HUKUMNYA SHALAT SAMBIL BERCEMIN DIDEPANNYA KACA

Assalamualaikum
Deskripsi masalah.

Sehubungan dengan fenomena yang banyak terjadi dalam kehidupan kita. Seperti pembangunan masjid yang berfokus pada keindahan dan kemegahan, berhiaskan ukiran kaligrafi dengan keramik dan kaca hingga tanpak jelas tubuh seseorang manakala sedang shalat ketika dilihat dikaca bahkan terkadang ada masjid yang dihiasi dengan foto atau lukisan pendirinya, sajadah untuk shalat hanya terfokus pada hiasan dan corak serta warna karena hanya untuk menjadi komoditi pasar.Maka begitu pula pakaian yang dipakai, bisa saja menggangu pikiran yang membuat lalai orang dari khusyu’ dalam shalatnya.

Pertanyaannya.
Bagaimana hukumnya orang yang shalat sambil bercermin dikaca dihadapannya.. ?

Waalaikum salam

Jawaban

Hukumnya seseorang yang shalat sambil melihat dirinya dicermin ( bercermin) dikaca adalah makruh karena gambar termasuk bagian dari hal yang mengganggu pikiran. Oleh karena sunnah memejamkan matanya dalam kondisi mengganggu pikirannya atau sunnah ketika shalat terus menerus mendawamkan penglihatannya ketempat sujudnya, karena hal itu lebih mendekatkan pada kekhusyu'an.

Hal tentang melihat gambar pernah juga dialami oleh Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam . ‘Aisyah Radhiyallahu anhuma berkata :

أَنَّ النَّبِيَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَلَّى فِي خَمِيْصَةٍ لَهَا أَعْلاَمٌ فَنَظَرَ إِلَى أَعْلاَمِهَا نَظْرَةً فَلَمَّا انْصَرَفَ قَالَ : اذْهَبُوا بِخَمِيصَتِي هَذِهِ إِلَى أَبِي جَهْمٍ وَأْتُونِي بِأَنْبِجَانِيَّةِ أَبِي جَهْمٍ، فَإِنَّهَا أَلْهَتْنِي آنِفًا عَنْ صَلاَتِي

Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah shalat dengan pakaian khamishah yang bercorak. Dalam shalatnya beliau memandang sekilas corak pakaian tersebut. Setelah selesai shalat, beliaupun berkata: “Serahkan khamishah ini kepada Abu Jahm, dan ambilkan untukku pakaian ambijaniyah hadiah dari Abu Jahm. Karena, pakaian khamishah tadi melalaikan( mengganggu) kekhusyu'an shalatku”. [HR al-Bukhâri, no. 373]

Pakaian anbijâniyyah yang diminta Rasûlullâh adalah pakaian kasar yang tidak bercorak. Berbeda dengan pakaian khamishah yang dikembalikan oleh beliau, pakaian itu memiliki corak ataupun gambar.

HUKUM SHALAT DENGAN MELIHAT GAMBAR DIRINYA DIKACA
Tidak ada yang mengatakan bahwa shalat itu batal. Ini berarti, sah hukumnya shalat menghadap memandang gambar dirinya namun makruh karena dapat mengganggu pikirannya yang membuat lalainya kekhusyu'an sebagaimana penjelasan hadits, maka sebaiknya lakukanlah shalat tidak didepan kaca atau pejamkan matanya walaupun hukum asal adalah maruh namun sunnah namakala dalam kondisi mengganggu sebagaimana dalam keterangan Kitab Kasyifatussaja.

تنبيه الغافلين. ص ١٠٣

استقبال القبلة لقوله تعالى فول وجهك شطر المسجد الحرام وحيث ماكنتم فولوا وجوهكم شطره يعنى نحوه
وأماالإستقبال القبلة فتمامه فى ثلاثة أشياء أولها أن تستقبل القبلة بوجهك والثاني أن تقبل على الله بقلبك والثالث أن تكون خاشعا ذليلا
وأما النية فتمامها فى ثلاثة أشياء أولها أن تعلم أى صلاة تصلى والثاني أن تعلم أنك تقوم بين يدى الله تعالى وهو يراك فتقوم بالهيبة والثالث أن تعلم أنه يعلم مافى قلبك فتفرغ قلبك من أشغال الدنيا.

Referensi:


تنوير القلوب.ص ١٣٧
وهيآت …………….والنظر إلى موضع السجود مائلا برأسه قليلا فى جميع الصلاة ولو كانت فى الكعبة إلا فى التشهد فلايجاوز بصره إشارته بالسبابة عند قوله لاإله إلا الله .

Referensi:

(اعانة الطالبين)
اه‍. (قوله: ويسن فتح عينيه حالة السجود) الذي صرحوا به أنه يسن إدامة النظر إلى موضع سجوده في جميع صلاته، وعللوه بأن جمع النظر في موضع أقرب إلى الخشوع. وأنه يكره تغميض عينيه وعللوه بأن اليهود تفعله، وأنه لم ينقل فعله عن النبي (ص) ولا عن أحد من الصحابة رضي الله عنهم أجمعين.

Referensi:


كاشفة السجا :

وسابعها تغميض جفنه إن خاف ضررًا وإلا فلا كراهة سواء الأعمى والبصير لأن الجفن يسجد معه وقد يجب إذا كان العراة صفوفاً وقد يسن كأن صلى إلى حائط مزوق أي منقش ومزين يشوش الفكر أي يخلطه

Adapun kemakruhan shalat yang ketujuh
(7) adalah memejamkan (kelopak) mata jika memang musholli takut akan bahaya, baik musholli adalah orang yang buta atau dapat melihat karena kelopak mata akan bersujud bersamanya. Jika ia tidak takut bahaya maka tidak dimakruhkan memejamkannya. Terkadang memejamkan mata diwajibkan ketika shof-shof sholat terdiri dari orang-orang yang sholat dalam keadaan telanjang. Terkadang memejamkan mata juga disunahkan ketika misal musholli sholat menghadap tembok yang terukir atau kaligrafi atau dihiasi yang dapat mengganggu pikirannya. Wallahu a’lamu bisshowab.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Slot77 Daun77 akurat77 https://itgid.org/public/4d/ https://itgid.org/public/scatter/ slot77 slot online Demo Slot Pg https://aekbilah.tapselkab.go.id/aseng/ Slot Online Gacor https://aekbilah.tapselkab.go.id/dior/ https://www.uobam.co.id/public/assets/ Toto 4D https://wiki.clovia.com/ Slot Gacor Gampang Maxwin Slot77 Daun77 Daun77 slot thailand Daun77 slot77 4d Usutoto situs slot gacor Usutoto Usutoto slot toto slot Daun77 Daun77 Daun77 Akurat77 Akurat77 Akurat77 Akurat77 MBAK4D MBAK4D DWV99 DWV138 DWVGAMING METTA4D MBAK4D MBAK4D MBAK4D METTA4D DWV99 DWV99 MBAK4D MBAK4D MBAK4D SLOT RAFFI AHMAD METTA4D https://aekbilah.tapselkab.go.id/toto4d/ https://aekbilah.tapselkab.go.id/spaceman/ METTA4D METTA4D METTA4D demo slot MBAK4D METTA4D MINI1221 https://www.concept2.cz/ https://berlindonerkebab.ca/ togel malaysia sabung ayam online tototogel slot88 MBAK4D MBAK4D DWV138 METTA4D