Syarat Sah Azan: Waktu, Niat, dan Ketentuan Khusus Azan Subuh, untuk sholat dan puasa.
Assalamualaikum
Deskripsi Masalah/Latar Belakang:
Waktu sahur merupakan salah satu momen penting dalam pelaksanaan ibadah puasa, di mana umat Islam dianjurkan untuk makan dan minum sebelum datangnya waktu fajar sebagai persiapan untuk menjalankan ibadah puasa. Penanda masuknya waktu Subuh, yang juga menandai berakhirnya waktu sahur, umumnya adalah adzan Subuh. Namun, dalam praktiknya, sering terjadi perbedaan waktu antara masjid satu dengan masjid lainnya dalam mengumandangkan adzan.
Permasalahan muncul ketika seseorang yang sedang makan sahur mendengar adzan Subuh dari masjid di wilayah tetangga, sedangkan masjid di dekat rumahnya masih melantunkan sholawat (الصلاة والسلام عليك) atau belum mengumandangkan adzan. Hal ini memicu kebingungan:
Pertanyaan: Apakah adzan yang pertama kali terdengar sudah menandakan waktu Subuh dan mengharuskan orang tersebut untuk segera menghentikan makan dan minumnya, ataukah ia masih boleh melanjutkan sahur hingga masjid terdekat mengumandangkan adzan?
Masalah ini menjadi penting untuk dibahas karena berkaitan langsung dengan sah atau tidaknya puasa seseorang, serta memerlukan pemahaman yang tepat mengenai batas waktu sahur yang ditentukan oleh syariat. Mohon jawaban / penjelasan berikut dengan dalilnya.
Waalaikum salam
Jawaban: Untuk mengetahui adzan sebagai tanda masuknya waktu shalat Subuh sekaligus menandakan larangan makan dan minum bagi orang yang berpuasa, maka hendaknya melihat terbitnya fajar terlebih dahulu. Dalam syariat terdapat dua fajar, yaitu:
1. Fajar Kadzib (fajar yang salah) – waktu fajar ini muncul lebih dulu dan tidak menghalalkan shalat atau mengharamkan makan. Biasanya adzan pertama dilantunkan saat fajar kadzib untuk memberi peringatan, namun tidak mengharuskan seseorang untuk berhenti makan sahur.
2. Fajar Shadiq (fajar yang benar) – masuknya waktu Subuh, di mana adzan kedua menandakan dimulainya waktu shalat Subuh dan mengharamkan makan dan minum bagi orang yang berpuasa.
Jika adzan yang terdengar adalah adzan pertama (Fajar Kadzib), maka orang yang masih makan sahur tetap diperbolehkan melanjutkan makan meskipun masjid di wilayah tetangga sudah mengumandangkan adzan. Namun, jika yang terdengar adalah adzan kedua (Fajar Shadiq), yang menandakan masuknya waktu sholat Subuh, maka tidak diperbolehkan lagi makan sahur.
Dalil Hadits: Dari Jabir radhiyallahu ‘anhu, ia berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Fajar itu ada dua: adapun fajar yang muncul seperti ekor serigala (fajar kadzib), maka ia tidak menghalalkan shalat dan tidak mengharamkan makanan. Sedangkan fajar yang menjalar di ufuk (fajar shadiq), maka ia menghalalkan shalat dan mengharamkan makanan.” (HR. Muslim)
Adapun untuk penjelasan lebih lanjut, kitab “الفجر فجران” karya Adnan Al-Ar’ur menjelaskan bahwa waktu antara fajar kadzib dan fajar shadiq berkisar antara 1 hingga 25 menit, bergantung pada musim. Oleh karena itu, disyariatkan adanya dua adzan: pertama sebagai peringatan dan kedua sebagai tanda masuknya waktu Subuh.
Kesimpulan: Jika adzan yang terdengar adalah adzan pertama (fajar kadzib), orang yang sedang makan sahur masih diperbolehkan melanjutkan makan. Namun, jika sudah terdengar adzan kedua (fajar shadiq), maka saat itu waktu Subuh telah masuk, dan makan sahur tidak diperbolehkan lagi.
Semoga penjelasan ini bermanfaat dan memberikan pemahaman yang lebih jelas tentang hukum mendengar adzan Subuh saat sahur.
Referensi:
المكتبة الشاملة كتاب الفجر فجران
[عدنان العرعور]
مسائل فقهية ص٢
فهرس الكتاب المسألة الأولى: الأكل والشرب حتى بعد طلوع الفجر الصادق
– وعن جابر رضي الله عنه قال: قال رسول الله – صلى الله عليه وسلم -: ((الفجر فجران؛ فأما الفجر الذي يكون كذنب السرحان، وهو الكاذب فلا يُحِل الصلاة ولا يُحرم الطعام، وأما الفجر الذي يذهب مستطيلاً في الأفق، وهو الفجر الصادق فإنه يُحل الصلاة ويُحرم الطعام)) (١).
وبهذا يُعلم أن الفجر فجران: فجر كاذب يطلع أولاً، ويظهر نوره على شكل ذنب السرحان (الذئب) – أي: عموداً في الأفق ومن الأسفل دقيقا ومن الأعلى كبيراً عريضاً – وفجر صادق، يطلع بعد الفجر الكاذب، ويكون موازياً للأفق .. وزمن ما بينهما من ١ – ٢٥ دقيقة تتفاوت حسب فصول السنة.
ولأجل هذا شُرع للفجر أذانان؛ الأول: مع الفجر الكاذب، وهو تنبيهي، ينبه على قرب طلوع الفجر الصادق، وغايته: أن يتعجل المتسحِّر، ويستيقظ النائم، ويرجع القائم، ويتجهز الناس للصلاة، وهذا الأذان لا يُحرم الطعام، ولا يُحل صلاة الفجر، ويسمى في بعض البلدان – خطأً – أذان الإمساك! إذ يلزمون الناس – غلواً – أن يمسكوا عن الطعام عند سماعة قبل الفجر الصادق، وهذا الأذان الأول هو الذي يقال فيه: (الصلاة خير من النوم).
والأذان الثاني: أذان الفجر الصادق، وهو الذي يُحرم الطعام للصائم، ويُبيح صلاة الفجر للمصلي، غير أن الشارع قد استثنى من ذلك حالة واحدة وهي: مَن كان يأكل وأذَّن المؤذِّن للفجر الصادق، فيباح له قضاء حاجته من الطعام على وجه العجلة … وذلك لقول النبي – صلى الله عليه وسلم -: ((إذا سمع أحدكم النداء، والإناء على يده، فلا يضعه، حتى يقضي حاجته منه)) (٢).
والمقصود بالأذان هاهنا: أذان الفجر الصادق لما يلي:
الأول: إباحة الرسول – صلى الله عليه وسلم – الطعام بعد الأذان الأول آذان الفجر الكاذب، ((فأما الفجر الذي يكون كذنب السرحان فلا يُحل الصلاة، ولا يُحرم الطعام))، وعلى هذا؛ فسواء كان الطعام على يده أو ليس عليها، فإنه يباح للصائم الأكل بعد الفجر الكاذب، ولذا؛ فلا معنى لحمل الحديث على الأذان الأول.
الثاني: قوله صلى الله عليه وسلم: ((إن بلالاً يؤذن بليل … ))، ومن المعلوم أن الطعام لم يحرم للصائم في الليل – بالكتاب والسنة والإجماع -.
(١) – صحيح الجامع [٤٢٧٨]
(٢) – صحيح الجامع [٦٠٧].
Kitab “الفجر فجران” (Adnan Al-Ar’ur)
Judul Bab: Masalah Pertama: Makan dan Minum Hingga Setelah Terbit Fajar Shadiq
Dari Jabir radhiyallahu ‘anhu, ia berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
“Fajar itu ada dua: adapun fajar yang muncul seperti ekor serigala (fajar kadzib), maka ia tidak menghalalkan shalat dan tidak mengharamkan makanan. Sedangkan fajar yang menjalar di ufuk (fajar shadiq), maka ia menghalalkan shalat dan mengharamkan makanan.” (1)
Dari sini diketahui bahwa fajar itu ada dua: fajar kadzib yang muncul lebih dahulu, cahayanya tampak seperti ekor serigala — yaitu memanjang di ufuk dengan bagian bawahnya kecil dan bagian atasnya lebih besar dan lebar. Fajar shadiq muncul setelah fajar kadzib dan cahayanya memanjang secara horizontal di ufuk. Waktu antara keduanya berkisar antara 1 hingga 25 menit, bergantung pada perbedaan musim sepanjang tahun.
Karena itulah, disyariatkan adanya dua adzan fajar:
1. Adzan pertama: Bertepatan dengan fajar kadzib, bersifat tanbihiy (peringatan). Tujuannya adalah untuk membangunkan orang yang tidur, memberi tahu orang yang makan sahur untuk menyelesaikannya, serta mempersiapkan orang-orang untuk shalat. Adzan ini tidak mengharamkan makanan bagi orang yang berpuasa dan tidak membolehkan shalat fajar. Di beberapa negara, adzan ini disebut —secara keliru— sebagai adzan imsak, yang membuat sebagian orang menahan makan lebih awal, padahal seharusnya tidak demikian. Adzan pertama inilah yang di dalamnya dikumandangkan kalimat: “Shalat lebih baik daripada tidur.”
2. Adzan kedua: Bertepatan dengan fajar shadiq. Adzan ini mengharamkan makan bagi orang yang berpuasa dan membolehkan shalat fajar. Namun, terdapat pengecualian bagi orang yang sedang makan ketika adzan fajar shadiq berkumandang. Ia diperbolehkan untuk menyelesaikan makannya dengan cepat. Hal ini berdasarkan sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam:
“Jika salah seorang di antara kalian mendengar adzan, sedangkan wadah (makanan/minuman) berada di tangannya, maka janganlah ia meletakkannya hingga ia menyelesaikan kebutuhannya darinya.” (2)
Yang dimaksud adzan di sini adalah adzan fajar shadiq, dengan alasan berikut:
1. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam membolehkan makan setelah adzan pertama (fajar kadzib). Sabda beliau: “Adapun fajar yang seperti ekor serigala, maka ia tidak menghalalkan shalat dan tidak mengharamkan makanan.” Dengan demikian, baik makanan itu berada di tangan seseorang atau tidak, maka diperbolehkan makan setelah fajar kadzib. Oleh karena itu, hadits tersebut tidak mungkin dimaknai dengan adzan pertama.
2. Sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam: “Sesungguhnya Bilal mengumandangkan adzan di waktu malam…” Telah diketahui bahwa di malam hari, makanan tidak diharamkan bagi orang yang berpuasa, berdasarkan Al-Qur’an, Sunnah, dan ijma’ ulama.
Referensi kitab tersebut adalah Hadits:
(1) Shahih Al-Jami’ [4278]
(2) Shahih Al-Jami’ [607]
إعانة الطالبين .ج ١ص ٢٢٨
(فصل فى الآذان والإقامة ) أى فى بيان حكمهما وشروطها وسننهما ( قوله هما لغة الإعلام ) فيه أن الآذان فقط لغة الإعلام قال تعالى وأذن فى الناس بالحج أى أعلمهم به واماالإقامة فهى لغة مصدر أقام أى حصل القيام فهما مختلفان لغة كما فى التحفة والنهاية والمغنى فكان الأولى أن يزيد وتحصيل القيام ويكون على التوزيع الأول والثانى للثانى ثم رأيت فى فتح الجواد مثل ماذكره الشارح فلعله تبعه فى ذلك ولكن الايراد باق ويكون عليهما…
( قوله وشرعا) معطوف على لغة وقوله ماعرف به من الألفاظ المشهورة وهى الله أكبر الله أكبر الخ وهى كماقال القاضى عياض كلمات جامعة لعقيدة الإيمان مشتملة على نوعيه العقلية السمعية فأولها فيه إثبات ذاته تعالى وماتستحقه من الكمال بقوله الله أكبر أى أعظم من كل شيئ ثم الشهادة بالوحدانية له بقوله أشهد أن لاإله إلا الله وبالرسالة لسيدنامحمد صلى الله عليه وسلم بقوله وأشهد أن محمدا رسول الله ثم الدعاء إلى الصلاة بقوله حى على الصلاة أى أقبلوا عليها ولاتكسلوا عنها فحى إسم فعل أمر بمعنى أقبلوا ثم الدعاء إلى الفلاح بقوله حى على الفلاح أى أقبلوا على سبب الفلاح وهو الفوز والظفر بالمقصود وسببه هو الصلاة فهو تأكيد لما قبله بعد تأكيد وتكرير بعد تكرير وفيه إشعار بأمور الآخرة من البعث والجزاء لتضمن الفلاح لذلك ثم كرر التكبير لمافيه من التعظيم له تعالى وختم بكلمة التوحيد لأن مدار الأمر عليه جعلنا الله وأحييتنا عند الموت ناطقين بها عالمين بمعناها وقوله فيهما أى الآذان والإقامة واعلم أنه اختلف في الاذان هل شرع للاعلام بدخول الوقت؟ أو شرع للاعلام بالصلاة المكتوبة؟ على قولين للامام الشافعي رضي الله عنه، والراجح الثاني، وأما الأول فهو مرجوح، وينبني على القولين أنه لا يؤذن للفائتة على المرجوح لان وقتها قد فات، ويؤذن لها على الراجح لان الاذان حق للصلاة لا للوقت.(قوله: والأصل فيهما) أي الدليل على مشروعية الأذان والإقامة. وقوله: الاجماع إلخ هكذا في التحفة.
والذي في النهاية والمغنى والأسنى الأصل فيهما قبل الاجماع، قوله تعالى: * (إذا نودي للصلاة من يوم الجمعة) * وقوله تعالى: * (وإذا ناديتم إلى الصلاة) * وما صح من قوله (ص): إذاأقيمت الصلاة فليؤذن لكم أحدكم. اه. وقوله: المسبوق صفة للاجماع. وقوله: برؤية عبد الله إلخ فإن قيل: رؤية المنام لا يثبت بها حكم. أجيب بأنه ليس مستندا لاذان الرؤيا فقط، بل وافقها نزول الوحي. فالحكم ثبت به لا بها. ويؤيده رواية عبد الرازق وأبي داود في المراسيل، من طريق عبيد بن عمير الليثي، أحد كبار التابعين، أن عمر لما رأى الاذان جاء ليخبر النبي (ص فوجد الوحي قد ورد بذلك، فما راعه إلا أذان بلال، فقال له النبي (ص): سبقك بذلك الوحي. (قوله: ليلة تشاوروا) الظرف متعلق برؤية، وواو الجماعة عائد على النبي (ص) ومن معه من الصحابة. وقوله: فيما يجمع الناس أي في الامر الذي يكون سببا لجمع الناس للصلاة. (قوله: وهي) أي رؤية الاذان من حيث هي، بقطع النظر عن كونها صدرت من عبد الله، وإلا لحصل ركة بقوله بعد عن عبد الله. (قوله: لما أمر النبي (ص)) أي بعد اتفاقهم عليه. وكتب ع ش ما نصه: قوله: لما أمر النبي (ص) إلخ. عبارة حجر تفيد عدم أمره (ص)، ويوافقه ما في سيرة الشامي حيث قال: اهتم (ص) كيف يجمع الناس للصلاة، فاستشار الناس فقيل: انصب راية. ولم يعجبه ذلك، فذكر له القنع – وهو البوق – فقال: هو من أمر اليهود.
فذكر له الناقوس فقال: هو من أمر النصارى. فقالوا: لو رفعنا نارا؟. فقال: ذاك للمجوس. فقال عمر: أو لا تبعثون رجلا ينادي بالصلاة؟ فقال (ص): يا بلال قم فناد بالصلاة. قال النووي: هذا النداء دعاء إلى الصلاة غيرالأذان، كأن شرع قبل الاذان. قال الحافظ ابن حجر: وكان الذي ينادي به بلال: الصلاة جامعة. اه. وهو كما ترى مشتمل على النهي عن الناقوس والامر بالذكر. اه. (قوله: بالناقوس) قال في المصباح: هو خشبة طويلة يضربها النصارى إعلاما للدخول في صلاتهم. (قوله: يعمل) أي يصنع. (قوله: ليضرب به للناس) عبارة غيره: ليضرب به الناس، بحذف لام الجر. وعليها يكون الناس فاعل يضرب، وعلى عبارة شارحنا يكون الفعل مبنيا للمجهول، وبه نائب فاعل، وللناس متعلق بالفعل. وقوله: لجمع الصلاة أي لاجتماع الناس لها. فالإضافة لأدنى ملابسة. والجار والمجرور إما بدل من الجار والمجرور قبله أو متعلق بالفعل، وتجعل اللام للتعليل، وبه يندفع ما يقال إنه يلزم عليه تعلق حرفي جر بمعنى واحد بعامل واحد. وهو لا يصح. وحاصل الدفع أن الحرفين ليسا بمعنى واحد، لان الثاني للتعليل والأول للتعدية.(قوله: طاف إلخ) جواب لما. وقوله: وأنا نائم الجملة حالية، وهي معترضة بين الفعل وفاعله وهو رجل. (قوله:فقال) أي الرجل لعبد الله. وقوله: وما تصنع به أي بالناقوس. (قوله: ثم استأخر) أي الرجل. (قوله: فقال) أي النبي (ص). وقوله: إنها أي رؤيتك يا عبد الله. وقوله: حق أي صادقة. وهو بالرفع صفة لرؤيا أو بالجر على أنه مضاف إليه ما قبله، وهي من إضافة الموصوف للصفة. (قوله: فألق عليه ما رأيت) أي لقنه ما رأيته منامك. (قوله فليؤذن به) أي فليؤذن بلال بما رأيت. وفي ع ش ما نصه: ذكر بعضهم في مناسبة اختصاصه – أي بلال – بالاذان دون غيره، كونه لما عذب ليرجع عن الاسلام فلم يرجع وجعل يقول: أحد أحد. جوزي بولاية الاذان المشتمل على التوحيد في ابتدائه وانتهائه. اه حواشي المواهب لشيخنا الشوبري. (قوله: فإنه) أي بلالا. وقوله: أندى صوتا منك أي أرفع وأعلى. وقيل: أحسن وأعذب. وقيل: أبعد. (قوله: فقمت مع بلال) أي فامتثلت أمر النبي (ص) إلخ، وقمت مع بلال.
وقوله: فجعلت ألقيه أي ما رأيته. وقوله: عليه أي على بلال. (قوله: فيؤذن) أي بلال.
Kitab I‘ânah Ath-Thâlibîn, Juz 1, Halaman 228
(Bab tentang Adzan dan Iqamah) – yaitu dalam penjelasan hukum, syarat, dan sunnah keduanya. (Perkataan: “keduanya secara bahasa berarti pemberitahuan”) — Di sini terdapat catatan bahwa secara bahasa, adzan saja yang berarti pemberitahuan. Allah Ta‘ala berfirman: “Dan berserulah kepada manusia untuk mengerjakan haji” (QS. Al-Hajj: 27), yakni beritahukanlah kepada mereka. Adapun iqamah, secara bahasa adalah bentuk mashdar dari aqaama yang berarti menegakkan atau mendirikan. Maka keduanya berbeda secara bahasa, sebagaimana disebutkan dalam kitab Tuhfah, Nihayah, dan Mughni. Oleh karena itu, lebih baik ditambahkan kata “dan mendirikan shalat” untuk membedakan keduanya. Kemudian, aku menemukan dalam kitab Fathul Jawad penjelasan yang sama dengan yang disampaikan oleh penulis. Barangkali, ia hanya mengikutinya dalam hal ini, tetapi kritik tersebut tetap ada.
(Perkataan: “dan secara syara‘”) — Ini dihubungkan dengan “secara bahasa”. (Perkataan: “adalah lafaz-lafaz yang sudah masyhur”) — yaitu “Allahu Akbar, Allahu Akbar” dan seterusnya. Menurut Qadhi Iyadh, lafaz-lafaz ini mencakup pokok-pokok aqidah iman, baik yang bersifat rasional (aqliyah) maupun yang bersifat pendengaran (sam’iyyah). Awalnya terdapat penegasan akan keberadaan Allah Ta‘ala dan kesempurnaan-Nya dengan kalimat “Allahu Akbar”, yang berarti “Allah Maha Besar dari segala sesuatu”. Kemudian, terdapat kesaksian tentang keesaan Allah dengan kalimat “Asyhadu an laa ilaaha illallah”, dan kesaksian tentang kerasulan Nabi Muhammad ﷺ dengan kalimat “Asyhadu anna Muhammadan Rasulullah”.
Kemudian, terdapat seruan untuk melaksanakan shalat dengan kalimat “Hayya ‘ala ash-shalaah”, yang berarti “Marilah melaksanakan shalat, jangan malas!”. Kata “Hayya” adalah fi’il amar yang berarti “datangilah atau hadirilah!”. Selanjutnya, ada seruan untuk meraih keberuntungan dengan kalimat “Hayya ‘ala al-falaah”, yang berarti “Datangilah sebab keberuntungan”, yakni kemenangan dalam mencapai tujuan yang puncaknya adalah shalat. Pengulangan takbir di akhir mengandung pengagungan terhadap Allah Ta‘ala, sedangkan penutupan dengan kalimat tauhid (Laa ilaaha illallah) karena seluruh amalan berpangkal padanya. Semoga Allah menjadikan kita termasuk orang yang mengucapkannya di akhir hayat dengan penuh kesadaran akan maknanya.
(Perkataan: “Dalam keduanya”) — yaitu adzan dan iqamah. Ketahuilah bahwa terdapat perbedaan pendapat tentang tujuan disyariatkannya adzan. Apakah untuk memberitahukan masuknya waktu shalat atau untuk memberitahukan adanya kewajiban shalat? Imam Syafi‘i memiliki dua pendapat dalam hal ini. Pendapat yang lebih kuat adalah bahwa adzan disyariatkan untuk memberitahukan adanya kewajiban shalat, bukan sekadar masuk waktu. Konsekuensinya, menurut pendapat yang lemah, adzan tidak disyariatkan untuk shalat yang terlewatkan waktunya (shalat qadha), sedangkan menurut pendapat yang kuat, adzan tetap disyariatkan karena adzan adalah hak shalat, bukan hak waktu.
(Perkataan: “Dan dasar dari keduanya”) — yaitu dalil yang menunjukkan disyariatkannya adzan dan iqamah. (Perkataan: “Ijma‘”) — seperti yang disebutkan dalam kitab Tuhfah. Sedangkan dalam kitab Nihayah, Mughni, dan Asna, dasar keduanya sebelum ijma‘ adalah firman Allah Ta‘ala: “Apabila diserukan adzan untuk shalat pada hari Jumat” (QS. Al-Jumu‘ah: 9) dan firman Allah Ta‘ala: “Dan apabila kalian menyeru untuk shalat” (QS. Al-Ma’idah: 58). Selain itu, terdapat hadits sahih yang menyatakan: “Apabila iqamah sudah dikumandangkan, maka hendaknya salah seorang dari kalian mengumandangkan adzan”.
(Perkataan: “Mimpi Abdullah”) — Jika ada yang bertanya, bukankah hukum tidak dapat ditetapkan hanya berdasarkan mimpi? Maka jawabannya adalah bahwa hukum adzan tidak hanya berdasarkan mimpi tersebut, tetapi mimpi tersebut sesuai dengan wahyu yang turun. Hal ini diperkuat dengan riwayat dari ‘Abdurrazzaq dan Abu Dawud dalam kitab Marasil, dari ‘Ubaid bin Umair Al-Laitsi, salah seorang tabi’in senior, bahwa ketika Umar melihat adzan dalam mimpinya dan hendak memberitahukan Nabi ﷺ, ternyata wahyu sudah turun terlebih dahulu mengenai hal tersebut.
(Perkataan: “Malam ketika mereka bermusyawarah”) — keterangan waktu ini terkait dengan peristiwa mimpi tersebut. (Perkataan: “Mereka bermusyawarah tentang cara mengumpulkan manusia untuk shalat”) — Nabi ﷺ dan para sahabat bermusyawarah tentang cara memanggil orang untuk shalat. Mereka mengusulkan bendera, tetapi Nabi ﷺ tidak menyukainya. Kemudian mereka mengusulkan terompet seperti Yahudi, tetapi Nabi ﷺ menolaknya. Lalu diusulkan lonceng seperti Nasrani, Nabi ﷺ pun menolaknya. Setelah itu, Umar mengusulkan: “Mengapa tidak ada seseorang yang memanggil manusia untuk shalat?” Maka Nabi ﷺ bersabda kepada Bilal: “Wahai Bilal, bangkitlah dan serulah shalat!”
Menurut Imam Nawawi, seruan pertama tersebut bukanlah adzan yang kita kenal sekarang, tetapi seruan umum untuk shalat. Ibnu Hajar menambahkan bahwa seruan tersebut adalah dengan kalimat “As-Shalaatu Jaami‘ah” (“Shalat akan dilaksanakan secara berjamaah”).
(Perkataan: “Lonceng”) — Menurut kitab Al-Mishbah, lonceng adalah kayu panjang yang dipukul oleh orang Nasrani untuk memberi tahu waktu shalat mereka.
(Perkataan: “Kemudian seseorang datang dalam mimpi”) — Abdullah bin Zaid melihat seorang laki-laki dalam mimpinya, yang mengajarkannya lafaz adzan. Nabi ﷺ kemudian bersabda: “Mimpi itu benar.” Dan beliau memerintahkan agar Bilal yang mengumandangkan adzan karena suaranya lebih nyaring dan merdu.
Inilah ringkasan dari penjelasan terkait adzan dan iqamah dalam kitab I‘ânah Ath-Thâlibîn.
Tapi salah satu syarat sahnya adzan adalah masuk waktu kyai, tentunya masjid sebelah melakukan adzan karena ada keyakinan masuknya waktu subuh.
*شرح المقدمة الحضرمية المسمى بشرى الكريم بشرح مسائل التعليم، ص ١٨٥*
`(وشرط) صحة (الأذان) -كالإقامة- دخول (الوقت) في الواقع وإن لم يظن دخوله؛ لأنهما للصلاة، ولا معنى لهما قبل طلبها، وفيه لبس قبله، ولهذا حرم قبله، فإن أمنه .. لم يحرم؛ لأنه ذكر.`
نعم؛ إن نوى به الأذان .. حرم؛ لأنه حينئذٍ تلبس بعبادة فاسدة، ويبقى جوازه ما بقي الوقت، لكن تنتهي مشروعيته بفعل الصلاة بالنسبة لمن صلاها (إلا) أذان (الصبح .. فيجوز بعد نصف الليل) كالدفع من مزدلفة، ولأن العرب تقول حينئذٍ: أنعم صباحاً؛ لخبر: “إن بلالاً يؤذن بليل، فكلوا واشربوا حتى يؤذن ابن أم مكتوم”.
(Syarat) sahnya (azan) — seperti iqamah — adalah masuknya (waktu) salat secara nyata, meskipun tidak disangka telah masuk waktunya. Hal ini karena azan dan iqamah berhubungan dengan salat, dan keduanya tidak memiliki makna sebelum waktu salat tiba. Selain itu, azan sebelum waktunya dapat menimbulkan kerancuan. Oleh karena itu, azan sebelum waktunya diharamkan. Jika aman dari kerancuan tersebut, maka tidak diharamkan karena pada dasarnya azan adalah zikir.
Namun, jika azan diniatkan sebagai ibadah (azan yang syar’i) sebelum waktunya, maka hukumnya haram. Sebab, pada saat itu ia telah melaksanakan ibadah yang rusak (tidak sah). Azan tetap diperbolehkan selama waktu salat masih ada, tetapi kemasru’annya (disyariatkan) berakhir dengan dilaksanakannya salat bagi orang yang telah menunaikannya, (kecuali) azan (subuh… maka diperbolehkan setelah tengah malam), sebagaimana diperbolehkan bertolak dari Muzdalifah setelah tengah malam. Hal ini karena bangsa Arab pada waktu itu biasa mengatakan, “An‘im shabāḥan” (selamat pagi). Hal ini berdasarkan hadis: “Sesungguhnya Bilal azan di malam hari, maka makan dan minumlah hingga azan Ibnu Ummi Maktum.
Catatan penting!!!!!
Untuk menjaga kehati-hatian maka sediakan jadwal waktu sholat lalu cocokkan dengan adzan ( jika masuk sesuai waktu setempat maka adzan)
Wallahu A’lam Bisshawab