut. Ambillah contoh madzhab hanafi. ‘Ajuuz dalam hanafiyah diistilahkan dengan “kabir ma’mun minasy syahwat” alias orang tua yang terjaga dari disyahwati (Ibnu Najim al-Hanafi dalam Bahr al-Ra-iq 8/219). Berkata Ibnu ‘Abidin, yang dikehendaki syahwat dalam permasalahan melihat dan menyentuh adalah:
๐ ฐ๏ธBagi laki-laki : condongnya hati dimana terkadang organ vitalnya ikut bereaksi. Menurut qaul lain (dan inilah yang mu’tamad) cukup dengan condongnya hati tanpa embel-embel ikut bereaksinya organ vital pria. Lalu oleh Abdul Ghani dijelaskan: maksud dari tanpa ada syahwat seperti halnya kita memandang ajnabi/ajnabiyah seolah sama saja dengan memandang putra-putri kandung kita.
๐
ฑ๏ธBagi wanita : tergeraknya hati dalam artian ada gelagat menikmati jabat tangan itu. (Hasyiyah Ibnu ‘Abidin 1/407 & 3/33).
Kesimpulannya : masih diperbolehkan berjabat tangan dengan orang tua dengan mengikuti madzhab hanafi / hanbali. dengan memandang kriteria syahwat yang ketat di atas tentunya yang dimaksud orang tua di sini adalah kakek/nenek tua renta. Bukan bapak-bapak separuh baya.
Bersalaman dengan anak kecil hukumnya boleh menurut hanafiyah, hanabilah, syafi’iyah dalam qaul ashah, dan malikiyah dengan definisi tersendiri tentang ‘anak kecil’. Sebagaimana dimaklumi kebolehan ini terlaku jika tidak disertai syahwat. (al-Mausu’ah al-Fiqhiyyah 37/360-361, Bujairumi ‘ala Khatib 4/119-120).
Boleh melihat /menyentuh lain jenis karena ada hajat, dengan syarat harus ada mahrom yang menemani, tidak ada dokter yang sejenis dll, sebagaimana keterangan :
ุงูุนุฒูุฒ ุนูู ุดุฑุญ ุงููุฌูุฒ ุงูุฌุฒุก ุงูุณุงุจุน ุต :ูคูงูข
ูู
ููุง: ุงูู ูุฌูุฒ ุงููุธุฑ ูุงูู
ุณ ูููุตุฏ ูุงูุญุฌุงู
ุฉ ูุงูู
ุนุงูุฌุฉ ูุนูุฉ ููููู ุฐูู ุจุญุถูุฑ ุงูู
ุญุฑู
ููุดุชุฑุท ูู ุฌูุงุฒ ูุธุฑ ุงูุฑุฌู ุงูู ุงูู
ุฑุฃุฉ ุฃ ูุง ูููู ููุงู ุงู
ุฑุฃุฉ ุชุนุงูุฌ ููู ุฌูุงุฒ ูุธุฑ ุงูู
ุฑุฃุฉ ุงูู ุงูุฑุฌู ุฃูุง ูููู ููุงู ุฑุฌู ูุนุงูุฌู ูุฐูู ุฐูุฑู ุงุจู ุนุจุฏ ุงููู ุงูุฒุจูุฑู ูุงููุงุถู ุงูุฑููุงูู ุงูุถุง ูุนู ุงุจู ุงููุงุต ุฎูุงูู ุซู
ุงุตู ุงูุญุงุฌุฉ ูุงู ูู ุงููุธุฑ ุงูู ุงููุฌู ูุงููุฏูู ููุฐูู ุฌุงุฒ ุงููุธุฑ ุจุณุจุจ ุงูุฑุบุจุฉ ูู ุงูููุงุญ ููู ุงููุธุฑ ุงูู ุณุงุฆุฑ ุงูุฃุนุถุงุก ูุนุชุจุฑ ุงูุชุฃูุฏ ูุถุจุทู ุงูุฅู
ุงู
ููุงู ู
ุงูุฌุงูุฒ ุงูุฅูุชูุงู ุจุณุจุจู ู
ู ุงูู
ุงุก ุงูู ุงูุชุฑุงุจ ููุงูุง ุงู ุฎูุงูุง ูุดุฏุฉ ุงูุถูู ูู
ุง ูู ู
ุนููุง ูุฌูุฒ ุงููุธุฑ ุจุณุจุจู ููู ุงููุธุฑ ุงูู ุงูุณูุกุชูู ูุนุชุจุฑ ู
ุฒูุฏ ุชุฃูุฏ ูุงู ูู ุงููุณูุท :ูุฐูู ุจุฃู ุชููู ุงูุญุงุฌุฉ ุจุญูุซ ูุงูุนุฏ ุงูุชูุดู ุจุณุจุจูุง ูุชูุง ููู
ุฑูุกุฉ ููุนุฐุฑ ูู ุงูุนุงุฏุงุช ูุงูู ูุฐุงุงูุชุฑุชูุจ ุงุดุงุฑ ูู ุชุงูุชุงุจ ุจูููู: ูููู
ู ุงูุธุฑ ุงูู ุงูุณูุกุชูู ูุญุงุฌุฉ ู
ุคูุฏุฉ.
ุงูุดุฑูุงูู ุงูุฌุฒุก ุงูุชุงุณุน ุต : ูฃูฉ-ูคูก
ููุจุงุญุงู ุฃู ุงููุธุฑ ุงูู
ุณ ููุตุฏ ูุญุฌุงู
ุฉ ูุนูุงุฌ ููุญุงุฌุฉ ููู ุจุญุถุฑุฉ ู
ุงูุน ุฎููุฉ ูู
ุญุฑู
ุฃู ุฒูุฌ ุฃู ุฅู
ุฑุฃุฉ ุซูุฉ ูุญู ุฎููุฉ ุฑุฌู ุจุงู
ุฑุฃุฉ ุซูุฉ ูุญู ุฎููุฉ ุฑุฌู ุจุงู
ุฑุฃุชูู ุซูุชูู ูุญุชุดู
ูุงุ ุฅูู ุงู ูุงู ูุจุดุฑุท ุนุฏู
ุงู
ุฑุฃุฉ ุชุญุณู ุฐูู ูุนูุณู ูุฃู ูุง ูููู ุบูุฑ ุฃู
ูู ู
ุน ูุฌูุฏ ุฃู
ูู ููุง ุฐู
ูุง ู
ุน ูุฌูุฏ ู
ุณูู
ุฃู ุฐู
ูุฉ ู
ุน ูุฌูุฏ ู
ุณูู
ุฉ ูุจุญุซ ุงูุจููููู ุฅูู ููุฏู
ูู ุงูู
ุฑุฃุฉ ู
ุณูู
ุฉ ูุตุจู ู
ุณูู
ุบูุฑ ู
ุฑุงูู ูู
ุฑุงูู ููุงูุฑ ุบูุฑ ู
ุฑุงูู ูู
ุฑุงูู ูุงู
ุฑุฃุฉ ูุงูุฑุฉ ูู
ุญุฑู
ู
ุณูู
ูู
ุญุฑู
ูุงูุฑ ูุฃุฌูุจู ู
ุณูู
ููุงูุฑ ุงูู ููุงููู ุงูุฃุฐุฑุนู ุนูู ุชูุฏูู
ุงููุงูุฑ ุนูู ุงูู
ุณูู
ููู ุชูุฏูู
ุงูู
ุญุฑู
ูุธุฑ
ูุงูุฐู ูุชุฌู ุชูุฏูู
ูุญู ู
ุญุฑู
ู
ุทููุง ุนูู ูุงูุฑุฉ ููุธุฑู ู
ุง ูุง ุชูุธุฑ ูู ูู
ู
ุณูุญ ุนูู ู
ุฑุงูู ูุฃู
ูุฑ ูููู
ู ุบูุฑ ุงูุฌูุณ ูุงูุฏูู ุนูู ุบูุฑู ููุฌูุฏ ู
ู ูุง ูุฑุถู ุฅูุง ุจุฃูุซุฑ ู
ู ุฃุฌุฑุฉ ุงูู
ุซู ูุงูุนุฏู
ููู
ุง ูุธูุฑ ุุจู ูู ูุฌุฏ ูุงูุฑ ูุฑุถู ุจุฏูููุง ูู
ุณูู
ูุง ูุฑุถู ุฅูุง ุจูุง ุงุญุชู
ู ุงู ุงูู
ุณูู
ูุงูุนุงุฏู
ุฃูุถุง.
Semua madzhab mengharamkan jabat tangan pria-wanita non mahrom, berikut ta`birnya :
1). Madzhab Hanafiyah
ุชุญูุฉ ุงููููุงุก ููุนูุงุก ุงูุฏูู ุงูุณู
ุฑููุฏู – (ุฌ ูฃ / ุต ูฃูฃูฃ)
ูุฃู
ุง ุงูู
ุณ ููุญุฑู
ุณูุงุก ุนู ุดููุฉ ุฃู ุนู ุบูุฑ ุดููุฉ ููุฐุง ุฅุฐุง ูุงูุช ุดุงุจุฉ ูุฅู ูุงูุช ุนุฌูุฒุง ููุง ุจุฃุณ ุจุงูู
ุตุงูุญุฉ ุฅู ูุงู ุบุงูุจ ุฑุฃูู ุฃูู ูุง ูุดุชูู ููุง ุชุญู ุงูู
ุตุงูุญุฉ ุฅู ูุงูุช ุชุดุชูู ูุฅู ูุงู ุงูุฑุฌู ูุง ูุดุชูู
2). Madzhab Malikiyah
ุญุงุดูุฉ ุงูุตุงูู ุนูู ุงูุดุฑุญ ุงูุตุบูุฑ – (ุฌ ูกูก / ุต ูขูงูฉ)
ููููุง ุชูุฌููุฒู ู
ูุตูุงููุญูุฉู ุงูุฑููุฌููู ุงููู
ูุฑูุฃูุฉู ุฃููู ุงููุฃูุฌูููุจููููุฉู ููุฅููููู
ูุง ุงููู
ูุณูุชูุญูุณููู ุงููู
ูุตูุงููุญูุฉู ุจููููู ุงููู
ูุฑูุฃูุชููููู ููุง ุจููููู ุฑูุฌููู ููุงู
ูุฑูุฃูุฉู ุฃูุฌูููุจููููุฉูุ ููุงูุฏููููููู ุนูููู ุญูุณููู ุงููู
ูุตูุงููุญูุฉู ู
ูุง ุชูููุฏููู
ู ูููููููููู ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู
ู ููู
ููู ููุงูู ูููู: ููุง ุฑูุณูููู ุงูููููู ุงูุฑููุฌููู ู
ููููุง ููููููู ุฃูุฎูุงูู ุฃููู ุตูุฏูููููู ุฃูููููุญูููู ูููู ููุงูู : ููุง
3). Madzhab Syafiโiyyah
ุญุงุดูุฉ ุงูุจุฌูุฑู
ู ุนูู ุงูุฎุทูุจ โ (ุฌ ูกู / ุต ูกูกูฃ)
ููุชูุณูููู ู
ูุตูุงููุญูุฉู ุฃููู ุนูููุฏู ุงุชููุญูุงุฏู ุงููุฌูููุณูุ ููุฅููู ุงุฎูุชููููู ููุฅููู ููุงููุชู ู
ูุญูุฑูู
ููููุฉู ุฃููู ุฒูููุฌููููุฉู ุฃููู ู
ูุนู ุตูุบููุฑู ููุง ููุดูุชูููู ุฃููู ู
ูุนู ููุจููุฑู ุจูุญูุงุฆููู ุฌูุงุฒูุชู ู
ููู ุบูููุฑู ุดูููููุฉู ููููุง ููุชูููุฉูุ ููุนูู
ู ููุณูุชูุซูููู ุงููุฃูู
ูุฑูุฏู ุงููุฌูู
ูููู ููุชูุญูุฑูู
ู ู
ูุตูุงููุญูุชููู ููู
ูุง ููุงูููู ุงููุนูุจููุงุฏูููู ุง ูู ู
ูุฑูุญููู
ูููู
.
4). Madzhab Hambaliyah
ุงูุฅููุงุน ูู ููู ุงูุฅู
ุงู
ูุฃุญู
ุฏ ุงูุญุฌุงูู- (ุฌ ูก / ุตูขูฃูฉ)
ููุง ูุฌูุฒ ู
ุตุงูุญุฉ ุงูู
ุฑุฃุฉ ุงูุฃุฌูุจูุฉ ุงูุดุงุจุฉ ูุฃู ุณูู
ุช ุดุงุจุฉ ุนูู ุฑุฌู ุฑุฏู ุนูููุง ูุฅู ุณูู
ุนูููุง ูู
ุชุฑุฏู ูุฅุฑุณุงู ุงูุณูุงู
ุฅูู ุงูุฃุฌูุจูุฉ ูุฅุฑุณุงููุง ุฅููู ูุง ุจุฃุณ ุจู ููู
ุตูุญุฉ ูุนุฏู
ุงูู
ุญุฐูุฑ
Demikian jawaban dari pertanyaan Ust. Abd.Hamid Aceh. Wallahu A’lam bisshowab.