KEUTAMAAN ANTARA SHALAT TARAWIH DIMASJID SECARA BERJAMAAH DAN SHALAT TARAWIH DIRUMAH

KEUTAMAAN ANTARA SHALAT TARAWIH DI MASJID SECARA BERJAMAAH DAN SHALAT TARAWIH DIRUMAH

Assalamualaikum. .

Deskripsi masalah.
Seseorang ingin melakukan shalat tarawih dimasjid/dimusholla namun setelah sampai dimasjid shalat tarawih sudah dimulai hingga separuh raakaat, andaikan shalat tarawih dilakukan dirumahnya maka rakaatnya shalat tarawih sempurna.

Pertanyaannya.

1 – Lebih utama yang mana antara sholat tarawih yang dilakukan sendirian dirumah dengan bilangan raka’at yang sempurna, dari pada shalat tarawih berjemaah dimasjid tapi tidak lengkap/tidak sempurna raka’atnya disebabkan mendapati imam telah melakukan separuh rakaat,( misalnya).

2- Lebih utama yang mana shalat tarawih yang dilakukan dirumah dengan Keluarga (Istri), dari pada shalat tarawih diMasjid/ Musholla.. .
Wassalamu’alaikum.

Waalaikum salam.

Jawaban No.1

Orang yang melakukan shalat tarawih sendirian dengan rakaat yang sempurna dibandingkan dengan berjamaah dimasjid walaupun mendapati imam telah mencapai separuh dari bilangan rakaat shalat tarawih maka tetap lebih utama berjamaah dari pada shalat sendirian.

Solusi kekurangan dari rakaat bersama Imam bisa dilakukan dengan shalat sendirian baik dimasjid ataupun dirumahnya.

Jawaban No.2

Lebih utama shalat tarawih berjamaah dimasjid dari pada shalat tarawih dirumah walaupun dengan cara berjamaah dengan keluarga ( isrtri) apalagi dilakukan secara sendiri kecuali karena hafal al-Qur’an maka boleh dan lebih utama dilakukan secara munfarid ( sholat sendirian) dirumahnya. Kenapa lebih utama shalat dimasjid bagi yang tidak hafal al-Qur’an? karena lebih banyak jamaahnya dalam berjamaah maka lebih utama pula keutamaannya dari pada shalat dirumahnya walaupun dengan cara berjamaah namun jamaahnya lebih sedikit jumlahnya dibandingkan dengan sholat berjamaah dimasjid.

Imam An-Nawawi dalam kitab Al-Majmu’ menjelaskan, hukum shalat Tarawih adalah sunah muakkad, artinya sangat dianjurkan untuk dikerjakan. Baik laki-laki maupun perempuan disunahkan untuk melaksanakan shalat tarawih, baik secara sendiri maupun berjamaah.  

 أما حكم المسألة فصلاة التراويح سنة بإجماع العلماء. ومذهبنا أنها عشرون ركعة بعشر تسليمات وتجوز منفردا وجماعة ، وأيهما أفضل ؟ فيه وجهان مشهوران كما ذكر المصنف ، وحكاهما جماعة قولين ( الصحيح ) باتفاق الأصحاب أن الجماعة أفضل ، وهو المنصوص في البويطي ، وبه قال أكثر أصحابنا المتقدمين

  Artinya, “[Tentang hukum masalah ini]: Shalat Tarawih adalah sunah menurut ijma’ ulama. Mazhab kami (Syafi’i) berpendapat, shalat Tarawih terdiri dari 20 rakaat dengan 10 salam. Shalat Tarawih boleh dikerjakan secara sendirian maupun berjamaah.   Lalu, mana yang lebih baik? Terdapat dua pendapat masyhur tentang hal ini, sebagaimana disebutkan oleh Penulis Al-Muhaddzab dan diriwayatkan oleh sekelompok ulama sebagai dua pendapat:   Pendapat yang sahih, menurut kesepakatan ulama Syafi’iyah, shalat Tarawih berjamaah lebih baik. Ini adalah pendapat yang disebutkan dalam kitab Al-Buwaiti dan diamini oleh mayoritas ulama terdahulu dari mazhab kami.   Pendapat kedua, shalat Tarawih secara individu lebih baik. Pendapat ini dinisbatkan kepada Imam As-Syafi’i dalam salah satu riwayat dan dipilih oleh beberapa ulama terkemuka dari mazhab kami.” (Imam Nawawi, Al-Majmu’ Syarhu Muhaddzab, [Beirut:, Darul Kutub Ilmiyah: 1971], jilid III, halaman 525). Sementara Imam Al-Baihaqi berkata dalam kitab Fadhailul Auqat, mengerjakan shalat Tarawih berjamaah lebih baik bagi orang yang tidak hafal Al-Quran. Adapun orang yang hafal Al-Quran, Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhuma berpendapat bahwa mengerjakannya secara sendiri lebih utama

.   أن فعل صلاة التراويح بالجماعة أفضل لمن لا يكون حافظًا للقرآن، فأما من كان حافظًا فقد ذهب ابن عمر رضي الله عنهما أن فعلها بالانفراد أولى  

Artinya; Sungguh shalat Tarawih berjamaah lebih utama bagi mereka yang tidak hafal Al-Quran. Sedangkan bagi yang hafal Al-Quran, Ibnu Umar ra berpendapat bahwa shalat Tarawih sendiri lebih utama.” (Al-Baihaqi, Fadhailul Auqat, [Beirut, Darul Kutub Al-Ilmiyah: 1997], halaman 268).   Terkait hukum shalat Tarawih di rumah, Imam As-Syaukani dalam kitab Nailul Authar mengatakan

 قال النووي: اتفق العلماء على استحبابها. قال: واختلفوا في أن الأفضل صلاتها في بيته منفردا أم في جماعة في المسجد؟ فقال الشافعي وجمهور أصحابه وأبو حنيفة وأحمد وبعض المالكية وغيرهم: الأفضل صلاتها جماعة، كما فعله عمر بن الخطاب والصحابة رضي الله عنهم واستمر عمل المسلمين عليه، لأنه من الشعائر الظاهرة، فأشبه صلاة العيد  

Artinya, Imam Nawawi berkata, “Ulama sepakat bahwa shalat Tarawih hukumnya sunah.” Kemudian beliau berkata, “Ulama berbeda pendapat tentang apakah shalat Tarawih lebih baik dikerjakan di rumah secara sendiri-sendiri atau di masjid secara berjamaah?”   Imam As-Syafi’i, mayoritas pengikutnya, Abu Hanifah, Ahmad, sebagian ulama Maliki, dan lainnya berpendapat, shalat Tarawih lebih baik dikerjakan secara berjamaah. Hal ini sebagaimana yang dilakukan oleh Umar bin Khattab dan para sahabat Nabi saw, dan telah menjadi kebiasaan umat Islam. Karena shalat Tarawih termasuk dalam kategori syiar agama yang tampak, sehingga menyerupai shalat Idul Fitri.” (As-Syaukani, Nailul Authar,[Beirut, Darul Kutub Ilmiyah: 1971], jilid III, halaman 5]  

Jadi shalat tarawih termasuk dalam kategori Syiar agama yang tampak sehingga menyerupai shalat Aid , oleh karenanya syi”ar akan diperoleh jika dilakukan di tempat umum yang setiap orang bisa mengaksesnya, tidak seperti dalam kamar atau musholla pribadi. Dan tidak cukup dalam satu wilayah yang luas jika hanya ada satu jamaah saja, karena kewajiban syiar itu melingkupi seluruh wilayah sehingga jumlah jamaah harus disesuaikan dengan luasnya wilayah.

وتسن للنساء وللمسافرين وللمقضية خلف مثلها

Shalat jamaah sunnah bagi wanita, musafir dan orang yang qadla’ shalat di belakang qadla’ yang sama.

– Mughnil Muhtaj 1/229 :

نعم لو كان إذا ذهب إلى المسجد وترك أهل بيته لصلوا فرادى أو لتهاونوا أو بعضهم في الصلاة أو لو صلى في بيته لصلى جماعة وإذا صلى في المسجد صلى وحده فصلاته في بيته أفضل

Cuman perlu kita pilah-pilah dulu karena banyak kemungkinan yang terjadi terkait shalatnya perempuan di masjid atau di rumah.

وجماعة المرأة والخنثى في البيت أفضل منها في المسجد

Jamaah wanita dan khuntsa di rumah lebih baik dari jamaah di masjid. (Mughnil Muhtaj).

ويكره لذوات الهيئات حضور المسجد

Makruh bagi wanita yang “menarik” hadir di masjid. (Mughnil Muhtaj)

واصحهما … لا تتأكد في حقهن كتأكدها في حق الرجال فلا يكره لهن تركها.

Pendapat yang lebih shahih terkait kesunnahan jamaah bagi wanita, tidak dikuatkan kesunnahan jamaah bagi wanita seperti dikuatkannya bagi lelaki, maka tidak makruh bagi wanita meninggalkan jamaah. (AlMajmu’).

Dengan pertimbangan di atas, maka :
1.Shalat wanita di rumah secara berjamaah lebih baik dari shalat di masjid meski berjamaah, ini berlaku bagi setiap jenis wanita (tua/muda/dsb)
2.Shalat wanita muda di rumah lebih utama dari di masjid meski di rumah sendirian dan di masjid jamaah, karena makruh hadirnya wanita muda di masjid sedang ia tidak makruh meninggalkan jamaah.
3.Shalat wanita tua di masjid berjamaah lebih utama dari shalat sendiri di rumah karena ia tidak makruh hadir di masjid dan sunnah jamaah.
Lantas bagaimana menyiasati shalat wanita muda di rumah agar dapet jamaah, sementara suami tetap dapet keutamaan jamaah di masjid ? Pilihan yang diungkapkan dalam Mughnil Muhtaj bahwa jika ahli rumah akan shalat sendirian jika suami pergi ke masjid maka lebih utama lelaki shalat di rumah, tampaknya melihat jumlah karena yang dipakai untuk menyebut ahli rumah adalah shighat jama’. Apakah kalau cuman istri seorang akan tetap mengorbankan shalat berjamaahnya lelaki di masjid?


قال الشافعي والأصحاب ويؤمر الصبي بحضور المساجد وجماعات الصلاة ليعتادها


As-Syafi’i dan ashhab berkata : Anak lelaki diperintahkan hadir di masjid dan berjamaah shalat agar terbiasa. (Al-Majmu’).
Pernyataan itu mengisyaratkan bahwa lelaki tetap condong diutamakan di masjid meninggalkan sang istri shalat sendirian atau berjamaah dengan anak perempuan di rumah karena suami dan anak lelakinya ke masjid. Untuk menyiasatinya, bisa setelah shalat di masjid, suami i’aadah di rumah berjamaah dengan istri. Atau cukup istri berjamaah dengan anak perempuan atau pembantunya. Jadi semua dapat nilai optimal dari jamaahnya.

كفاية الاخيار ( باب صلاة الجماعة ) ( فصل) وصلاة الجماعة مؤكدة وعلى المأموم أن ينوي الجماعة دون الإمام )
الأصل في مشروعية الجماعة الكتاب والسنة وإجماع الأمة قال تعالى { وإذا كنت فيهم فأقمت لهم الصلاة فلتقم طائفة منهم معك } الآية أمر بالجماعة في قوله فلتقم فعند الأمن أولى وهي فرض عين في الجمعة وأما في غيرها ففيه خلاف الصحيح عند الرافعي أنها سنة وقيل فرض كفاية وصححه النووي وقيل فرض عين وصححه ابن المنذر وابن خزيمة وحجة من قال انها سنة قوله صلى الله عليه وسلم( صلاة الجماعة أفضل من صلاة الفذ بسبع وعشرين درجة ) وروى البخاري بخمس وعشرين درجة من رواية أبي سعيد فقوله صلى الله عليه وسلم أفضل يقتضي جواز الأمرين إذ المفاضلة تقتضي ذلك فلو كان أحد الأمرين ممنوعا لما جاءت هذه الصيغة وحجة من قال بفرض الكفاية قوله صلى الله عليه وسلم( ما من ثلاثة في قرية أو بدو لا تقام فيهم الصلاة إلا استحوذ عليهم الشيطان فعليكم بالجماعة فإنما يأكل الذئب من الغنم القاصية ) وحجة من قال إنها فرض عين أحاديث منهما قوله صلى الله عليه وسلم( لقد هممت أن آمر بالصلاة فتقام ثم آمر رجلا فيصلي بالناس ثم أنطلق مع رجال معهم حزم من حطب إلى قوم لا يشهدون الصلاة فأحرق عليهم بيوتهم بالنار ) وجوابه أنه لم يحرق وأن هذا كان في المنافقين واعلم أن الجماعة تحصل بصلاة الرجل في بيته مع زوجته وغيرها لكنها في المسجد أفضل وحيث كان الجمع من المساجد أكثر فهو أفضل فلو كان بقربه مسجد قليل الجمع وبالبعيد مسجد كثير الجمع فالبعيد أفضل إلا في حالتين الصحيح عند الرافعي أنها سنة واعلم أن الجماعة تحصل بصلاة الرجل في بيته مع زوجته وغيرها لكنها في المسجد أفضل.

إعانة الطالبين ص ٣١٧-٣١٩

وقوله: أفضل أي للمصلي، سواء كان في المساجد أو غيرها، فالصلاة مع الجمع الكثير في المساجد أفضل منها مع الجمع القليل فيها، وكذا الصلاة في البيوت مع الجمع الكثير أفضل منها مع الجمع القليل. نعم، الجماعة في المساجد الثلاثة أفضل مطلقا – كما تقدم – وقوله: منها أي من الصلاة نفسها. (قوله: للخبر الصحيح) دليل الأفضلية. (قوله: وما كان الخ) هذا عجز الحديث، وقد تقدم ذكره بتمامه، وما: موصوله، مبتدأ، وهي واقعة على جمع. وجملة فهو أحب إلى الله، خبر المبتدأ، أي والجمع الكثير أحب إلى الله من الجمع القليل.

Dalam sumber lain, Imam As-Shawi dalam kitab Hasiyatus Shawi mengatakan, boleh melaksanakan shalat Tarawih di rumah dengan tiga syarat, yakni tidak membuat masjid kosong, terdapat semangat untuk melakukannya di rumahnya, bukan orang yang bermukim di dua tanah suci (Makkah dan Madinah), karena bagi mereka, dianjurkan untuk melakukan shalat Tarawih tersebut di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.

    قوله: [وندب الانفراد بها] إلخ: حاصله أن ندب فعلها في البيوت مشروط بشروط ثلاثة: أن لا تعطل المساجد، وأن ينشط لفعلها في بيته، وأن يكون غير آفاقي بالحرمين، فإن تخلف منها شرط كان فعلها في المسجد أفضل  

Artinya, “Ungkapan Penulis: “Dianjurkan untuk melakukannya secara sendirian …”, Kesimpulannya, disunahkan melakukan shalat Tarawih di rumah dengan tiga syarat: Pertama, tidak menyebabkan masjid menjadi kosong. Kedua, orang yang shalat Tarawih di rumah benar-benar bersemangat untuk melakukannya. Ketiga, orang tersebut bukan penduduk Makkah atau Madinah.   Jika salah satu syarat tersebut tidak terpenuhi, maka lebih baik melakukan shalat Tarawih di masjid.” [Ahmad As-Shawi, Hasiyatus Shawi ‘ala Syarhis Shagir, [Mesir, Maktabah Musthafa Al-babil Halaby: 1952], jilid I, halaman 146).

Dalam keterangan yang lain ( Kitab Busyro Al Karim) Bahwa bila seseorang shalat berjama’ah di masjid menyebabkan istrinya shalat sendirian dirumah/tidak berjama’ah maka lebìh afdlol berjama’ah dirumah bersama istri dengan catatan dengan tidak hadirnya dia kemasjid tidak menyebabkan kekosongan jama’ah dimasjid/dengan tidak hadirnya dia ke masjid tetap ada jama’ah di masjid :

بشرى كريم ج١ص١١٩

..نعم إن كان يصليها بأهله جماعة وذهابه الى المسجد يفوتها وقام الشعار بغيره ولم يتعطل مسجد بغيبته فهو أفضل. بشرى الكريم

الباجورى ج١ص١٩٣

وتحصل فضيلة الجماعة بصلاته بزوجته أو نحوها بل تحصيله الجماعة لأهل بيته أفضل. الباجوري

KESIMPULAN :
Kalau cuman seorang, semisal cuman istri, maka akan mudah mengontrolnya untuk shalatnya menunggu suami pulang dari masjid dan i’adah. Ibarot-ibarot tampaknya condong untuk bahkan membiarkan istri shalat sendiri daripada suami tidak ke masjid. Dan secara logika, kalau semua suami mengambil kebijakan shalat dengan istri di rumah karena kalau istri ke masjid makruh misalnya, maka masjid akan cenderung kosong. Namun kalau ahli rumahnya banyak seperti diungkap dalam ibarot mughnil muhtaj di atas, maka akan sulit mengontrol untuk menunggu suami pulang karenanya langsung dikatakan lebih afdhol jamaah di rumah.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Slot demo https://mooc.unesa.ac.id/usutoto-4d/ slot online slot online akurat77 Demo Slot Pg Toto 4D https://wiki.clovia.com/ Slot Gacor Gampang Maxwin Slot77 Daun77 Daun77 slot thailand Daun77 slot77 4d Usutoto situs slot gacor Usutoto Usutoto slot toto slot Daun77 Daun77 Daun77 Akurat77 Akurat77 Akurat77 Akurat77 MBAK4D MBAK4D DWV99 DWV138 DWVGAMING METTA4D MBAK4D MBAK4D MBAK4D METTA4D DWV99 DWV99 MBAK4D MBAK4D MBAK4D SLOT RAFFI AHMAD METTA4D https://aekbilah.tapselkab.go.id/toto4d/ https://aekbilah.tapselkab.go.id/spaceman/ METTA4D METTA4D METTA4D demo slot MBAK4D METTA4D MINI1221 https://www.concept2.cz/ https://berlindonerkebab.ca/ togel malaysia sabung ayam online tototogel slot88 MBAK4D MBAK4D DWV138 METTA4D