HUKUM SHALAT BERJAMAAH

HUKUM SHALAT BERJAMAAH

Assalamualaikum

Deskripsi Masalah
Shalat berjamaah merupakan salah satu ibadah yang sangat dianjurkan dalam Islam karena memiliki banyak keutamaan, seperti melipatgandakan pahala hingga 27 derajat dibandingkan dengan shalat sendirian. Pelaksanaannya mencerminkan nilai-nilai ukhuwah Islamiyah dan kebersamaan dalam masyarakat muslim. Namun, terdapat beberapa permasalahan hukum yang sering dibahas oleh para ulama terkait shalat berjamaah (lima waktu).
Permasalahan tersebut antara lain:

Hukum Shalat Berjamaah
1. Apakah hukum melaksanakan shalat berjamaah itu wajib ‘ain bagi setiap muslim laki-laki, wajib kifayah, atau sunnah muakkadah? dan bagaimana maksud dari ungkapan لاصلاة لجار المسجد إلا في المسجد

Lokasi Pelaksanaan Shalat Berjamaah
2. Apakah shalat berjamaah dianggap sah dan mencukupi jika dilakukan di rumah, walaupun tidak dilaksanakan di masjid?

Mohon Jawaban beserta dalilnya.

Waalaikumsalam salam

Jawaban

Jawaban No. 1
Ulama berbeda pendapat tentang hukum shalat berjamaah. Sebagian ulama berpendapat bahwa hukumnya sunnah muakkadah, yaitu sunnah yang sangat dianjurkan. Pendapat lain menyatakan bahwa hukumnya fardhu kifayah, artinya jika di satu desa terdapat sekelompok orang yang telah melaksanakan shalat berjamaah, maka kewajiban tersebut gugur bagi yang lain, sehingga mereka tidak berdosa. Namun, jika dalam satu desa tidak ada yang melaksanakan shalat berjamaah sama sekali, maka seluruh penduduk desa tersebut berdosa.

Adapun Maksud dari jawaban terhadap ucapan Ali radhiyallahu ‘anhu:

“Tidak ada salat bagi tetangga masjid kecuali di masjid,” maknanya adalah salah satu dari dua kemungkinan:

Penafian kesempurnaan (yakni salatnya tidak sempurna jika tidak di masjid).

Salat di rumahnya tidak dianggap berjemaah bersama imam di masjid.

Adapun jawaban terhadap riwayat Ibnu Mas’ud, tujuannya adalah untuk menekankan keutamaan berjemaah dan anjuran menanggung kesulitan demi melaksanakannya. Riwayat ini tidak menunjukkan kewajiban salat berjemaah.

Adapun analogi dengan salat Jumat tidaklah sah, karena salat Jumat diwajibkan berjemaah karena berjemaah adalah syarat sahnya

Jawaban No. 2
Menurut pendapat Imam Syafi’i, orang yang melaksanakan shalat berjamaah baik di rumah maupun di masjid tetap dianggap sah dan mencukupi, artinya kewajiban fardhu kifayah telah terpenuhi. Akan tetapi, keutamaan shalat berjamaah di masjid lebih utama nilai pahalanya dibandingkan jika dilakukan di rumah, apalagi jumlah jamaahnya lebih banyak dimasjid, sedangkan jumlah minimal jamaah dalam shalat berjamaah adalah dua orang, yaitu seorang imam  dan seorang makmum, sedangkan maksimalnya tidak ada batasannya Wallahu a’lam.

حاوى الكبير ٣٠٣
وَرُوِيَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ – صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم َ – رَأَى رَجُلًا قَدْ دَخَلَ الْمَسْجِدَ بَعْدَ فَرَاغِ النَّاسِ مِنَ الصَّلَاةِ، فَقَالَ: مَنْ يَتَصَدَّقُ عَلَى هَذَا فَيُصَلِّيَ مَعَهُ “، فَلَوْ كَانَتِ الْجَمَاعَةُ وَاجِبَةً لَأَنْكَرَ عَلَيْهِ تَأَخُّرَهُ، وَلَنَهَاهُ عَنْ مِثْلِهِ، وَلَمَا أَخْبَرَ أَنَّ الصَّلَاةَ معه صدقة عليه، ولأنها تؤدى صلاة جَمَاعَةً وَفُرَادَى فَوَجَبَ أَنْ لَا تَجِبَ الْجَمَاعَةُ فِيهَا كَالنَّوَافِلِ فَأَمَّا الْجَوَابُ عَنْ قَوْله تَعَالَى: {وَإِذَا كُنْتَ فِيهِمْ فَأَقَمْتَ لَهُمُ الصَّلاةَ} [النساء: ١٠٢] فَالْمُرَادُ بِهَا تَعْلِيمُ صَلَاةِ الْخَوْفِ، وَبَيَانُهَا عِنْدَ مُلَاقَاةِ الْعَدُوِّ، لِأَنَّ ذَلِكَ أَبْلَغُ فِي حِرَاسَتِهِمْ، لِأَنَّهُمْ لَوْ صَلَّوْا مُنْفَرِدِينَ اشْتَغَلَ كُلُّ وَاحِدٍ مِنْهُمْ بِنَفْسِهِ، فَلَمْ يُؤْمَنْ سَطْوَةُ الْعَدُوِّ بِهِمْ عِنْدَ انْتِهَازِ الْفُرْصَةِ مِنْهُمْ لِشُغْلِهِمْ، وَلَوْ أُمِرُوا أَنْ يُصَلُّوا مَعًا لَأَدَّى ذَلِكَ إِلَى الظَّفَرِ بِهِمْ وَأَمَرَ اللَّهُ تَعَالَى نَبِيَّهُ – صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم َ – أَنْ يَفْتَرِقُوا فَرِيقَيْنِ فَيُصَلِّيَ بِفَرِيقٍ وَيَحْرُسَهُمْ فَرِيقٌ فَلَمْ يَكُنْ فِي الْآيَةِ دَلِيلٌ عَلَى وُجُوبِ الْجَمَاعَةِ وَأَمَّا الْجَوَابُ عَنْ قَوْلِهِ – صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم َ -: ” ثُمَّ أُخَالِفَ عَلَى رِجَالٍ لَمْ يَشْهَدُوا الصَّلَاةَ فَأُحَرِّقَ عَلَيْهِمْ بُيُوتَهُمْ ” هُوَ أَنَّ تَحْرِيقَ بُيُوتِهِمْ لِنِفَاقِهِمْ لَا لِتَخَلُّفِهِمْ عَنِ الْجَمَاعَةِ غَيْرَ أَنَّهُ اسْتَدَلَّ بِتَخَلُّفِهِمْ عَلَى نِفَاقِهِمْ وَالدَّلِيلُ عَلَى أَنَّ الْوَعِيدَ لِأَجْلِ النِّفَاقِ لَا لِأَجْلِ التَّخَلُّفِ عَنِ الْجَمَاعَةِ شَيْئَانِ: أَحَدُهُمَا: أَنَّهُ لَا يَجُوزُ حَرْقُ الدُّورِ، وَنَهْبُ الْأَمْوَالِ بِالتَّخَلُّفِ عَنِ الْجَمَاعَةِ وَالْإِجْمَاعِ والثاني: قوله – صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم َ – فِي الْخَبَرِ: ” ثُمَّ أُخَالِفُ إِلَى رِجَالٍ لَمْ يَشْهَدُوا الصَّلَاةَ ” وَلَا خِلَافَ أَنَّ مَنْ لَمْ يَشْهَدِ الصَّلَاةَ بِنَفْسِهِ وَأَدَّاهَا جَمَاعَةً فِي مَنْزِلِهِ قد أدى أنه فَرْضَهُ مِنْ غَيْرِ إِثْمٍ وَلَا مَعْصِيَةٍ وَأَمَّا الْجَوَابُ عَنْ قَوْلِهِ – صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم َ -: ” مَنْ سَمِعَ النِّدَاءَ فَلَمْ يَأْتِهِ فَلَا صَلَاةَ لَهُ إِلَّا مِنْ عُذْرٍ ” فَالْمُرَادُ بِهِ نِدَاءُ الْجُمُعَةِ الَّذِي قَالَ اللَّهُ تَعَالَى: {يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا نُودِيَ لِلصَّلاةِ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا إِلَى ذِكْرِ اللَّهِ} [الجمعة: ٩] وَأَمَّا الْجَوَابُ عَنْ حَدِيثِ عِتْبَانَ بْنِ مَالِكٍ: فَيُحْمَلُ عَلَى أَحَدِ أَمْرَيْنِ: إِمَّا عَلَى صَلَاةِ الْجُمُعَةِ، أَوْ عَلَى أَنَّهُ سَأَلَهُ عَنِ الْأَفْضَلِ وَالْأَكْمَلِ بِدَلِيلِ إِجْمَاعِنَا أَنَّ الضَّرِيرَ مَعْذُورٌ بِالتَّخَلُّفِ عَنْهَا وَأَمَّا الْجَوَابُ عَنْ قَوْلِهِ – صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم َ -: ” بيْننا وَبَيْنَ الْمُنَافِقِينَ أَنْ لَا يحضُروا الْمَغْرِبَ وَعِشَاءَ الْآخِرَةِ ” فَجَوَابَانِ: أَحَدُهُمَا: أَنَّهُ قَصَدَ بِهِ طَائِفَةً مِنَ الْمُنَافِقِينَ مَعْرُوفِينَ كَعَبْدِ اللَّهِ بْنِ أُبَيِّ ابْنِ سَلُولٍ وَأَصْحَابِهِ لِتَخْصِيصِ الْمَغْرِبِ وَالْعِشَاءِ مَعَ اسْتِوَاءِ حُكْمِ الْجَمَاعَةِ فِي كُلِّ الصَّلَوَاتِ وَالثَّانِي: أَنَّهُ أَخْرَجَ ذَلِكَ عَلَى جِهَةِ الْحَثِّ والترغيب كقوله – صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم َ -: ” بَشِّرِ الْمَشَّائِينَ فِي الظُّلَمِ إِلَى الْمَسَاجِدِ بِالنُّورِ التَّامِّ يَوْمَ الْقِيَامَةِ ” فَكَذَا الْجَوَابُ عَنْ قَوْلِهِ – صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم َ -: ” لَوْ صَلَّيْتُمْ فِي بُيُوتِكُمْ لَضَلَلْتُمْ ” كَالْجَوَابِ عَنِ الْخَبَرِ الْمُتَقَدِّمِ فَأَمَّا الْجَوَابُ عَنْ قَوْلِ عَلِيٍّ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ: ” لَا صَلَاةَ لِجَارِ الْمَسْجِدِ إِلَّا فِي الْمَسْجِدِ ” فَمَحْمُولٌ عَلَى أَحَدِ أَمْرَيْنِ إِمَّا عَلَى نَفْيِ الْكَمَالِ، أَوْ عَلَى أَنَّهُ لَا صَلَاةَ فِي بَيْتِهِ بِصَلَاةِ الْإِمَامِ فِي مَسْجِدِهِ وَأَمَّا الْجَوَابُ عَنْ خَبَرِ ابْنِ مَسْعُودٍ فَمَقْصُودُهُ بِهِ التَّنْبِيهُ عَلَى فَضْلِ الْجَمَاعَةِ، وَتَحَمُّلِ الْمَشَقَّةِ لَهَا، وَلَيْسَ فِيهِ دَلِيلٌ عَلَى وُجُوبِهَا وَأَمَّا قِيَاسُهُمْ عَلَى الْجُمُعَةِ فَالْمُخَالِفُ يُبْطِلُ الْقِيَاسَ عَلَى أَنَّ الْمَعْنَى فِي الْجُمُعَةِ أَنَّ الْجَمَاعَةَ إِنَّمَا وَجَبَتْ لَهَا؛ لِأَنَّ الْجَمَاعَةَ مِنْ شَرْطِ صِحَّتِهَا، وَلَمَّا لَمْ تَكُنِ الْجَمَاعَةُ مِنْ شَرْطِ سَائِرِ الصَّلَوَاتِ لَمْ تَكُنِ الْجَمَاعَةُ وَاجِبَةً لَهَا فَإِذَا تَقَرَّرَ مَا ذَكَرْنَا أَنَّ الْجَمَاعَةَ لَيْسَتْ فَرْضًا عَلَى الْأَعْيَانِ فَقَدْ ذَكَرْنَا فِيهِمَا وَجْهَيْنِ: أَحَدُهُمَا: هُوَ قَوْلُ أَبِي عَلِيِّ بْنِ أَبِي هُرَيْرَةَ، وَجَمَاعَةٍ مِنْ أَصْحَابِنَا أَنَّهَا سُنَّةٌ، وَدَلِيلُنَا مَا تَقَدَّمَ، فَعَلَى هَذَا لَوْ أَطْبَقَ أَهْلُ بَلَدٍ، أَوْ قَرْيَةٍ عَلَى تَرْكِ الْجَمَاعَةِ فَقَدْ أساؤا بِتَرْكِهَا، وَلَمْ يَأْثَمُوا وَيُؤْمَرُوا بِهَا، وَيُؤَاخَذُوا عَلَى تَرْكِهَا وَالْوَجْهُ الثَّانِي: وَهُوَ قَوْلُ أَبِي الْعَبَّاسِ بْنِ سُرَيْجٍ، وَأَبِي إِسْحَاقَ الْمَرْوَزِيِّ، وَغَيْرِهِمَا أَنَّهَا فَرْضٌ عَلَى الْكِفَايَةِ وَدَلِيلُنَا مَا رَوَاهُ أَبُو الدَّرْدَاءِ أَنَّ النَّبِيَّ – صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم َ – قَالَ: ” مَا مِن ثَلَاثَةٍ فِي قَرْيَةٍ لَمْ تُقَمْ فِيهِمُ الصَّلَاةُ إِلَّا اسْتَحْوَذَ عَلَيْهِمُ الشَّيْطَانُ، عليكم بالجماعة وإن الذثب يَأْخُذُ الْقَاصِيَةَ ” فَعَلَى هَذَا إِنْ أَجْمَعَ أَهْلُ بَلَدٍ عَلَى تَرْكِهَا فَقَدْ عَصَوْا وَأَثِمُوا بِقُعُودِهِمْ عَنْهَا، وَوَجَبَ عَلَى السُّلْطَانِ قِتَالُهُمْ عَلَى تَرْكِهَا وَإِنْ قَامَ بِفِعْلِهَا مَنْ تَقَعُ بِهِ الْكِفَايَةُ مِنْهُمْ وَانْتَشَرَ ظُهُورُهَا بَيْنَهُمْ سَقَطَ فَرْضُ الْجَمَاعَةِ عَنْهُمْ، فَإِذَا كَانَتْ قَرْيَةً صَغِيرَةً، وَأُقِيمَتِ الْجَمَاعَةُ فِي مَسْجِدٍ وَاحِدٍ فَانْتَشَرَتْ وَظَهَرَتْ سَقَطَ الْفَرْضُ، وَكَانَ لِبَاقِي أَهْلِهَا أَنْ يُصَلُّوا مُنْفَرِدِينَ وَإِنْ كَانَ الْبَلَدُ وَاسِعًا لَمْ يَسْقُطِ الْفَرْضُ بِإِقَامَتِهَا فِي مَسْجِدٍ وَاحِدٍ، وَلَا بِإِقَامَتِهَا فِي الْمَنَازِلِ وَالْبُيُوتِ لِعَدَمِ ظُهُورِهَا، وَانْتِشَارِهَا، حَتَّى تُقَامَ فِي عِدَّةِ مَسَاجِدَ تَظْهَرُ بِهَا الْجَمَاعَةُ وَتَنْتَشِرُ فَيَسْقُطُ الْفَرْضُ عَنِ الْبَاقِينَ وَيَجُوزُ أَنْ يُصَلُّوا مُنْفَرِدِينَ

Diriwayatkan bahwa Rasulullah ﷺ pernah melihat seorang laki-laki masuk masjid setelah orang-orang selesai melaksanakan salat, lalu beliau bersabda: “Siapa yang mau bersedekah kepada orang ini dengan salat bersamanya?” Seandainya salat berjemaah itu wajib, niscaya beliau akan mengingkari keterlambatannya, melarang perbuatannya, dan tidak akan menyebut salat bersamanya sebagai sedekah. Hal ini juga karena salat dapat dilakukan secara berjemaah maupun sendirian, sehingga tidak wajibnya berjemaah dapat dianalogikan dengan salat sunnah.
Adapun jawaban terhadap firman Allah Ta’ala:
“Dan apabila kamu berada di tengah-tengah mereka lalu kamu hendak mendirikan salat bersama mereka…” (QS. An-Nisa: 102), ayat ini bermakna mengajarkan salat khauf (salat saat ketakutan) dan menjelaskan tata caranya saat menghadapi musuh, karena hal ini lebih efektif dalam menjaga keamanan mereka. Sebab, jika mereka salat sendiri-sendiri, masing-masing akan sibuk menjaga dirinya, sehingga mereka tidak aman dari serangan musuh yang memanfaatkan kesempatan tersebut. Jika mereka diperintahkan untuk salat bersama secara serentak, maka hal itu justru akan menyebabkan musuh mengalahkan mereka. Maka Allah memerintahkan Nabi-Nya ﷺ untuk membagi mereka menjadi dua kelompok, satu kelompok salat bersama beliau, sementara kelompok lainnya berjaga. Oleh karena itu, ayat ini tidak menunjukkan kewajiban salat berjemaah.
Adapun jawaban terhadap sabda Nabi ﷺ:
“Kemudian aku ingin mendatangi orang-orang yang tidak menghadiri salat, lalu aku bakar rumah-rumah mereka.” Jawabannya adalah, tindakan membakar rumah mereka karena sifat munafik mereka, bukan semata-mata karena mereka tidak menghadiri salat berjemaah. Namun, ketidakhadiran mereka dijadikan bukti atas kemunafikan mereka. Bukti bahwa ancaman ini disebabkan kemunafikan, bukan semata-mata karena meninggalkan berjemaah, adalah:

Tidak diperbolehkan membakar rumah atau merampas harta hanya karena meninggalkan salat berjemaah, berdasarkan ijmak (kesepakatan ulama).

Sabda beliau ﷺ: “Kemudian aku ingin mendatangi orang-orang yang tidak menghadiri salat.” Tidak ada perbedaan pendapat bahwa siapa saja yang tidak menghadiri salat berjemaah di masjid namun melaksanakannya di rumahnya bersama keluarga secara berjemaah telah melaksanakan kewajibannya tanpa dosa atau maksiat.

Adapun jawaban terhadap sabda Nabi ﷺ:
“Barang siapa mendengar azan namun tidak mendatanginya, maka tidak ada salat baginya kecuali ada uzur.” Maksudnya adalah azan untuk salat Jumat, sebagaimana firman Allah Ta’ala:
“Wahai orang-orang yang beriman! Apabila diseru untuk melaksanakan salat pada hari Jumat, maka bersegeralah mengingat Allah…” (QS. Al-Jumu’ah: 9).
Adapun jawaban terhadap hadis ‘Itban bin Malik adalah salah satu dari dua kemungkinan:

Dimaksudkan untuk salat Jumat.

Dimaksudkan sebagai anjuran untuk memilih yang lebih utama dan sempurna. Hal ini ditunjukkan dengan ijmak kita bahwa orang buta diberi uzur untuk tidak menghadiri salat berjemaah.

Adapun jawaban terhadap sabda Nabi ﷺ:
“Di antara tanda kemunafikan adalah tidak menghadiri salat Magrib dan Isya berjemaah,” terdapat dua jawaban:

Sabda ini ditujukan kepada kelompok tertentu dari kalangan munafik yang dikenal, seperti Abdullah bin Ubay bin Salul dan para pengikutnya, karena dikhususkan pada salat Magrib dan Isya, padahal hukum salat berjemaah sama untuk semua salat.

Sabda ini dimaksudkan sebagai dorongan dan motivasi, sebagaimana sabda beliau ﷺ: “Berilah kabar gembira kepada orang-orang yang berjalan dalam kegelapan menuju masjid bahwa mereka akan mendapatkan cahaya sempurna pada hari kiamat.”

Demikian juga jawaban terhadap sabda Nabi ﷺ:
“Jika kalian salat di rumah-rumah kalian, niscaya kalian akan tersesat.” Hal ini serupa dengan jawaban terhadap hadis sebelumnya.
Adapun jawaban terhadap ucapan Ali radhiyallahu ‘anhu:
“Tidak ada salat bagi tetangga masjid kecuali di masjid,” maknanya adalah salah satu dari dua kemungkinan:

Penafian kesempurnaan (yakni salatnya tidak sempurna jika tidak di masjid).

Salat di rumahnya tidak dianggap berjemaah bersama imam di masjid. Adapun jawaban terhadap riwayat Ibnu Mas’ud, tujuannya adalah untuk menekankan keutamaan berjemaah dan anjuran menanggung kesulitan demi melaksanakannya. Riwayat ini tidak menunjukkan kewajiban salat berjemaah.

Adapun analogi dengan salat Jumat tidaklah sah, karena salat Jumat diwajibkan berjemaah karena berjemaah adalah syarat sahnya. Sementara itu, berjemaah bukanlah syarat sah salat lainnya, sehingga tidak wajib berjemaah dalam salat tersebut.
Berdasarkan hal ini, disimpulkan bahwa salat berjemaah tidak wajib bagi setiap individu. Dalam masalah ini terdapat dua pendapat:

Menurut Abu Ali bin Abi Hurairah dan sebagian ulama mazhab kami, salat berjemaah adalah sunnah. Pendapat ini didukung oleh dalil-dalil yang telah disebutkan sebelumnya. Jika penduduk suatu wilayah atau desa sepakat meninggalkan salat berjemaah, mereka berdosa karena meninggalkannya, tetapi tidak terkena hukuman. Mereka hanya diperintahkan melaksanakannya dan diingatkan atas kelalaian mereka.

Menurut Abu Abbas bin Suraij, Abu Ishaq al-Marwazi, dan lainnya, salat berjemaah adalah fardhu kifayah. Dalilnya adalah hadis Abu Darda bahwa Nabi ﷺ bersabda:
“Tidak ada tiga orang di suatu kampung yang tidak mendirikan salat berjemaah, kecuali setan menguasai mereka. Maka hendaklah kalian berjemaah, karena serigala hanya memakan domba yang terpisah.”

Jika seluruh penduduk suatu wilayah meninggalkan salat berjemaah, maka mereka berdosa dan harus diperangi oleh penguasa atas kelalaian mereka. Namun, jika sebagian dari mereka melaksanakannya sehingga sudah cukup untuk memenuhi kewajiban, maka kewajiban tersebut gugur bagi yang lain.
Jika wilayah itu kecil dan salat berjemaah dilakukan di satu masjid sehingga terlihat dan diketahui, maka kewajiban gugur, dan sisanya boleh salat sendirian. Namun, jika wilayahnya luas, kewajiban tidak gugur dengan pelaksanaan di satu masjid atau di rumah, karena tidak tampaknya pelaksanaan berjemaah. Oleh karena itu, harus ada pelaksanaan di beberapa masjid sampai terlihat dan tersebar, sehingga kewajiban tersebut gugur bagi yang lain.

[(مسألة)] : قال الشافعي رضي الله عنه: ” وَإِنْ جَمَعَ فِي بَيْتِهِ أَوْ مَسْجِدٍ وَإِنْ صَغُرَ أَجْزَأَ عَنْهُ وَالْمَسْجِدُ الْأَعْظَمُ، وَحَيْثُ كَثُرَتِ الْجَمَاعَاتُ أَحَبُّ إِلَيَّ مِنْهُ ” قَالَ الْمَاوَرْدِيُّ: أَمَّا أَقَلُّ الْعَدَدِ الَّذِي يُدْرَكُ بِهِ الْجَمَاعَةُ فَهُوَ اثْنَانِ يَأْتَمُّ أَحَدُهُمَا بِالْآخَرِ فَيُدْرِكَانِ فَضِيلَةَ الْجَمَاعَةِ لِقَوْلِ النَّبِيِّ – صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم َ -: ” الِاثْنَانِ فَمَا فَوْقَهُمَا جَمَاعَةٌ ” وَإِذَا تَقَرَّرَ هَذَا فَالْجَمَاعَةُ فِي الْمَسْجِدِ الْأَعْظَمِ وَحَيْثُ كَثُرَتِ الْجَمَاعَةُ أَوْلَى وَأَفْضَلُ مِنْهَا فِي الْجَمْعِ الْيَسِيرِ وَالْجَمَاعَةُ الْيَسِيرَةُ فِي الْمَسْجِدِ أَفْضَلُ مِنْهَا فِي الْمَنْزِلِ فَأَمَّا الدَّلَالَةُ عَلَى أَنَّهَا فِي الْجَمْعِ الْكَثِيرِ أَفْضَلُ مَا رَوَاهُ أُبَيُّ بْنُ كَعْبٍ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ – صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم َ – قَالَ: ” صَلَاةُ الرَّجُلَيْنِ أَزْكَى مِنْ صَلَاتِهِ مُنْفَرِدًا وَصَلَاةُ الرَّجُلِ مَعَ الرَّجُلَيْنِ أَوْلَى مِنْ صَلَاتِهِ مَعَ الْوَاحِدِ كُلَّمَا كَثُرَ كَانَ أَحَبَّ إِلَى اللَّهِ تَعَالَى ” وَأَمَّا الدَّلَالَةُ عَلَى أَنَّهَا فِي الْمَسْجِدِ أَفْضَلُ مِنْهَا فِي الْمَنْزِلِ مَا رَوَى عُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ: جَاءَ جِبْرِيلُ إِلَى النَّبِيِّ – صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم َ – فَقَالَ بَشِّرِ الْمَشَّائِينَ فِي الظُّلَمِ إِلَى الْمَسَاجِدِ بِنُورٍ تَامٍّ فِي الْقِيَامَةِ ” وَرُوِيَ عَنِ النَّبِيِّ – صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم َ – قَالَ: ” يُكْتَبُ لَهُ بِكُلِّ خُطْوَةٍ حَسَنَةٌ ” وَأَمَّا إذا لم يكن في المسجد قَبِيلَتِهِ، أَوْ مَحَلَّتِهِ مَنْ يُقِيمُ بِالْجَمَاعَةِ الْيَسِيرَةِ غَيْرُهُ وَكَانَ فِي ذَهَابِهِ إِلَى الْمَسْجِدِ الْأَعْظَمِ، وَالْجَمْعِ الْأَكْبَرِ تَعْطِيلٌ لِجَمْعِ مَسْجِدِهِ الْيَسِيرِ، فَصَلَاتُهُ فِي مَسْجِدِهِ وَجَمْعِهِ الْيَسِيرِ فِيهِ أَفْضَلُ مِنْ صَلَاتِهِ فِي الْجَمْعِ الْكَثِيرِ فِي الْمَسْجِدِ الْأَعْظَمِ، لِمَا فِي ذَلِكَ مِنْ قُوَّةِ ظُهُورِهَا، وَكَثْرَةِ انتشارها، أو عمارة الْمَسَاجِدِ بِإِقَامَتِهَا

(Masalah): Imam Syafi’i ra. berkata: “Jika seseorang mengadakan shalat berjamaah di rumahnya atau di masjid, meskipun masjid itu kecil, hal tersebut sudah cukup baginya. Namun, masjid yang lebih besar lebih utama. Shalat berjamaah di tempat yang jumlah jamaahnya lebih banyak lebih aku sukai.”

Al-Mawardi menjelaskan: Adapun jumlah minimal yang dapat dianggap sebagai jamaah adalah dua orang. Salah satu dari mereka menjadi makmum kepada yang lain, maka keduanya akan mendapatkan keutamaan berjamaah. Hal ini berdasarkan sabda Nabi saw.: “Dua orang atau lebih dianggap sebagai jamaah.”

Jika ini sudah dipahami, maka shalat berjamaah di masjid yang lebih besar dengan jamaah yang lebih banyak lebih utama dan lebih baik dibandingkan berjamaah dengan jumlah sedikit. Namun, berjamaah dengan jumlah sedikit di masjid tetap lebih baik dibandingkan melakukannya di rumah.

Adapun dalil yang menunjukkan bahwa berjamaah dengan jumlah besar lebih utama adalah hadis yang diriwayatkan dari Ubay bin Ka’ab, bahwa Rasulullah saw. bersabda:
“Shalat dua orang lebih baik daripada shalat sendirian, dan shalat seseorang bersama dua orang lebih utama daripada bersama satu orang. Semakin banyak jumlah jamaah, maka itu lebih dicintai oleh Allah Ta’ala.”

Sedangkan dalil yang menunjukkan bahwa shalat berjamaah di masjid lebih utama daripada di rumah adalah hadis yang diriwayatkan dari Umar bin Khattab ra., bahwa Jibril datang kepada Nabi saw. dan berkata:
“Berilah kabar gembira kepada orang-orang yang berjalan dalam kegelapan menuju masjid dengan cahaya sempurna pada hari kiamat.”

Diriwayatkan pula dari Nabi saw. bahwa beliau bersabda:
“Setiap langkahnya akan dicatat sebagai kebaikan.”

Namun, jika di masjid lingkungan atau kampungnya tidak ada orang lain yang melaksanakan shalat berjamaah selain dirinya, sedangkan jika ia pergi ke masjid yang lebih besar dan dengan jamaah yang lebih banyak akan menyebabkan tidak terlaksananya jamaah di masjid kecil di lingkungannya, maka shalatnya di masjid kecil tersebut lebih utama daripada di masjid besar dengan jamaah yang banyak. Hal ini karena shalatnya di masjid kecil itu mendukung kehadiran shalat berjamaah, meningkatkan penyebarannya, serta memakmurkan masjid dengan pelaksanaan shalat di dalamnya.Wallahu A’lam bish-shawab

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Slot77 Daun77 akurat77 https://itgid.org/public/4d/ https://itgid.org/public/scatter/ slot77 slot online Demo Slot Pg https://aekbilah.tapselkab.go.id/aseng/ Slot Online Gacor https://aekbilah.tapselkab.go.id/dior/ https://www.uobam.co.id/public/assets/ Toto 4D https://wiki.clovia.com/ Slot Gacor Gampang Maxwin Slot77 Daun77 Daun77 slot thailand Daun77 slot77 4d Usutoto situs slot gacor Usutoto Usutoto slot toto slot Daun77 Daun77 Daun77 Akurat77 Akurat77 Akurat77 Akurat77 MBAK4D MBAK4D DWV99 DWV138 DWVGAMING METTA4D MBAK4D MBAK4D MBAK4D METTA4D DWV99 DWV99 MBAK4D MBAK4D MBAK4D SLOT RAFFI AHMAD METTA4D https://aekbilah.tapselkab.go.id/toto4d/ https://aekbilah.tapselkab.go.id/spaceman/ METTA4D METTA4D METTA4D demo slot MBAK4D METTA4D MINI1221 https://www.concept2.cz/ https://berlindonerkebab.ca/ togel malaysia sabung ayam online tototogel slot88 MBAK4D MBAK4D DWV138 METTA4D