
ORANG SAKIT KARENA KESURUPAN
Assalamualaikum.
Deskripsi masalah
Dalam masyarakat, terkadang kita menemukan orang sakit karena kesurupan, baik adanya itu dimasyarakat pedesaan ataupun perkotaan bahkan terkadang hal tersebut terjadi didunia pendidikan, seperti sekolah atau kampus bahkan dipondok- pondok pesantren. Kesurupan adalah sebuah istilah yang dinisbatkan pada tingkah laku manusia yang nyelenih atau istilah populernya aneh, hal tersebut disebabkan adanya sesuatu yang mempengaruhi tubuhnya. Menurut para normal atau ahli rukiyah keanehan itu dikarenakan makhluk halus jin, syaitan yang masuk kedalam tubuhnya, dan sebagian orang mengatakan arwah orang- orang terdahulu yang masuk dan bersemayam dalam tubuhnya.
Pertanyaannya.
- Apa sebenarnya istilah kesurupan dalam pandangan fiqih
- Benarkah makhluk halus bisa diketahui kondisinya, sehingga dapat dicari, diserap, diusir bahkan dijadikan khaddam atau teman..?
- Apakah orang yang kesurupan pengakuan-pengakuannya bisa bisa dijadikan pijakan hukum dalam penyidikan?
- Benarkah ruh halus, ( jin, syaitan, dan roh orang mati) bisa memasuki tubuh orang yang hidup..?kalau benar mohon penjelasan dan referensinya
Waalaikum salam.
Jawaban. No.1
Dalam Islam Kesurupan merupakan fenomena masuknya jin atau syaitan kedalam tubuh manusia, sedangkan mulutnya sebagai pelantara untuk berbicara serta menggerakkan tubuh orang yang dimasukinya, maka kejadian yang sedemikian dalam pandangan fiqih disebut Shar’u, al-mashur, dan al-mamsuh.Para ulama menjelaskan asal muassal jin berdasarkan interpretasi firman Allah SWT. ( QS.Al-A’raf (07):12 )Sebagai berikut:
قال مامنعك ألا تسجد إذ أمرتك قال أنا خير منك خلقتني من نار وخليته من طين.
Artinya:” Allah berfirman Apakah yang menghalangimu untuk bersujud ( kepada Adam ) diwaktu aku memerintahkanmu? Iblis menjawab: Aku lebih baik dibandingkan dari Adam, Engkau ciptakan aku dari api sedangkan dia ( Adam ) Engkau ciptakan dari tanah.
Ulama menafsirkan ayat ini bahwa jin diciptakan dari hawa panas yang keluar dari api. Dengan demikian hakikat jin diciptakan dari benda yang tidak dapat ditangkap oleh indra penglihatan normal, sebagaimana udara, dan jin memiliki tubuh dalam bentuk yang halus ( tidak bisa ditangkap oleh penca indra bahkan perjalanan yang dapat ditempuh dengan secepat mungkin
Jawaban. No.2
Benar bahwa makhluk halus bisa diketahui kondisinya, Namun dengan cara tertentu yakni bagi orang yang punya keahlian dalam bidangnya atau khoriqul al-Adah ( kejadian diluar kebiasaan ) dan diketahuinya bukan dengan mata kepala normal.
Jawaban .No.3
Kemudian untuk status hukum orang yang kesurupan masih terdapat silang pendapat dikalangan ulama’. pendapat pertama , menyamakan dengan orang yang sedang terjangkit ighma’ ( epilepsi ). Sedang pendapa kedua , menyatakan dengan majnun ( orang gila ). Dari kedua perbedaan tersebut , mereka sepakat bahwa pengakuan orang yang epilepsi ataupun orang gila tidak bisa dijadikan sebagai pijakan untuk memutuskan hukum. Begitu pula diharamkan , bahkam bisa kufur apabila menyakini pemberitahuan dari orang kesurupan tentang kejadian kejadian yang akan datang , atau tentang ilmu ghoib yang hanya diketahui Alloh. Yang diperbolehkan hanyalah sebatas sebagai petunjuk ( isti’nas ) , seperti menunjukkan barang hilang , arah mata angin dll yang semakna dan tidak di larang oleh syara’.
Jawaban. No.4
Benar jin dan syaitan bisa masuk kedalam tubuh manusia yang masih hidup bahkan juga bisa masuk kepada barang yang tidak bergerak seperti patung/berhala sebagaimana berhalanya orang kafir dahulu ( berhalanya Ishom, Thoriq dan Walid ).
Sedangkan ruh setelah keluar dari badannya tidak bisa masuk kepada jasad orang lain ( artinya tidak benar jika orang kesurupan dimasuki arwah orang yang terdahulu meninggal ).
Adapun hakikat ruh tidak ada orang yang tahu karena ruh adalah urusan Allah oleh karenanya hanyalah Allah yang mengetahui. Meskipun hakikat ruh tidak ada yang tahu kecuali Allah akan tetapi dalam satu riwayat dikatakan tempat ruh sesudah dicabut adalah berada didalam suatu sangsakala yang memiliki lubang sejumlah binatang-binatang yang telah tercipta hingga hari kiamat, baik ruh yang menerima kenikmatan maupun yang menerima azab. Sedangkan ulama ahli Hikmah menjelaskan dimana arwah ditempatkan setelah dicabut dari jasadnya sesuai dengan klasifikasi atau tingkatannya yang mana ulama ahli Hikmah membagi kedalam lima kategori:
- Arwah para Nabi bertempat disurga Adn
- Arwah para Syuhada’ ditempatkan didalam burung berwarna hijau berputar-putan disurga
- Arwah orang-orang mukmin bertempat ditaman surga
- Arwah orang-orang mukmin yang durhaka bertempat dilapis udara yang berada diantara langit dan bumi
- Arwahnya orang-orang kafir berda didalam tembolok perut burung yang berwana hitam yang berada dipenjara berada dilangit paling bawah .Roh mereka terhubung dengan jasadnya, sehingga ketika ruhnya disiksa maka jasadnya akan merasakan sakit yang sama, Untuk lebih jelasnya bisa dilihat dalam kitab Daqoiqul akbar berikut:
Referensi :
الرقية الشرعية ص ٣١
الصرع هو دخول جني في بدن انس فيتكلم علي لسانه ويوجه اعضائه حيثما شاء
[الشوكاني ,نيل الأوطار ,٨ /٢٣٢ ]
وَقَدْ يَكُونُ الصَّرَعُ مِنْ الْجِنِّ وَيَقَعُ مِنْ النُّفُوسِ الْخَبِيثَةِ مِنْهُمْ، إمَّا لِاسْتِحْسَانِ بَعْضِ الصُّوَرِ الْإِنْسِيَّةِ، وَإِمَّا لِإِيقَاعِ الْأَذِيَّةِ بِهِ. وَالْأَوَّلُ هُوَ
الَّذِي يُثْبِتُهُ جَمِيعُ الْأَطِبَّاءِ وَيَذْكُرُونَ عِلَاجَهُ. وَالثَّانِي يَجْحَدُهُ كَثِيرٌ مِنْهُمْ وَبَعْضُهُمْ يُثْبِتهُ، وَلَا يُعْرَفُ لَهُ عِلَاجٌ إلَّا بِجَذْبِ الْأَرْوَاحِ الْخَيِّرَةِ الْعُلْوِيَّةِ لِدَفْعِ آثَارِ الْأَرْوَاحِ الشِّرِّيرَةِ السُّفْلِيَّةِ وَتَبْطِيلِ أَفْعَالِهَا.
وَمِمَّنْ نَصَّ عَلَى ذَلِكَ بُقْرَاطُ فَقَالَ بَعْدَ ذِكْرِ عِلَاجِ الْمَصْرُوعِ: إنَّمَا يَنْفَعُ فِي الَّذِي سَبَبُهُ أَخْلَاطٌ، وَأَمَّا الَّذِي يَكُونُ مِنْ الْأَرْوَاحِ فَلَا. قَوْلُهُ: (وَإِنِّي أَتَكَشَّفُ) بِمُثَنَّاةٍ مِنْ فَوْقُ وَتَشْدِيدِ الشِّينِ الْمُعْجَمَةِ مِنْ التَّكَشُّفِ وَبِالنُّونِ السَّاكِنَةِ الْمُخَفَّفَةِ مِنْ الِانْكِشَافِ، وَالْمُرَادُ أَنَّهَا خَشِيَتْ أَنْ تَظْهَرُ عَوْرَتُهَا وَهِيَ لَا تَشْعُرُ.
وَفِيهِ أَنَّ الصَّبْرَ عَلَى بَلَايَا الدُّنْيَا يُورِثُ الْجَنَّةَ، وَأَنَّ الْأَخْذَ بِالشِّدَّةِ أَفْضَلُ مِنْ الْأَخْذِ بِالرُّخْصَةِ لِمَنْ عَلِمَ مِنْ نَفْسِهِ الطَّاقَةَ وَلَمْ يَضْعُفْ عَنْ الْتِزَامِ الشِّدَّةِ.
وَفِيهِ دَلِيلٌ عَلَى جَوَازِ تَرْكِ التَّدَاوِيَ وَأَنَّ التَّدَاوِيَ بِالدُّعَاءِ مَعَ الِالْتِجَاءِ إلَى اللَّهِ أَنْجَعُ وَأَنْفَعُ مِنْ الْعِلَاجِ بِالْعَقَاقِيرِ، وَلَكِنْ إنَّمَا يَنْجَحُ بِأَمْرَيْنِ: أَحَدُهُمَا مِنْ جِهَةِ الْعَلِيلِ وَهُوَ صِدْقُ الْقَصْدِ، وَالْآخَرُ مِنْ جِهَةِ الْمُدَاوِي وَهُوَ تَوَجُّهُ قَلْبِهِ إلَى اللَّهِ وَقُوَّتُهُ بِالتَّقْوَى وَالتَّوَكُّلِ عَلَى اللَّهِ تَعَالَى ]
شرح فتح المجيد شرح كتاب التوحيد للغنيمان ج ١٤١ ص.١٣
السوال فضيلة الشيخ يقال ان بعض الناس اعينهم كاشفة اي انهم يرون الجن والشياطين فهل هذا صحيح .
الجواب ليس هذا صحيحا فهم لا يرونهم ولكن الجن والشياطين قد يتراءون ويظهرون لبعض الناس.. الخ
.
سبعة كتب الكتب المفيدة ص ١٧٨
واما الجن فاجسام لطيفة هوائية تتشكل مختلفة ويظهر منها افعال عجيبة منهم المؤمن والكافر والطائع والعاصي والشياطين اجسام نارية شانها القاء الناس في الفساد والغواية بتذكير اسباب المعاصي واللذات وان شاء منافع الطاعات – الي ان قال … والملائة معانون علي اعمال يعجزون عنها بقوتهم كالغلبة علي الاعداء والطيران في الهواء والمشي علي الماء وغير ذالك والجن والشياطين يخالطون بعض الناس ويعاونوهم علي السحورات والظلمات وما اشبه ذالك ثم قيل تتشكل الملائكة والجن والشياطين تابع لارادتهم والفاعل هو الله تعالي بواسطة اسماء علمها لهم
[ابن حجر الهيتمي ,الفتاوى الحديثية لابن حجر الهيتمي , ٨٨]
وَالصَّوَاب أَن التَّقَرُّب إِلَى الروحانية وخدمة مُلُوك الجان من السحر، وَهُوَ الَّذِي أضَّل الْحَاكِم العبيد لَعنه الله حَتَّى ادّعى الألوهية ولعبت بِهِ الشَّيَاطِين حَتَّى طلب الْمحَال، وَهُوَ مجبول على النَّقْص وفَعَل أفاعيل مَنْ لم يُؤمن بِالآخِرَة. وَعَن ابْن أبي زيد أَيْضا: لَا يجوز الجُعْل على إِخْرَاج الجان من الْإِنْسَان لِأَنَّهُ لَا يعرف حَقِيقَته وَلَا يُوقف عَلَيْهِ، وَلَا يَنْبَغِي لأهل الْوَرع فعله وَلَا لغَيرهم وَكَذَا الجُعْل على حل المربوط والمسحور
[ابن حجر الهيتمي ,الفتاوى الحديثية لابن حجر الهيتمي , ٨٨]
……………………
مجموعة الرسائل ابن عابدين. ج ٢ ص ٣٠٠
تنبيه : قد تحصل مما ذكرنا سابقا ولا حقا جواز رؤية الجن بعد التشكل لكل احد وكذا بدون تشكل لمن شاء الله تعالي من عباده فضلا عن حضورهم في مجالس الذكر وسماع اصواتهم.
Referensi:
أكام المرجان فى أحكام الجان للشبلي .ص ١٠٧
وقد تقرر أن المحدث يستحيل أن يفعل فى غيره فعلا ملكا كان أوشيطانا أو إنسيا بل ذلك من فعل المصروع بجريِ العادة فإن كان المصروع قادرا على ذلك الإضراب كان ذلك كسبا له وخلقا لله عز وجل وإن لم يكن قادرا عليه لم يكن مكتسباله بل هو مضطر إليه ولايمنع أن يكون الله تعالى قد أجرى العادة بأنه لايفعل ذلك الصرع والإضراب إلاعند سلوك الجن فيه أو عند مسه كما فى الأسباب المستعقبة للمسبِّبات وكذلك القول فيمايسمع من المصروع من الكلام فى تجويز كونه كسباله أو مضطرا إليه وإن كان هو المتكلم دون خالقه وتجويز كونه من كلام الشيطان قد سلكه أو مسه وأن يكون قائما بذات الشيطان دون ذات من هو سالك فيه أومماس له وأكثر الناس يعتقدون أنه كلام الجن ويضيفونه إليه ولادليل نقطع به على أن ماسمع منه كلام له أو للشيطان وإن كان كلاما له فإنه من كسبه أوضرورة فيه وإنما يصار إلى أحدهما بتوفيق مقطوع به ومتى كان كلاما للمصروع كانت إضافته إلى الشيطان مجازا ومعنى الكلام أنه كان منه وسلوكه وعلى الجملة أن المتكلم من قام به الكلام لامن فعل الكلام الذى يقوم بالبشر قد يكون من فعله وكسبه وقد يكون مضطرا إليه قد تقدم قول الإمام أحمد هو ذا يتكلم على لسانه يعنى لسان المصروع فقد جعل المتكلم هو الجن فكذلك الحركة والله سبحانه وتعالى أعلم.
حواشى الشروانى ( ج ٧ص٣٤٥)
باب الخيار فى النكاح والعفاف ونكاح العبد وغير ذلك ( قوله فى النكاح ) إلى قوله المتن ثبت فى النهاية إلا قوله إن قل على الأوجه وقوله سواء أدى إلى وكما يخير وقوله أو علمته إلى شُبِّه بعنانٍ وكذلك المغنى إلا قوله كذا قيل قال المتولي وإلا قوله أ مجنونا) والإصراع نوع من المجنون كما قاله بعض العلماء نهاية ومغنى أى فيثبت به الخيار ع ش عبارة سم ينبغى أن منه أو فى معناه الصرع ويُحتمل أن كون أحدهما مسحورا كذلك أى كالجنون ويحتمل أن يلحق بالإغماء إه ولعل الأقرب هو الإحتمال الأول
الزواجر عن القتراف الكبائر (ج ٢ ص ٥٠٠)
والكاهن هو الذى يخبر عن بعض المُضمرات فيصيب بعضَها فيخطئ أكثرَها ويزعم ان الجن تخبره بذلك وفسر بعضهم الكِهانة بمايرجع لذلك فقال هى تعاطى الإخبار عن المُغَيَّبات فى مستقبل الزمان وادِّعاء علم الغيب وزعم أن الجن تخبره بذلك العراف بفتح المهملة وتشديد الراء قيل الكاهن ويَرُدُّه الحديث السابق عرّافا أو كاهنا وقيل الساحر وقال البغوى هو الذى يَدَّعِى معرفرفة الأمور بمقدمات أسبابٍ يستدل بها على مواقعها كالمسروق من الذى سرقه ومعرفة مكان الضالة ونحو ذلك ومنهم من يُسمِّى المُنَجِّمَ كاهنا قال أبو داود والطرق أى بفتح فيكون الزجر أى زجر الطير ليَتَيَّمن أو يتشاءم بطيرانه فإن طار إلى جهة اليمين تيمّنَ أو إلى جهة الشمال تشاءم وقال إبن فارس الضّربُ بالحصى وهو نوع من التكهين والمَنْهِيُّ عنه من علم النجوم هو من يدَّعِيه أهلها من معرفة الحوادث الآتية فى مستقبل الزمان كمجيئ المطر ووقوع الثلج وهبوب الرياح وتغير الأسعار ونحو ذلك يزعمون أنهم يدركون ذلك بسير الكواكب لاقترانها وظهورها فى بعض الأزمان وهذا علم استأثر الله به لايعلمه أحد غيره فمن ادعى علمَه بذلك فهو فاسق بل ربمايؤدّدى به ذلك إلى الكفر أما من يقول إن الاقتران والإفتراق الذى هو كذا جعله الله علامة بمقتضى مااطَّردت به عادته الإلهية على وقوع كذا وقد يتخلف فإنه لاإثم عليه بذلك وكذ الإخبار عمايدرك بطريق المشاهدة من علم النجوم الذى يعرف بها الزوال وجهةُ القبلة وكم مضى وكم بقي من الوقت
فإنه لاإثم فيه بل هو فرض كفاية
أخطاء المراة المتعلقة بالعقيدة (ج ١ ص ٢٦ )
عمل الزار لإخراج مس الجن مما لاشك فيه أن مس الجن للإنس وهو مايعرف بالصرع وهو ثابت ومشاهد ولايمارى فيه إلا مكابر معاند ويدل عليه قوله تعالى الذين يأكلون الربا لايقوم لايقومون إلا كمايقوم الذي يتخبطه الشيطان من المس ( سورة البقرة ٢٧٥) قال القرطبي فى تفسير هذه الآية (٣٥٥/٣) فى هذه الآية دليل على فساد من أنكر الصرع من جهة الجن وزعم أنه من فعل الطبائع وأن الشيطان لايسلك فى الإنسان ولايكون منه مسٌ أه ( ويراجع كذلك فى تفسير الطبرى وإبن كثير والأَلُوسي عند هذه الآية لتعلم حقيقة هذا القول ) – وثبت فى صحيح البخاري ومسلم عن عطاء بن أبي رباحِ قال قال لي ابنُ عباس ألا أُرِيْكَ امرأة من أهل الجنة قلتُ بلى قال هذه المرأة السوداء أتَتِ النبي صلى الله عليه وسلم فقالت إني أُصْرَعُ وإني أَتَكَشَّف فاع اللهَ لي قال إن شئتِ صبرتِ ولك الجنة وإن شئتِ دعوتُ الله أن يعافيك فقالت أصبرُ فقالت أَتَكَشَّفُ فادع اللهَ أن لاأتكشّفَ فدعالها. والله أعلم بالصواب
Berikut makhluk halus syaitan dan jin yang masuk kedalam berhala orang kafir pada zaman jahiliyah
Referensi:
شرح المواعظ العصفورية
ﺍﻟﺤﺪﻳﺚ ﺍﻟﺘﺎﺳﻊ ﻋﺸﺮ : ﺑﻌﺾ ﻣﺎ ﻛﺎﻧﺖ ﻋﻠﻴﻪ ﺃﻫﻞ ﺍﻟﺠﺎﻫﻠﻴﺔ
HADITS KE-19 : SEBAGIAN KEADAAN PADA ZAMAN JAHILIYAH
عن علي ابن أبي طالب كرم الله وجهه قال، بينما نحن مع رسول الله صلى الله تعالى عليه وسلم في أول الإسلام إذ ورد علينا رجل على ناقة وقد أثر السير فيه وفيها وبأن عليه عناء السفر فوقف علينا فقال أيكم محمد فأومينا إلى النبي عليه السلام فقال يا محمد أتعرض على ما أمرك به ربك أو أعرض عليك ما أمرني به صنمي، فقال له النبي عليه السلام بل أخبرك بما أمرني به ربي قال فعرض عليه النبي عليه السلام فقال بني الإسلام على خمس مع شرائطه ثم قال يامحمد أنا غسان بن مالك العامري وكان لنا صنم نذبح عنده في رجب عتيرتنا ونتقرب إليه بذبحنا فعتر عنده عتيرة رجل منا يقال له عصام فلما رفع يده من العتيرة سمع صوتا من جوف الصنم ياعصام جاء الإسلام وبطلت الأصنام وحفظت الدماء ووصلت الأرحام وظهرت الحقيقة والسلام ففرح عصام لذلك وخرج ويخبرنا ثم وقع إلينا خبرك يا رسول الله فلما كان بعد أيام عتر عنده رجل يقال له طارق فلما رفع يده عن العتيرة سمع صوتا يقول من جوفه ياطارق بعث النبي الصادق وجيء بوحي ناطق من العزيز الخالق فخرج يصيح في الناس بذلك فقويت أخبارك عندنا يا رسول الله فكنا بين المكذب والمصدق ولما كان منذ ثلاثة أيام عترت أنا عتيرة إلى ذلك الصنم فلما رفعت يدي منها سمعت صوتا عاليا من جوف الصنم يقول بلسان فصيح يا غسان بن مالك العامري جاء الحق نبيا هاشميا بتهامة لناصريه السلامة ولخاذليه الندامة هاديا وداعيا إلى يوم القيامة ثم ارتفع من الأرض وسقط على وجهه قال فكبر رسول الله وكبر أصحابه معه وقال غسان وقد قلت ثلاثة أبيات من الشعر أفتأذن لي يا رسول الله أن أنشدها فأذن رسول الله فقال :
أسر سيرا في طلب بسهل 🔅 وحزن في بلاد من الرمل.
لانصر خير الناس نصرا مؤزرا 🔅 وأعقد حبلا من حبالك في حبلي
وأشهد أن الله حق موحدا 🔅 وهذا أدين به ما قلت قدمي نعلي
قال وأول من أسلم بعد الوحي خديجة ثم أبو بكر ثم علي ثم زيد بن حارثة ثم قمرية جارية ثم حمزة ثم عثمان ثم زهير ثم أبو عبيدة بن الجراح ثم طلحة ثم الزبير رضوان الله تعالى عليهم أجمعين وأسلموا وكتموا إسلامهم من الكفار ثم نزل جبرائيل عليه السلام فقال يامحمد إن الله تعالى يقرؤك السلام ويأمرك بأن تدعو الناس إلى الإسلام فقام النبي عليه السلام فصعد على جبل أبي قبيس فنادى بأعلى صوته فقال قولوا لا إله إلاالله محمد رسول الله فلما سمع الناس نداءه اجتمعت الكفار في دار الندوة فتشاوروا فيما بينهم فقالوا إن محمدا يشتم آلهتنا ويدعونا إلى إله لانعلمه فكيف الحيلة يقول محمد لنا لاتعبدوا آلهتكم وهي ثلثمأئة وستون صنما إلا الله الواحد القهار ومنهم شيبة بن ربيعة ووليد بن الحارث وصفوان بن أمية وكعب بن الأشراف وأسود بن عبد يغوث وصخر بن الحارث وكنانة بن ربيع وهم كفار مكة وهؤلاء رؤساء الكفار قالوا يدعونا إلى إله لانعرفه ولم يشتم آلهتنا فقام واحد منهم وهو يقول يريد محمد في ذلك مالا فلم يلتفتوا إليه وقالوا هو ساحر كذاب ثم قالوا اللوليد ما تقول أنت قال ما أقول في هذا الأمر شيأ فنسبوه إليه فأخذه الغضب جدا فقال الوليد أمهلوني ثلاثة أيام وكان له صنمان متخذان من جواهر ومن ذهب وفضة وبأنواع اللؤلؤ موضوعان على الكرسي وألبس عليهما ألوان الثياب فعبدهما ثلاثة أيام ولياليهن متواليات وما أكل وما شرب وذهب إلى بيته وأولاده وتضرع إليهما وفي اليوم الثالث قال بحق ما عبدتكما ثلاثة ايام هذه العبادة أن تتكلما وتخبرانا من أمر محمد فدخل الشيطان في فم الصنم وتحرك وتكلم وقال إن محمدا ليس بنبي فلاتصدقوه ففرح الوليد وخرج وأخبر الكفار عن مقالة الصنم وكفار مكة اجتمعوا عند الوليد وقالوا ينبغي لنا أن نتكلم عند محمد فلما سمع النبي عليه الصلاة والسلام مقالتهم اغتم بذلك فنزل جبريل عليه السلام فقال يا محمد ويل لمن اصطنع هذه المقالة يعني الوليد فلما سمع الوليد هذه المقالة ضحك وقال لاأبالي فاجتمعوا فوضعوا بين أيديهم صنما يسمى هبلا فطرحوا عليه ألوان الثياب وسجدوا له فدعا النبي عليه الصلاة والسلام وجاء مع عبد الله بن مسعود فجلس عندهم فدخل الشيطان في بطن الصنم واسم الشيطان كان مسفرا فهجا النبي عليه الصلاة والسلام في بطن الصنم فلما سمع عبد الله بن مسعود رضي الله تعالى عنه تحير وقال يارسول الله ما يقول هذا الصنم فقال ياعبد الله لاتخف من هذا فإنه شيطان فانصرف النبي عليه الصلاة والسلام فاستقبله في الطريق فارس وعليه ثياب خضر فنزل عن فرسهفسلم على النبي عليه الصلاة والسلام فأجابه فقال من أنت ياراكب قد أعجبتني سلامك علي فقال له أنا من أبناء الجن قد أسلمت في زمن نوح عليه السلام لكن كنت غائبا عن وطني فلما قدمت فوجت أهلي باكية فسألت منها فقالت لي أما ترى إن مسفر أصنع ماصنع مع محمد عليه السلام فلما سمعت ذهبت على أثره فقتلته بين الصفا والمروة وهذا دمه على سيفي رأسه في المخلاة وبدنه مطروح بين الصفا والمروة وصورته مثل صورة الكلب مقطوع الرأس فسر النبي عليه الصلاة والسلام فدعا له بالخير ثم قال مااسمك قال اسمي مهير بن عبهر ومقامي على جبل طور سينا ثم قال أتأمرني يارسول الله أن أهجوا الكفار في فم أصنامهم كما هجاك مسفر فقال له النبي عليه الصلاة والسلام افعل ثم اجتمع الكفار في اليوم الثاني فدعوا النبي عليه الصلاة والسلام فوضعوا هبلا بين أيديهم وطرحوا عليه ألوان الثياب فسجدوا له وتضرعوا إليه كما فعلوا في اليوم الأول فقالوا يا هبل أقر اليوم أعيننا بهجاء محمد عليه السلام فقال هبل يا أهل مكة اعلموا أن هذا نبي حق ودينه حق ومحمد يدعوكم إلى الحق وأنتم وصنمكم باطل فإن لم تؤمنوا به ولم تصدقوا تكونوا في نار جهنم خالدين فيها أبدا فصدقوا محمدا وهو نبي الله وخير خلقه فقام أبو جهل عليه اللعنة وأخذ الصنم وضربه على الأرض وكسره وأحرقه بالنار فانصرف النبي عليه الصلاة والسلام إلى داره مسرورا ثم سماه عبد الله بن عبهر وأنشأ الشعر في قتل مسفر يقول :
أناعبد الله بن عبهر 🔅 اني قتلت ذا الفجور مسفرا
هممته بضرب سيفي منكرا 🔅 لدى الصفا والمروة طغى واستكبرا
وخالف الحق وقال منكرا 🔅 بشتمه نبيه المطهرا
والله لا أبرح حتى ينصرا 🔅 ويظهر الإسلام حتى يقرا
أو يذل فيه كل من تكبرا 🔅 كل يهودي ومن تنصرا
🔅 جنود كسرى وملوك قيصرا 🔅
Dari sayyidaina ‘Aliy bin Abi Thalib karramallahu wajhah ia berkata; Suatu hari, katika aku sedang bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam pada masa permulaan Islam tiba-tiba datang kepada kami seorang laki-laki yang menunggang unta, dan tanda-tanda perjalanannya serta jauhnya jarak yang dia tempuh benar-benar nampak bagi kami, lantas berhenti di hadapan kami dan berkata; Manakah di antara kalian yang bernama Muhmmad? Lalu aku memberi isyarah kepada Nabi ‘alaihishshalatu wassalam. Laki-laki itu berkata; Wahai Muhammad! Apakah engkau yang akan menjelaskan kepadaku tentang apa yang di perintahkan oleh Tuhan-mu? Ataukah aku yang akan menjelaskan kepadamu tentang apa yang di perintahkan oleh berhalaku? Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda kepadanya; Aku saja yang akan menjelaskan kepadamu tentang apa di perintahkan Tuhan-ku. Sayyidina ‘Aliy melanjutkan; kemudian Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menjelaskan kepadanya; Islam di bangun di atas lima dasar beserta dengan syarat-syaratnya. Laki-laki itu berkata; Wahai Muhammad! Aku adalah Ghossan bin Malik Al ‘Amiriy, aku memiliki berhala, dan setiap bulan rajab aku menyembelih kambingku di sampingnya sebagai persembahan kepadanya, lalu seorang laki-laki dari golongan kami yang bernama ‘Ishom juga menyembelih kambingnya, ketika ‘Ishom mengangkat tangannya dari sembelihannya, tiba-tiba dia mendengar suara dari dalam berhala itu; Wahai ‘Ishom! Islam telah datang, semua sesembahan akan hancur lebur, setiap darah di lindungi, persaudaraan akan terjalin dan Agama yang haqiqi serta keselamatan akan nampak bagimu. Mendengar suara itu ‘Ishom sangat senang lalu pergi mengabarkan hal itu kepadaku, dan setelah itu aku mendengar kabar tentangmu wahai rasulallah. Beberapa hari kemudian, seorang laki-laki bernama Thariq menyembilih kambing di sampingnya, ketika mengangkat tangannya, dia mendengar suara dari dalam berhala itu berkata; Wahai Thariq! Telah di utus seorang Nabi yang terpercaya, yang di mandapatkan wahyu dan firman dari Dzat Yang Maha Mulia dan Maha Pencipta. Lantas Thariq keluar meneriakkan suara itu kepada orang-orang hingga kabar tentangmu semakin kuat di kalangan kami wahai rasulallah, namun kami masih berada di antara percaya dan tidak. Maka tiga hari kemudian, aku menyembelih kambing sebagai persembahan untuk berhala tersebut, ketika aku mengangkat tanganku, aku mendengar suara yang sangat keras dari dalam berhala itu dan berkata dengan fashih; Wahai Ghassan bin Malik Al ‘Amiriy! Telah datang seorang Nabi yang haq dari bani Hasyim yang berada di tanah Tihamah, barangsiapa yang menolongnya dia akan selamat dan barangsiapa yang meremehkannya dia akan menyesal, dialah Nabi yang memberikan petunjuk dan mengajak ke jalan kebenaran hingga hari kiamat. Kemudian berhala itu terbang dan jatuh tersungkur ke tanah. Sayyidana ‘Aliy menlanjutkan; Lantas Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bertakbir dan para shahabat yang bersama beliau ikut bertakbir. Ghassan berkata; Dan aku melantunkan tiga ba’it sya’ir, apakah engkau mengijiniku untuk menembangkannya wahai Rasulallah? Lalu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam memberinya ijin. Ghassan bersya’ir; Ku tinggalkan perjalanan untuk mencari Nabi di tanah datar 🔅Di tanah pegunungan di beberapa Negara dari padang pasir Untuk menolong manusia terbaik dengan pertolongan yang kuat 🔅 Dan aku ikatkan tali dari tali-talimu ke dalam taliku. Dan aku bersaksi bahwa Allah adalah Haq lagi Esa 🔅Dan aku akan menolong Agama ini selama kakiku masih memindah sandalku
Sayyidina ‘Aliy berkata; Orang pertama yang masuk Islam setelah turunnya wahyu adalah sayyidah Khadijah kemudian Abu Bakar kemudian ‘Aliy kemudian Zaid bin Haritsah kemudian Qamariyah yaitu seorang budak wanita kemudian Hamzah kemudian ‘Utsman kemudian Zuhair kemudian Abu ‘Ubaidah bin Al Jarrah kemudian Thalhah kemudian Zubair ridlwanullahi Ta’ala ‘alaihim. Mereka semua masuk Islam dan menyembunyikan ke Islamannya dari orang-orang kafir. Lantas malaikat Jibril turun kepada Nabi ‘alaihishshalatu wassalam dan berkata; Wahai Muhammad! sesungguhnya Allah Ta’ala menyampaikan salam untukmu dan memerintahkanmu untuk mengajak manusia ke dalam Islam. Kemudian Nabi ‘alaihishshalatu wassalam pergi ke gunung Abi Qubais dan berseru dengan suara sangat keras; Katakanlah wahai manusia bahwa; Tidak ada Tuhan kecuali Allah dan Muhammad adalah utusan Allah. Ketika semua orang telah mendengar seruannya, maka orang-orang kafir berkumpul di Darun Nadwah dan merundingkan suatu masalah di antara mereka. Mereka berkata; Sesungguhnya Muhammad memaki-maki Tuhan kami dan mengajak kami untuk menyembah Tuhan yang tidak kami ketahui, bagaimana cara untuk mengatasi hal ini, Muhammad berkata kepada kami; Janganlah kalian menyembah Tuhan kalian yang berjumlah 360 berhala, kecuali kepada Allah yang Maha Yang Esa lagi Perkasa?. Di antara mereka ada Syaibah bin Rabi’ah, Walid bin Harits, Shafwan bin Umayyah, Ka’b bin Asyraf, Aswad bin Abdi Yaghuts Shakhr bin Al Harits, Kinanah bin Rabi’. Mereka adalah para pembesar orang-orang kafir Makkah, mereka berkata; Muhammad mengajak kita semua menyembah Tuhan yang tidak kita kenal, dan mengapa dia memaki-maki Tuhan kita?. Lantas salah seorang di antara mereka berdiri dan berkata; Muhammad bermaksud dengan ajakannya itu untuk mendapatkan harta, maka janganlah kita mempedulikannya. Mereka berkata; Muhammad tukang sihir dan penipu. Kemudian mereka berkata kepada Walid bin Harits; Apa komentarmu wahai Walid? Walid menjawab; Aku tidak bisa memberikan berkomentar apapun dalam masalah ini. Lalu mereka menganggap walid berpihak pada Nabi ‘alaihishshalat wassalam, sehingga mereka marah besar. Walid berkata; Berilah aku tenggang waktu selama tiga hari.
Walid bin Harits memiliki dua berhala yang terbuat dari mutiara, emas, perak dan dari bermacam-macam intan yang diletakkan di atas kursi dan memberinya bermacam-macam pakaian. Kemudian Walid menyembahnya selama tiga hari tiga malam berturut-turut, tidak makan, tidak minum, tidak masuk ke rumahnya dan tidak menemui anak-anaknya, dia merendah dan mendekatkan diri pada ke dua berhala tersebut. Pada hari ketiga dia berkata; Dengan lantaran aku menyembah kalian berdua selama tiga hari tiga malam berturut-turut, berkatalah kalian berdua dan kabarkanlah kepadaku mengenai urusan Muhammad. Lantas syaithan masuk ke dalam mulut berhala tersebut lalu menggerakkannya dan berkata; Sesungguhnya Muhammad itu bukan Nabi, maka janganlah kalian percaya kepadanya. Walid sangat senang mendengarnya, kemudian dia pergi dan mengabarkan hal itu kepada orang-orang kafir, sedangkan orang-orang kafir Makkah berkumpul di samping Walid. Mereka berkata; Sepantasnya kita mengatakan hal ini kepada Muhammad. Ketika Nabi ‘alaihishshalatu wassalam mendengar perkataan mereka, beliau merasa perihatin karenanya. Lantas malaikat Jibril ‘alaihissalam turun dan berkata; Wahai Muhammad! Celakalah bagi orang yang mengada-ada perkataan ini maksudku Walid. Walid tertawa setelah mendengar perkataan itu dan berkata; Aku tidak peduli.
Kemudian mereka berkumpul dan meletakkan berhala yang di beri nama Habila di hadapannya, mereka mengenakannya bermacam-macam pakaian dan mereka bersujud kepadanya, lantas Walid mengundang Nabi ‘alaihishshalatu wassalam dan beliau datang bersama dengan ‘Abdullah bin Mas’ud lalu duduk di sekitar mereka. Kemudian syaithan yang bermana Musfir masuk ke dalam perut berhala tersebut lalu menghujat dan mencaci maki Nabi ‘alaihishshalatu wassalam. Ketika mendengar suara itu, ‘Abdullah bin Mas’ud radliyallahu Ta’ala ‘anhu kebingungan dan berkata; Wahai Rasulallah! Apa yang di katakan berhala ini? Beliau bersabda; Wahai ‘Abdullah! Jangan takut terhadap berhala ini, karena sesungguhnya itu adalah suara syaithan. Lantas beliau pergi. Di tengah perjalanan, beliau berpapasan dengan seorang penunggang kuda berpakaian warna hijau lalu turun dari kudanya dan mengucapkan salam kepada Nabi ‘alaihishshalatu wassalam, maka beliau menjawab salamnya dan bersabda; Wahai penunggang kuda! Siapa kamu, ucapan salammu benar-benar mengagumkanku?. Dia menjawab; Aku adalah keturunan jin, aku telah masuk Islam sejak zaman Nabi Nuh ‘alaihissalam, namun aku mengembara dari tanah kelahiranku. Dan ketika aku pulang, aku menemukan isteriku sedang menangis, maka aku bertanya kepadanya, dan dia berkata kepadaku; Apakah kamu tidak tahu bahwasanya Musfir melakukan sesuatu yang di buat-buat terhadap Muhammad ‘alaihishshalatu wassalam? Setelah aku mendengarnya, aku langsung pergi melacak keberadaan Musfir lalu aku membunuhnya di antara Shafa dan Marwah, darah di pedangku ini adalah darahnya, kepalanya berada dalam kantong dan tangannya aku lemparkan di antara Shafa dan Marwah, adapun rupanya seperti anjing yang terpotong kepalanya. Nabi ‘alaihishshalatu wassalam merasa senang dan mendo’akannya dengan baik. Beliau bertanya; Siapa namamu? Dia menjawab; Namaku Muhair bin ‘Abhar dan tempat tinggalku di atas gunung Turisina. Muhair berkata; Wahai Rasulallah! Apakah engkau memerintahkanku untuk menghujat dan mencaci maki orang-orang kafir itu dari dalam mulut berhala-berhala mereka sebagaimana yang telah dilakukan oleh Musfir? Nabi ‘alaihishshalatu wassalam menjawab; Lakukanlah!.
Pada hari ke dua orang-orang kafir bekumpul dan mengundang Nabi ‘alaihishshalatu wassalam lalu meletakkan berhala Habila di hadapannya dan mengenakannya bermacam-macam pakaian, lantas mereka bersujud dan merendahkan diri kepadanya seperti yang mereka lakukan pada hari yang pertama. Mereka berkata; Wahai habila! Tenangkanlah jiwa kami dengan menghujat dan mencaci maki Muhammad. Berhala Habila berkata; Wahai penduduk Makkah! Ketahuilah bahwasanya Muhammad adalah seorang Nabi yang haq, Agamanya haq dan Muhammad mengajak kalian ke jalan yang haq. Sedangkan kalian dan berhala-berhala kalian adalah bathil. Apabila kalian tidak beriman dan membenarkannya, maka kalian akan berada dalam nereka Jahannam selama-lamanya. Yakinlah! Muhammad adalah Nabi Allah dan sebaik-baik makhluq-Nya. Lantas Abu Jahal berdiri dan mengambil berhala itu lalu membantingnya ke tanah, menghancurkannya dan membakarnya. Akhirnya Nabi ‘alaihishshalatu wassalam pergi dan kembali ke kediamannya dengan senang, lantas beliau memberi nama kepada Muhair dengan nama ‘Abdullah bin ‘Abhar. Dan ‘Abdullah bin ‘Abhar melantunkan sya’ir dalam keberhasilannya membunuh Musfir, dia bersya’ir;
Aku adalah ‘Abdullah bin ‘Abhar 🔅 Aku telah membunuh orang durhaka yaitu Musfir
Aku ayunkan pedangku padanya demi menumpas kemunkaran 🔅 Di antara Shafa Dan Marwah ketika dia congkak dan sombong
Menentang yang haq dan mengatakan kemunkaran
Dengan menghujat Nabi yang di sucikan 🔅 Demi Allah! Aku takkan tinggal diam hingga menolongnya
Hingga Islam tersebar luas dan di akui 🔅 Atau orang-orang yang sombong di hinakan Yaitu orang-orang Yahudi dan Nashrani
🔅 Pasukan raja Persia dan kerajaan Romawi 🔅
Berikut dalil ruh serta makna ruh yang berada didalam ayat al- Qur’an
Referensi
شرح دقائق الأخبار
{ الباب التاسع، عشر فى أن الروح بعد، الخروج يأتي إلى قبره ومنزله}
BAB XIX
KUNJUNGAN RUH KEDALAM KUBURNYA DAN RUMAHNYA
قَالَ النَّبِيِّ عَلَيْه السَّلَامِ إِذَا خَرَجَ الرُّوْحُ مِنْ بَدَنِ إِبْنِ آدَمَ وَمَضَى ثَلَاثَة أَيَّامٍ يَقُوْلُ الرُّوْحُ إِئْذَنْ لِي حَتّى أَمْشِى وَأَنْظَرَ إِلَى جَسَدِىْ الذِّى كُنْتُ فِيْهِ فَيَأْذِنُ الله تَعَالَى لَهُ فَيَجِئُ إِلَى قَبْرِهِ وَيَنْظَرُ مِنْ بَعِيْدٍ وَقَدْ سَالَ مِنْ مَنْخَرَيْهِ وَمِنْ فَمِهِ دَمٌ وَيَبْكِى بُكَاءً طَوِيْلًا ثُمَّ يَقُوْلُ أَوَاه يَاجَسَدِىْ اَلْمِسْكِيْنُ يَاحَبِيْبِي أَتَذْكُرُ أَيَّامَ حَيَاتِكَ هَذَا الْمَنْزِلُ مَنْزِلُ الْوَحْشَةِ وَالْبَلَاءِ وَالْكَرْبِ وَالْحُزْنِ وَالنَّدَامَةِ ثُمَّ يُمْضِى فَإِذَا كَانَ خَمْسَةَ أَيَّامٍ يَقُوْلُ يَارَبِّ إِئْذَنْ لِي حَتّى أَنْظَرَ إِلَى جَسَدِىْ فَيَأْذِنُ الله تَعَالَى لَهُ فَيَأْتِىْ إِلَى قَبْرِهِ وَيَنْظَرُ مِنْ بَعِيْدٍ وَقَدْ سَالَ مِنْ مَنْخَرَيْهِ وَمِنْ فَمِهِ وَأُذُنَيْهِ مَاءُ صَدِيْدٍ وَقَيْحٍ فَيَبْكِى بُكَاءً ثُمَّ يَقُوْلُ يَاجَسَدِىْ اَلْمِسْكِيْنُ يَاحَبِيْبِي أَتَذْكُرُ أَيَّامَ حَيَاتِكَ هَذَا مَنْزِلُ الْغَمِّ والْهَمِّ وَالْمِحْنَةِ والدِّيْدَانِ وَالْعَقَارِبِ فَأَكَلَتْ الدِّيْدِانِ لَحْمَكَ وَمَزَقَ جِلْدُكَ وَأَعْضَاؤُكُ ثُمَّ يُمْضِى فَإِذَا كَانَ سَبْعَةَ أَيَّامِ يَقُوْلُ يَارَبِّ إِئْذَنْ لِي حَتّى أَنْظَرَ إِلَى جَسَدِىْ فَيَأْذِنُ الله تَعَالَى لَهُ فَيَأْتِىْ إِلَى قَبْرِهِ وَيَنْظَرُ مِنْ بَعِيْدٍ وَقَدْ وَقَعَ فِيْهِ دُوْدٌ كَثِيْرٌفَيَبْكِى بُكَاءً شَدِيْدًا فَيَقُوْلُ يَاجَسَدِىْ أَتَذْكُرُ أَيَّامَ حَيَاتِكَ أَيْنَ أَوْلَادُكَ وَأَيْنَ أَقْرِبَاؤُكَ وَأَيْنَ زَوْجَتُكُ وَأَيْنَ إِخْوَانُكَ وَأَصْدِقَاؤُكَ وَأَيْنَ رُفَقَاؤُكَ وَأَيْنَ جِيْرَانُكَ الَّذِيْنَ يَرْضُوْنَ جِوَارَكَ الْيَوْمَ يَبْكُوْنَ عَلَيَّ وَعَلَيْكَ *
Rasulullah SAW. bersabda, “Apabila ruh itu telah keluar dari jasad anak Adam selang tiga hari, maka berkatalah ruh tersebut, “Wahai Tuhanku, ijinkanlah aku untuk berjalan dan melihat yang telah aku tempati.” Allah SWT. mengijinkannya, dan datanglah dia ke kubur dengan melihatnya dari jarak yang dekat. Ternyata telah mengalir darah dari kedua lubang hidung dan mulut jasad tersebut, maka menangislah ruh tersebut berkepanjangan seraya berkata, “Aku sungguh kasihan jasadku, kekasihku. Tidaklah kamu ingat waktu hidupmu bahwa ini adalah tempat yang keras, tempat bencana, tempat kesusahan, tempat kesedihan dan tempat penyesalan. Lalu kembalilah ruh tersebut. Setelah selang lima hari ruh tersebut memohon kepada Allah SWT., “Wahai Tuhanku, ijinkanlah aku untuk menjenguk jasadku.” Maka Allah SWT. mengijinkannya. Datanglah dia ke kubur dan melihat ajsadnya dari jarak yang dekat. Ternyata telah mengalir darah dari kedua lubang hidungnya, mulut dan kedua telinga jasad itu. Darah itu bercampur nanah yang sangat kental. Lalu menangislah ruh tersebut, seraya berkata, “Aduh sangat kasihan wahai jasadku. Tidakkah kau ingat dikala hidupmu,, bahwa ini adalah tempat kesedihan, kesusahan dan cobaan serta ulat-ulat dan kalajengking. Daging-dagingmu termakan olehnya, kulit-kulitmu terobek-robek karenanya, begitu pula tubuhmu.” Lalu kembalilah ruh tersebut. Setelah selang tujuh hari ruh tersebut memohon kepada Allah SWT., “Wahai Tuhanku, ijinkanlah aku untuk mengunjungi jasadku.” Lalu Allah SWT. mengijinkannya dan datanglah dia ke kubur melihat dari jarak yang dekat. Ternyata jasad tersebut telah dipenuhi oleh ulat yang sangat banyak. Menagislah ruh tersebut, seraya berkata, “Wahai jasadku, tidakkah kau ingat dimasa-masa hidupmu? Dimana anak-anakmu, dimana sanak kerabatmu, dimana teman-temanmu, dimana istrimu, dimana sahabat-sahabat karibmu dan dimana tetangga-tetanggamu yang sama-sama rela atas tetanggamu yang lain pada hari ini mereka sama menganis aku dan engkau.”
وَ رُوِىَ عَنْ أَبِى هُرَيْرَ رَضِيَ اللهُ تَعَالَى عَنْهُ إِذَا مَاتَ ابْنُ آدَمَ دَارَتْ رُوْحُهُ حَوْلَ دَارِهِ شَهْرًا فَنَظَرَ إِلَى مَا خَلْفَهُ مِنْ مَالِهِ كَيْفَ يُقْسَمُ أَوْ كَيْفَ تُؤَدَّى دُيُوْنَهُ فَإِذَا تَمَّ لَهُ شَهْرٌ رُدَّتْ إِلَى حُفْرَتِهِ فَتَدُوْرُ بَعْدَ ذَلِكَ حَتَّى يُتِمَّ عَلَيْهِ الْحَوْلُ فَيَنْظَرُ مَنْ يَدْعُوْلَهُ وَمَنْ يَحْزُنُ عَلَيْهِ فَإِذَا تَمَّ الْحَوْلُ رُفِعَ رُوْحُهُ إِلَى حَيْثُ يَجْتَمِعُ الْأَرْوَاحُ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ أَىْ يَوْمَ يُنْفَخُ فِى الصُّوْرِ.قَالَ تَعَالَى تَنَزَّلُ الْمَلَا ئِكَةُ وَالرُّوْحُ اَلْآيَةُ وَيُقَالُ مَعَهُمُ الرُّوْحُ وَالرَّيْحَانُ وَيُقَالُ الرُّوْحُ مَلَكٌ عَظِيْمٌ يَنْزِلُ لِخِدْمَةِ الْمُؤْمِنِيْنَ كَمَاقَالَ اللهُ تَعَالَى يَوْمَ يَقُوْمُ الرُّوْحُ وَالْمَلَائِكَةُ صَفًّالَا يَتَكَلَّمُوْنَ اِلَّا مَنْ اَذِنَ لَهُ الرَّحْمَنُ وَقَالَ صَوَابًا. اَلْآيَةُ قِيْلَ مَعْنَاهُ رُوْحُ بَنِى آدَمَ وَقِيْلَ الرُّوْحُ جِبْرَائِيْلُ عَلَيْه السَّلَامِ وَيُقَالُ الرُّوْحُ رُوْحُ مُحَمَّدٍ عَلَيْه السَّلَامِ تَحْتَ الْعَرْشِ يَسْتَأْذِنُ لَيْلَةَ الْقَدْرِ مِنَ اللّهِ فِى النُّزُوْلِ لِيُسَلِّمَ عَلَى جَمِيْعِ الْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ فَيَمُرُّ عَلَيْهِمْ وَيُقَالُ الرُّوْحُ رُوْحُ الْأْقْرِبَاءِ مِنَ الْأَمْوَاتِ وَيَقُوْلُوْنَ يَارَبَّنَا إِئْذِنْ لَنَا بِالنُّزُوْلِ إِلَى مَنْزِلِنَا حَتَّى نَرَى أَوْلَادَنَا وَعِيَالَنَا فَيَنْزِلُوْنَ فِى لَيْلَةِ الْقَدْرِ.
Dan diriwayatkan dari Abi Hurairah ra., apabila telah mati seorang mukmin. Maka ruhnya mengitari sekitar rumah sebulan. Dia melihat apa yang telah ia tinggalkan, bagaimana cara membaginya, dan bagaimana cara melunasi hutang-hutangnya. Apabila telah genap sebulan kembalilah dia ketempatnya. Setelah tiu berputar kembali hingga genap waktu setahun, maka dia lihat siapa mendoakannya, dan siapa yang merasa susah karenanya. Apabila telah genap setahun maka diangkatlah ruh tersebut ke tempat berkumpulnya para ruh hingga tiba hari kiamat, yaitu pada hari ditiup suatu sangsakala.Allah SWT berfirman :Artinya:“Para Malaikat sama-sama turun, demikian juga ruh.” (QS. Al-Qadar : 4)
Para Malaikat tersebut turun membawa ruh dan Roihan dikatakan pula bahwa ruh itu merupakan Malaikat yang agung turun untuk melayani orang-orang mukmin.Sebagaimana Firman Allah SWT. : Artinya:“Pada suatu hari ruh dan Malaikat-Malaikat berdiri berbaris dan tidak berkata sepatahpun kecuali atas jin Allah. Jika Allah mengijinkan maka berkatalah mereka dengan benar.” (QS. An-Naba’ : 30)
Makna ruh dari ayat tadi yaitu ruhnya anak cucu Adam as., Adapula yang mengatakan ruhnya Jibril as. Adapula yang mengatakan ruh itu adalah ruhnya Nabi Muhammad SAW. di bawah arsy yang memohon ijin kepada Allah SWT. untuk turun di malam Lailatul Qadr untuk memberi salam pada kaum mukminin dan mukminat dan berlalulah ruh itu atas mereka. Dan dikatakan pula bahwa ruh itu adalah ruh-ruhnya ahli kubur yang mohon ijin kepada Allah SWT., “Wahai Tuhan kami ijinkanlah kami untuk berkunjung ke rumah kami menjenguk anak-anak dan keluarga kami.” Maka turunlah mereka di malam Lailatul Qadar.
كَمَا قَالَ ابْنُ عَبَّاسٍ رَضِىَ اللَّهُ تَعَالَى عَنْهُمَااِذَاكَانَ يَوْمُ الْعِيْدِوَيَوْمُ عَاشُوْرَاءَ وَيَوْمُ الْجُمعَةِ الْاُوْلَى مِنْ رَجَبٍ وَلَيْلَةُ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ وَلَيْلَةِ الْقَدْرِوَلَيْلَةِ الْجُمُعَةِ تَخْرُجُ اَرْوَاحُ الْاَمْوَاتِ مِنْ قُبُوْرِهِمْ وَيَيْفُوْنَ عَلَى اَبْوَابِ بُيُوْتِهِمْ وَيَقُوْلُوْنَ تَرْحَمُوْاعَلَيْنَافِى هَذِهِ اللَّيْلَةِ الْمُبَارَكَةِ بِصَدَقَةٍ اَوْلُقْمَةٍ فَإِنَّا مُحْتَاجُوْنَ اِلَيْهَافَإِنْ بَخِلْتُمْ بِهَاوَلَمْ تُعْطُوْهَافَاذْكُرُوْنَابِفَاتِحَةِ الْكِتَابِ فِى هَذِهِ اللَّيْلَةِ الْمُبَارَكَةِ هَلْ مِنْ اَحَدٍ يَتَرَحَّمُوْعَلَيْنَاهَلْ مِنْ اَحَدٍ يَذْكُرُغُرْبَتَنَايَامَنْ سَكَنَ دَارَنَاوَيَامَنْ نَكَحَ نِسَاءَنَاوَيَامَنْ اَقَامَ فِى وَاسِعِ قُصُوْرِنَاوَنَحْنُ الْآنَ فِى ضَيْقِ قُبُوْرِنَاوَيَامَنْ قَسَمَ اَمْوَالَنَاوَيَامَنِ اسْتَذَلَّ اَيْتَامَنَا هَلْ مِنْكُمْ اَحَدٌ يَذْكُرُغُرْبَتَنَاَوَصُحُفُنَامَطْوِيَّةٌ وَكِتَابُكُمْ مَنْشُوْرٌ وَلَيْسَ لِلْمَيِّتِ فِى اللَّحْدِثَوْبٌ فَلَا تَنْسَوْنَ بِكَثْرَةِ مِنْ خُبْزِكُمْ وَدُعَائِكُمْ فَإِنَّامُحْتَاجُوْنَ اِلَيْكُمْ اَبَدًا. فَإِنْ وَجَدَ الْمَيِّتُ مِنَ الصَّدَقَةِ وَالدُّعَاءِ مِنْهُمْ رَجَعَ فَرَحًامَسْرُوْرًاوَاِزْلَمْ يَجِدْرَجَعَ مَحْزُوْنًاوَمَحْرُوْمًاوَآيِسًامِنْهُمْ.
“Telah berkata Ibnu Abbas ra. apabila datang hari ‘Aid, hari Jum’at pertama dari bulan Rajab, Malam Nisfu Sya’ban, lailatul Qadar dan malam Jum’at keluarlah ruh-ruh orang mati dari kubur mereka dan berhenti di pintu-pintu mereka dan berkata, “Kasihanilah kami pada malam yang penuh berkah ini dengan bersedekah atau memberi makan (orang yang memerlukan), karena kami ini sangat membutuhkan (pahala itu). Apabila kalian kikir untuk itu dan tak mampu memberikannya, maka ingatlah kami dengan membaca Al-Fatihah pada malam yang penuh berkah ini. Adakah orang yang mengingat pengembaraanku? Wahai penghuni rumahku, wahai orang yang menikahi istriku, wahai orang yang menempati gedung-gedungku. Kami sekarang dalam kesempitan kubur. Wahai orang yang membagi harta bendaku, yang orang menghina anak yatimku, adakah di antara kalian seseorang yang mengingat pengembaraan kami ini. Kitab-kitab amalku telah tertutup, sedangkan kitab amal-amal kalian masih berbuka. Tidak ada bagi mayat dalam kubur secarik kainpun, maka janganlah kalian lupakan kami dengan bersedekah sesuap makanan dan doa-doa kalian, karena kami membutuhkan selamanya.” Apabila mayat tersebut menemui shadaqah dan doa, maka kembalilah mereka dengan riang gembira. Dan apabila tidak, maka kembalilah dia dengan penuh kesedihan, penyesalah dan keputusasaan lantaran mereka.”
وَقَدْ قِيْلَ إنَّ الرُّوْحَ فِى مَجْمُوْعِ الْحَيَوَانَاتِ لَا فِى جَمِيْعِ الْبَدَنِ لَكِنَّهُ فِى جُزْءٍ مِنَ الْأَجْزَآءِغَيْرمُعَيَّنٍ بِدَلِيْلٍ ِأَنَّهُ يُجْرَحُ الْوَاحِدُ جَرَاحَاتٍ كَثِيْرَةٍ فَلَايَمُوتَ وَ يُجْرَحُ الْوَاحِدُ جَرَاحَةً وَاحِدَةً فَيَمُوْتُ لِأَنَّهَا أَصَابَتْ الْمَكَانَ الذِى حَلَّ فِيْهِ الرُّوْحُ وَقِيْلَ الرُّوْحُ حَالَةٌ فِى جَمِيْعِ الْبَدَنِ لِأَنَّ الرُّوْحَ فِى جَمِيْعِ الْبَدَنِ يَدُلُّ قَوْلُهُ تَعَالَى قُلْ يُحْيِيْهَاالَّذِى اَنْشَاَهَااَوَّلَ مَرَّةٍ. فَإِنْ قِيْلَ مَاالْفَرْقُ بَيْنَ الرُّوْحِ والرَّوَانِ قُلْنَا وَاحِدٌ لَيْسَ بَيْنَهُمَا فَرْقٌ كَمَا أَنَّ الْبَدَنَ مَعَ الْيَدِ وَاحِدٌ لَكِنْ الْيَدُ تَذْهَبُ وَتَجِئُ وَالْبَدَنُ لَايَتَحَرَّكُ قَطٌّ وَكَذَلِكَ الرَّوَانُ يَذْهَبُ وَيَجِئُ وَ لَايَتَحَرَّكُ قَطٌّ.ثُمَّ مَوْضِعُ الرُّوْحِ فِى الْجَسَدِ غَيْرُ مُعَيَّنٍ وَ مَوْضِعُ الرَّوَانِ بَيْنَ الْحَاجِبَيْنِ فَإِذَا زَالَتْ الرُّوْحُ مَاتَ الْعَبْدُ لَاشَكَّ وَإِذَا زَالَ الرَّوَانُ يَنَامُ الْعَبْدُ كَمَا أَنَّ الْمَاءَ إِذَا صُبَّ فِى الْقِصْعَةِ وَوُضِعَتْ فِى بَيْتٍ وَوَقَعَتِ الشَّمْسُ عَلَيْهَا مِنْ كُوْتٍ فَشَعَاعَهَا فِى السَّقْفِ وَلَمْ تَتَحَرَّكِ الْقِصْعَةُ مِنْ مَوْضِعِهَا فَكَذَلِكَ الرُّوْحُ سَكَتْ الْبَدَنَ وَشِعَاعُهَا فِى الْعَرْشِ وَهُوَ الرَّوَانُ فَيَرَى الرُّأْيَا فِى الْمَنَامِ وَهُوَ الْمَلَكُوْتُ.
Dan sungguh telah dikatakan pula bahwa sesungguhnya ruh pada kumpulan hewan pada semua badan, akan tetapi pada anggota-anggota tertentu yang tidak pasti. Dengan dalil bahwa apabila suatu tubuh dilukai dengan luka yang banyak dan kadang-kadang tidak mati. Akan tetapi ada yang terluka di satu tempat saja tubuh tersebut jadi mati karena luka tersebut tepat mengenai tempat ruh.Firman Allah SWT. :Artinya:” Katakanlah : “Ia akan dihidupkan oleh Dzat yang telah mewujudkan pertama kali.” (QS. Yasin : 79)
Dan apabila ditanya, apakah beda antara ruh dengan Rowan, maka kita menjawab bahwa keduanya adalah sama, tidak ada beda antara keduanya. Sebagaimana badan dengan tangan adalah satu. Akan tetapi tangan bebas bergerak kesana kemari, dan badan tidak bergerak. Demikian pula Rowan bisa bergerak kesana kemari, akan tetapi ruh tidak bergerak sedikitpun. Tempatnya ruh adalah didalam jasad tidaklah menentu, akan tetapi tempatnya Rowan yaitu di antara kedua alis. Apabila ruh yang hilang, maka tidaklah diragukan matilah hamba tersebut dan apabila Rowan yang hilang, maka tertidurlah hamba seperti air yang dituangkan dalam suatu wadah lalu diletakkan dalam rumah dan terkena panas cahaya dari suatu lubang, maka cahaya tersebut tetap di atas atap tanpa bergerak wadah tersebut dari tempatnya. Demikian halnya ruh tetap di dalam badan, sedangkan cahayanya berada di arsy yaitu Rowan. Maka terlihatlah suatu impian dalam tidur seorang hamba sedangkan Rowan berada di kerajaan .
وَأَمَّا مَسْكَنُ الرُّوْحِ بَعْدَ الْقَبْضِ فَقِيْلَ مَسْكَنُهَا الصُّوْرُ وَفِيْهِ ثَقْبٌ بِعَدَدِ كُلِّ حَيَوَانٍ يُخْلَقُ اِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ وَإِنْ كَانَ مُتَنَعِّمًا فَهُنَاكَ وَإِنْ كَانَ مُعَذِّبًا فَهُنَاكَ وَيُقَالُ إِنَّ أَرْوَاحَ الْمُؤْمِنِيْنَ فِى حَوَاصِلِ طُيُوْرٍ خَضْرٍ فِى عِلِّيِّيْنٍ وَأَرْوَاحُ الْكَافِرِيْنَ فِى حَوَاصِلِ طُيُوْرٍ سَوْدٍ فِى النَّارِ وَيُقَالُ إِنَّ أَرْوَاحَ الْمُؤْمِنِيْنَ إِذَا قَبِضَتْ رَفَعَتْهَا مَلَائِكَةُ الرَّحْمَةِ إِلَى السَّمَاءِ السَّابعَةِ بِالْإِكْرَامِ وَالْإِعْزَازِ فَيُنَادِى مُنَادِى مِنْ قِبَلِ الرَّحْمنِ أُكْتُبُوْهَا فِى عِلِّيِّيْنٍ ثُمَّ رُدُّوْهَا إِلَى الْأَرْضِ قَالَ فَيَرُدُّوْنَ رُوْحَهُ فِى جَسَدِهِ وَيُفْتَحُ لَهُ بَابٌ إِلَى الْجَنَّةِ فَيَنْظُرُ إِلَى مَوْضِعِهِ فِيْهَا حَتَّى تَقُوْمُ السَّاعَةُ وَأَرْوَاحُ الْكَافِرِيْنَ إِذَا قُبِضَتْ رَفَعَتْهَا مَلَائِكَةُ الْعَذَابِ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا فَتُغْلَقُ دُوْنَهَا أَبْوَابُهَا وَيُؤْمَرُ بِدَرَدِّهَا إِلَى مَضْجِعِ جَسَدِهَا وَيَضِيْقُ قَبْرُهُ وَيُفْتَحُ لَهُ بَابٌ إِلَى النَّارِ فَيَنْظُرُ إِلَى مَقْعَدِهِ حَتَّى تَقُوْمُ السَّاعَةُ وَعَلَى هَذَا قَوْلُهُ عَلَيْه السَّلَامِ : حَتَّى اَنَّهُمْ لَيَسْمَعُوْنَ صَوْتَ نِعَالِكُمْ وَاِنَّمَامُنِعُوْمِنَ الْكَلَامِ .
Adapun tempat ruh sesudah dicabut adalah berada didalam suatu sangsakala yang memiliki lubang sejumlah binatang-binatang yang telah tercipta hingga hari kiamat, baik ruh yang menerima kenikmatan maupun yang menerima azab.
Dan dikatakan bahwa ruhnya orang-orang mukmin berada dalam tembolok burung-burung hijau di Illiyyin, dan ruhnya orang-orang kafir berada dalam tembolok-tembolok burung hitam di dalam neraka.
Dikatakan pula bahwa apabila telah dicabut ruhnya orang-orang mukmin, maka diangkatlah oleh Malaikat rahmat ke langit ke tujuh dengan dimuliakan. Maka berserulah Dzat yang berseru dari sisi Allah yang Maha pengasih “Wahai Malaikat, catatlah ruh itu dalam Iliyyin lalu kembalikan dia ke bumi.” Maka dikebalikan ruh tersebut ke jasadnya dan dibukakan bagi mukmin itu pintu ke surga, terlihatlah olehnya tempat di surga hingga tiba kiamat.
Adapun ruh orang-orang kafir apabila telah dicabut, maka diangkatlah oleh Malaikat Azab ke langit dunia. Lantaran ruh tersebut, maka ditutuplah pintu-pintu langit dan diperintahkan kepada Malaikat
Tersebut untuk mengembalikan ke jasadnya. Maka sempitlah kuburnya dan dibukakan bagi orang kafir tersebut pintu menuju ke neraka. Maka terlihatlah tempatnya dalam neraka hingga tiba hari kiamat.
Hal ini sebutkan dalam sabda Rasulullah SAW. yang berbunyi :” Hingga sesungguhnya mereka itu benar-benar mendengar suara terompah kalian. Akan tetapi mereka dicegah untuk berbicara.”
.وَسُئِلَ بَعْضُ الْحُكَمَاءِعَنْ مَكَانِ الْأرْوَاحِ بَعْدَ الْمَوْتِ فَقَلَ إِنَّ أرواح الْأَنْبِيَاءِ فِى جَنّاتِ عَدْنٍ فِى اللَّحْدِ مُؤَلَّةٌ لِأَجْسَادِهَا والْأَجْسَادُ سَاجِدٌ اِلَى رَبِّهَا وَأرواحَ الشُهَدَأ فِى الٌفِرْدوس فِى وَسَطِ الْجَنَّةِ فِى حَوَاصِلِ طُيُوْرٍ خَضْرٍتَطَيَّرُ فِى الْجَنَّةِ حَيْثُ شائَتْ ثُمَّ يَأْتى اِلَى قَنَادِيْلِ مُعَلَّقَةّ بِالْعَرْشِ وَأَرْوَاحُ وِلْدَانِ الْمُسْلِمِيْنَ فِى حَوَاصِلِ عَصَافِيْرالْجَنَّةِ وَأَرْوَاحُ وِلْدَانِ الْمُشْرِكِيْنَ تَدُوْرُ فِى الْجَنَّةِ لَيْسَ مَأْوَى إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ ثُمَّ يَخْدِمُوْنَ الْمُؤْمِنِيْنَ وَأَرْوَاحُ الْمُؤْمِنِيْنَ الَّذِيْنَ عَلَيْهِمْ دَيْنٌ وَمُظَالِمٌ مُعَلَّقَةٌ بِالْهَوَآءِ لَا يَصِلُ إِلَى الْجَنَّةِ وَلَا إِلَى السَّمَاءِ حَتَّى يُؤَدِّىَ عَنْهَا الدَّيْنَ وَالظَّالِمَ وَأَرْوَاحُ الْمُسْلِمِيْنَ الْمُصِرِّيْنَ تُعَذِبُ فِى الْقَبْرِ مَعَ الْجَسَدِ وَأَرْوَاحُ الْكَافِرِيْنَ والْمُنَافِقِيْنَ فِى سِجّيْنٍ فِى نَارِ جَهَنَّمَ وَتُعْرَضُ عَلَيْهَا غُدُوًّا وَعَشِيًّا وَقِيْلَ إِنَّ الرُّوْحَ جِسْمٌ لَطِيْفٌ وَلِذَلِكَ لَايُقَالُ اللهُ تَعَالَى ذُوْ رُوْحٍ لِأَنَّهُ يَسْتَحِيْلُ أَنْ يَكُوْنَ مَحَلًّا كَالْأَجْسَامِ وَقَدَْقِيْلَ إِنَّ الرُّوْحَ عَرْضٌ يَنْشَقُ فِى الْهَوَآءِ وَهَذَانِ قَوْلَانِ قَوْلًا مَنْ أَنْكَرَ عَذَابَ الْقَبْرِ.
Telah ditanyakan sebagian ulama ahli Hikmah tentang tempat-tempat ruh sesudah mati ia menjawab bahwa ruh-ruh pada Nabi as. dalam surga And. Adakalanya berada dalam liang lahat dengan menggembirakan kepada jasadnya, sedangkan jasad itu sendiri dalam keadaan sujud pada Tuhannya. Adapun ruhnya para syuhada’, yaitu dalam surga Firdaus di tengah-tengah surga dan berada di tembok burung-burung hijau yang terbang dengan leluasa dalam surga, lalu datang pada beberapa lampu yang tergantung di Arsy. Ruhnya anak-anak muslim berada pada tembolok burung-burung sejoli di surga. Ruhnya anak-anak musyrik berputar dalam surga dan tidak mempuyai tempat hingga waktu hari kiamat. Kemudian anak- anak tersebut melayani orang-orang mukmin. Ruhnya orang-orang mukmin yang mempunyai hutang dan penganiayaan terkatung-katung di udara tidak sampai ke surga dan ke langit hingga dibayar hutang-hutang dan penganiayaan tersebut. Ruhnya muslim yang berdosa disiksa dalam kubur beserta jasad-jasadnya. Ruhnya orang-orang kafir dan musyrik berada di Sijjin neraka Jahannam dan ditunjukkan neraka itu padanya di waktu pagi dan sore. Dan dikatakan bahwa ruh itu adalah jism yang lembut. Untuk itu tidak dapat dikatakan bahwa Allah Ta’ala mempunyai ruh, karena sesungguhnya DIA mustahil mempunya tempat sebagaimana jasad-jasad ini. Dikatakan pula bahwa ruh itu adalah sesuatu yang baru dan dikatakan terhidup dari udara. Dua perkataan inilah salah satu perkataan orang-orang yang ingkar terhadap siksa kubur.
رُوِىَ أَنَّ الْيَهُوْدِى أَتُوا إِلَى النَّبِيِّ عَلَيْه السَّلَامِ فَسَأَلُوْهُ عَنِ الرُّوْحِ وَعَنْ أَصْحَابِ الَّرَّقِيْمِ وَعَنْ ذِى الْقَرْنَيْنِ فَنَزَلَ فِى شَأْنِهِمْ سُوْرَةَ الْكَهْفِ وَنَزَلَ فِى حَقِّ الرُّوْحِ قَوْلُهُ تَعَالَى وَيَسْئَلُوْنَ نَكَ عَنِ الرُّوْحِ قُلِ الرُّوْحُ مِنْ اَمْرِرَبِّى.قِيْلَ مَعْنَاهُ مِنْ عِلْمِ رَبِّى وَلَا عِلْمَ لِيْ بِهِ وَ قِيْلَ إِنَّ الرُّوْحَ لَيْسَ بِمَخْلُوْقٍ لِأَنَّهُ أَمْرُ اللّهِ تَعَالَى وَأَمْرُ اللّهِ تَعَالَى كَلَامٌ وَ قِيْلَ مَعْنَاهُ مِنْ رَبِّى بِكَلِمَةِ كُنْ وَإِنَّ الٌأَمْرَ عَلَى ضَرْبَيْنِ أَمْرُالْتِزَامِ كَأَمْرِهِ بِالْعِبَادَاتِ كَالصَّلَاةِ وَالصَّوْمِ والْحَجِّ والزّكَاةِ وَأَمْرُ تَكْوِيْنٍ وَهُوَأَمْرُ كُنْ كَقَوْلِهِ تَعَالَى قُلْ كُوْنُوْ حِجَارَةً أَوْ حَدِيْدًا أَوْ خَلْقًا وَ كَقَوْلِهِ تَعَالَى اِنَّمَآاَمْرُهُ اِذَااَرَادَشَيْئًااَنْ يَقُوْلُ لَهُ كُنْ فَيَكُوْنُ وَأَمَّا قَوْلُهُ تَعَالَى نزل بِهِ رُوْحُ الْاَمِيْنُ وَقَوْلُهُ تَعَالَى يَوْمَ يَقُوْمُ الرُّوْحُ وَالْمَلَائِكَةُ صَفًّا. قِيْلَ مَعْنَاهُ مِنْ صُوْرَةِ بَنِى آدَمَ وَأَنَّهُ مَلَكٌ عَظِيْمٌ يَقُوْمُ وَحْدَهُ صَفًّا
Telah diriwayatkan bahwa ada seorang Yahudi yang datang kepada Nabi SAW. lalu bertanya tentang ruh, Ashaburraqiim (papan yang tertulis), dan Dil Qormain. Maka turunlah surat Al-Kahfi.
Didalam kebenaran ruh itu turun pula firman Allah SWT. : Artinya:”Mereka hendak bertanya padamu (Wahai Muhammad) tentang ruh. Katakanlah bahwa ruh itu adalah urusan Tuhan.” (QS. Bani Israi : 85)
Makna dari Amri Robbi di sini adalah pengetahuan Allah Swt. Dan tiada pengetahuan bagiku tentang ruh.
Diucapkan bahwa ruh itu bukanlah makhluk. Karena dia adalah Amru Robbi dan Amru Robbi itu sendiri berupa kalam. Dan juga mempunyai makna bahwa ruh tersebut dari Allah SWT. dengan suatu kalimat Kun (Jadilah).
Dan sesungguhnya Amr (perintah) tersebut ada dua segi : pertama yaitu Amr yang telah ditentukan seperti Amr Allah dalam masalah beribadah, misalnya : shalat, zakat, puasa, haji. Adapun Amr Takwiin yaitu Amr Kun (Jadilah).
Firman Allah Ta’ala :Artinya:“Katakanlah, “Jadilah kalian semua bata atau besi atau makhluk.” (QS. Bani israil : 50)
Dan seperti Firnan Allah SWT.Artinya:“Sesungguhnya perintah Allah itu jika berkehendak terhadap sesuatu hanya mengucap padanya “Kun” (Jadilah), maka jadilah dia.”(QS. Yasin : 82)
Dan adapun Firman Allah SWT.: Artinya :“Telah turun pada Muhammad ruh yang bisa dipercaya.”
Dan Firman Allah SWT: Artinya:”Pada hari berdiri ruh dan para Malaikat berbaris.” (QS. An-Naba : 38)
Makna dari kata ruh di sini adalah ruhnya anak Adam atau para Malaikat yang agung yang sama berdiri dan berbaris.
وَأَمَّا قَوْلُهُ تَعَالَى لِآدَمَ فَاِذَاسَوَّيْتُهُ وَنَفَخْتُ فِيْهِ مِنْ رُوْحِىْ. الآيةُ فَمَعْنَاهُ إِذَااسْتَوَى خَلْقُ آدَمَ عَلَيْه السَّلَامِ وَنُفِخْتْ فِيْهِ الرُّوْحُ هَذَا إِضَافَةُ خَلْقٍ وَقِيْلَ إِضَافَةُ تَكْرِيْمٍ كَمَا يُقَالُ نَاقَةُ اللّهِ وَبَيْتُ اللّهِ .*
Adapun firman Allah Ta’ala tentang Adam as. :Artinya:“Dan tatkala AKU ciptakan Adam dan AKU tiup padanya ruh Kami … “ (Al Ayah)
Makna ruh di sini adalah jika telah tercipta Adam maka ditiupkanlah ruh kepadanya. Ini hanyalah sandaran pada Dzat yang menjadikan atau sandaran kemuliaan seperti kata-kata dalam Al-Quran : NAQOTULLOOHI, BAITULLOHI.
وَأَمَّا قَوْلُهُ تَعَالَى وَنَفَخْنَا فِيْهَا مِنْ رُوْحِنَا فَإِضَافَةُ تَكْرِيْمٍ عَلَى مَابَيَّنَاهُ وَقِيْلَ مَعْنَاهُ فَنَفَخْنَا فِيْهَا مِنْ رُوْحِنَا يَعْنِى جِبْرِيْلُ عَلَيْه السَّلَامِ وَعَلَى هَذَا َقِيْلَ الرُّوْحُ رُوْحُ عِيْسَى ابْنِ مَرْيَمِ لِأَنُّه خُلِقَ مِنْ نَفْخَةِ جِبْرِيْلَ عَلَيْه السَّلَامِ وَقِيْلَ مَعْنَاهُ الرَّحْمَةُ قَالَ اللهُ تَعَالَى وَاَيَّدَهُمْ بِرُوْحٍ مِّنْهُ
Sedangkan firman Allah SWT. Ta’ala yang artinya, “Maka telah Kami tiup ruh Kami ke dalamnya.” Adalah suatu sandaran memuliakan (Idlofatuttakrim) tentang sesuatu yang telah Allah SWT. jelaskan. Ada pula yang mengatakan bahwa makna dari ruh pada ayat tadi yaitu Malaikat Jibril as. Dan dikatakan pula “Arruh”adalah ruhnya Isa as. Karena Isa tercipta lantaran tiupan Jibril as. ditafsirkan pula bahwa makna ruh dalah rahmat.
Firman Allah SWT. :Artinya:”Dan Allah kuatkan mereka dengan rahmat dari-Nya.”
Wallahu A’lam bisshowab.