
HUKUM ALIH FUNGSI WAKAF UANG MENJADI BARANG YANG BERBEDA DALAM SATU TUJUAN
Masjid adalah baitullah yang dibangun sebagai sarana untuk ibadah shalat baca al-Qur’an zikir dll, maka seseorang yang bergerak membangun dan mewakafkan sebagian hartanya untuk pembangunanan Masjid tiadalah balasan kecuali Allah akan bangunkan baginya rumah disurga.
Di suatu daerah pedesaan dibangun Masjid At-Taqwa yang mana diperkirakan oleh para panitia dan juga Nadzir ( pengelola wakaf ) pembangunannya tersebut akan menelan biasanya 900 juta, maka dalam upaya untuk menyelesaikan pembangunan tersebut panitia menggalang sumbangan dana dari masyarakat setempat yang diantara mereka ada yang mendonasikan ( menyumbang ) uang agar dibelikan keramik ada semen dll.
Pertanyaan
Bolehkah sumbangan uang untuk keramik masjid tersebut dirubah kepada semen mengingat semen dibutuhkan terlebih dahulu?
Waalaikum salam .
Jawaban
Pertama yang perlu dipahami adalah hukum Wakaf uang dalam hal ini ulama berbeda pandang dikalang madzhab syafi’ie.
๐ ฐ๏ธPendapat pertama menyatakan bahwa wakaf uang (waqf an-nuqud) secara mutlak tidak diperbolehkan.
ุงููุชุงูู ุงูููุฏูุฉุ ุจูุฑูุช-ุฏุงุฑ ุงูููุฑุ ุฌุ ูขุ ุต. ูฃูฆูข
ููุฃูู ููุง ูููููู ู ูุง ููุง ููููุชูููุนู ุจููู ุฅูููุง ุจูุงููุฅูุชูููุงูู ููุงูุฐููููุจู ููุงููููุถููุฉู ููุงููู ูุฃูููููู ููุงููู ูุดูุฑููุจู ููุบูููุฑู ุฌูุงุฆูุฒู ููู ูููููู ุนูุงู ููุฉู ุงููููููููุงุกู ุ ููุงููู ูุฑูุงุฏู ุจูุงูุฐููููุจู ููุงููููุถููุฉู ุงูุฏููุฑูุงููู ู ููุงูุฏููููุงูููุฑู ููู ูุง ููููุณู ุจูุญูููููู -ุงูุดูุฎ ูุธุงู ูุฌู ุงุนุฉ ู ู ุนูู ุงุก ุงูููุฏุ
โAdapun wakaf sesuatu yang tidak bisa diambil manfaatnya kecuali dengan melenyapkannya seperti emas, perak, makanan, dan minuman maka tidak boleh menurut mayoritas fuqaha. Yang dimaksud dengan emas dan perak adalah dinar dan dirham dan yang bukan dijadikan perhiasanโ. (Syaikh Nizham dan para ulama India, al-Fatawa al-Hindiyah, Bairut-Dar al-Fikr, tt, juz, 2, h. 362)
๐ ฑ๏ธ Pendapat kedua menyatakan bahwa wakaf uang diperbolehkan. Hal ini sebagaimana pandangan Ibnu Syihab az-Zuhri yang memperbolehkan wakaf dinar sebagaimana dikutip al-Bukhari.
ุฑุณุงูุฉ ูู ุฌูุงุฒ ููู ุงููููุฏุุงุจู ุณุนูุฏ ู ุญู ุฏ ุจู ู ุญู ุฏ ู ุตุทูู ุงูุนู ุงุฏู ุงูุฃููุฏู ุงูุญูููุ ุจูุฑูุช-ุฏุงุฑ ุงุจู ุญุฒู ุ ุงูุทุจุนุฉ ุงูุฃูููุ ูกูคูกูงูู/ูกูฉูฉูงู ุ ุต. ูขู -ูขูก)
ููููุฏู ููุณูุจู ุงูููููููู ุจูุตูุญููุฉู ูููููู ุงูุฏููููุงูููุฑู ุฅูููู ุฅุจููู ุดูููุงุจู ุงูุฒููููุฑูููู ูููู ูุง ูููููููู ุงููุฅูู ูุงู ู ู ูุญูู ููุฏู ุจููู ุฅูุณูู ูุงุนูููู ุงูุจูุฎูุงุฑูููู ููู ุตูุญููุญููู ุญูููุซู ููุงูู: ููุงูู ุงูุฒููููุฑูููู: ููููู ููู ุฌูุนููู ุฃููููู ุฏููููุงุฑู ููู ุณูุจูููู ุงูููู ููุฏูููุนูููุง ุฅูููู ุบูููุงู ู ูููู ุชูุงุฌูุฑู ููููุชููุฌูุฑู ููุฌูุนููู ุฑูุจูุญููู ุตูุฏูููุฉู ููููู ูุณูุงููููู ููุงููุฃูููุฑูุจูููู ูููููู ูููุฑููุฌููู ุงููู ููุฃููููู ู ููู ุฑูุจูุญู ุชููููู ุงููุฃููููู ููุงููู ููู ู ูููููู ุฌูุนููู ุฑูุจูุญูููุง ุตูุฏูููุฉู ููููู ูุณูุงููููู ููุงูู ููููุณู ูููู ุงููู ููุฃููููู ู ูููููุง-
โTelah dinisbatkan pendapat yang mensahkan wakaf dinar kepada Ibnu Syihab az-Zuhri dalam riwayat yang telah dikutip Imam Muhammad bin Ismaโil al-Bukhari dalam kitab Shahihnya. Ia berkata, Ibnu Syihab az-Zuhri berkata mengenai seseorang yang menjadikan seribu dinar di jalan Allah (mewakafkan). Ia pun memberikan uang tersebut kepada budak laki-lakinya yang menjadi pedagang. Maka si budak pun mengelola uang tersebut untuk berdagang dan menjadikan keuntungannya sebagai sedekah kepada orang-orang miskin dan kerabat dekatnya. Lantas, apakah lelaki tersebut boleh memakan dari keuntungan seribu dinar tersebut jika ia tidak menjadikan keuntungannya sebagai sedekah kepada orang-orang miksin? Ibnu Syihab az-Zuhri berkata, ia tidak boleh memakan keuntungan dari seribu dinar tersebutโ (Abu Suโud Muhammad bin Muhammad Mushthafa al-โImadi al-Afandi al-Hanafi, Risalah fi Jawazi Waqf an-Nuqud, Bairut-Dar Ibn Hazm, cet ke-1, 1417 H/1997 M, h. 20-21).
Adapun cara kebolehan uang tunai bisa diwakafkan adalah bahwa hendaknya uang ditempatkan selayaknya, ain atau barang yang bisa disewakan.
Khilaf ini, sebagaimana telah disinngung oleh Iman Abu Ishaq az-Zirazi dalam kitabnya ,
ุฅุฎุชูู ุฃุตุญุงุจูุง ูู ุงูุฏ ุฑุงููู ูุงูุฏูุงููุฑ ูุฅู ุฃุฌุงุฒ ุฅุฌุงุฑุชูุง ุฃุฌุงุฒ ููููุง ูู ู ูู ูุฌุฒ ุฅุฌุงุฑุชูุง ูู ูุฌุฒ ููููุง
Para Ash-Habus-Syafiโiy berbeda pendapat tentang dinar dan dirham, apabila keduanya bisa disewakan maka boleh dan sah diwakafkan, sebaliknya apabila keduanya tidak bisa disewakan maka tidak boleh dan tidak sah untuk diwakafkan. ( Abu Ishaq Az-Zirazi: Al-Muhadzzab fiy Fiqhil Imam As-Syafiโi Bairud : juz : 2: hal : 323)
Berdasar hal ini, maka uang ditempatkan posisinya layaknya perhiasan atau ( huliyyin ) yang bisa diambil manfaatnya untuk dijadikan hiasan sehingga Usulnya bisa ditahbis ( ditahan ).
Dengan demikian uang yang diwakafkan agar dibelikan keramik kemudian dialihkan ke semen atau yang lainnya sehingga menjadi bertahan dengan tujuan kemaslahatan yang kembali kepada Wakaf ( masjid ) maka hukumnya boleh . Ini berdasarkan sebuah kaidah :
ุงููุณุงุฆู ุญูู ุงูู ูุงุตุฏ
Pelantara/ media menjadi hukum sebagima tujuan.artinya kerena niatan dan tujuan wakif adalah wakaf untuk masjid.
ุฑูุถุฉ ุงูุทุงูุจูู ูุนู
ุฏุฉ ุงูู
ูุชูู ู (ุฌ ูฅ / ุต ูฃูฆูก)
ูุง ูุฌูุฒ ุชุบููุฑ ุงูููู ุนู ููุฆุชูุ ููุง ุชุฌุนู ุงูุฏุงุฑ ุจุณุชุงูุงุ ููุง ุญู
ุงู
ุงุ ููุง ุจุงูุนูุณุ ุฅูุง ุฅุฐุง ุฌุนู ุงููุงูู ุฅูู ุงููุงุธุฑ ู
ุง ูุฑู ููู ู
ุตูุญุฉ ูููููุ ููู ูุชุงูู ุงูููุงู : ุฃูู ูุฌูุฒ ุฃู ูุฌุนู ุญุงููุช ุงููุตุงุฑูู ููุฎุจุงุฒููุ ููุฃูู ุงุญุชู
ู ุชุบููุฑ ุงูููุน ุฏูู ุงูุฌูุณ.
ููุงูุฉ ุงูู
ุญุชุงุฌ ู (ุฌ ูฆ / ุต ูฃูฉูฆ)
ููุฃูู ุงูููู ุงูู
ูุงูุฃุฉ ูุง ูุณู
ุชู ููู ุฅูุฑุงุฒุง ููุง ุชุบููุฑู ูุฌุนู ุงูุจุณุชุงู ุฏุงุฑุง ูุนูุณู ู
ุง ูู
ูุดุฑุท ุงููุงูู ุงูุนู
ู ุจุงูู
ุตูุญุฉ ููุฌูุฒ ุชุบููุฑู ุจุญุณุจูุงุ ูุงู ุงูุณุจูู : ูุงูุฐู ุฃุฑุงู ุชุบููุฑู ูู ุบูุฑู ูููู ุจุซูุงุซุฉ ุดุฑูุท : ุฃู ูููู ูุณูุฑุง ูุง ูุบูุฑ ู
ุณู
ุงูุ ูุฃู ูุง ูุฒูู ุดูุฆุง ู
ู ุนููู ุจู ููููู ู
ู ุฌุงูุจ ุฅูู ุขุฎุฑุ ูุฃู ูููู ู
ุตูุญุฉ ููู.
ุญุงุดูุฉ ุงูููููุจู ู (ุฌ ูฃ / ุต ูกู ูจ)
ุชูุจูู : ูุง ูุฌูุฒ ุชุบููุฑ ุดุฆ ู
ู ุนูู ุงูููู ู ูู ูุงุฑูุน ู
ููุง ูุงู ุดุฑุท ุงููุงูู ุงูุนู
ู ุจุงูู
ุตูุญุฉ ุงุชุจุน ุดุฑุทูุ ู ูุงู ุงูุณุจูู ูุฌูุฒ ุชุบููุฑ ุงูููู ุจุดุฑูุท ุซูุงุซุฉ ุงู ูุง ูุบูุฑ ู
ุณู
ุงูุ ู ุงู ูููู ู
ุตูุญุฉ ูู ูุฒูุงุฏุฉ ุฑูุนูุ ู ุงู ูุง ุชุฒุงู ุนุจูู ููุง ูุถุฑ ููููุง ู
ู ุฌุงูุจ ุงูู ุงุฎุฑ .ูุงููู ุฃุนูู
ุจุงูุตูุงุจ .