DEWAN PIMPINAN PUSAT
IKATAN ALUMNI BATA-BATA

DPP IKABA

DEWAN PIMPINAN PUSAT IKATAN ALUMNI BATA-BATA

Kategori
Bahtsul Masail Dzikir dan Doa Uncategorized

APAKAH DISEBUT MEMBACA AL-QUR’AN KALAU HANYA DENGAN MENGGERAKKAN LISAN DAN MEMBACA DALAM HATI..?

Assalamualaikum

Deskripsi Masalah.
Dalam Waqiiyah dimasyarakat ketika ada acara undangan haul atau selamatan kandungan , haji, dll dikemas acaranya dengan khotmil Qur’an hal tersebut tidak jarang terjadi dimasyarat, orang yang membaca al-Qur’an hanya dengan menggerakkan lisan saja bahkan ada yang dibaca didalam hatinya saja.

Pertanyaan.

  1. Apakah disebut membaca al-Qur’an jika hanya dengan menggerakkan lisan, dan membaca didalam hati..?
  2. Adakah perbedaan pahala antara dibaca dalam hati dan dengan lisan ?

Waalaikum salam.
Jawaban.

Waalikum salam.

Jawaban. No.1

Yang dinamakan Qiro’ah secara etemologi (bahasa) adalah membaca, dikatakan seseorang membaca kitab dengan bacaan yang diikuti beberapa kalimat secara melihat baik diucapkan ataupun tidak…….
Sedangkan secara istilah (terminologi) Qiro’ah adalah memperbaiki huruf-huruf dengan lisan sekiranya bisa didengar oleh dirinya, sebagian ulama’ mengatakan walau tanpa didengar oleh dirinya .

Dari definisi diatas dapat difahami bahwa yang dimakan Qiro’ah (membaca ) adalah memperbaiki bacaan huruf dengan ucapan lisan walaupun ucapannya hanya dengan menggerakkan lisan sekiranya ucapan tersebut dapat didengar oleh dirinya dan dalam satu pendapat walau tanpa didengar oleh dirinya . Sedangkan bacaan dalam hati tidak termasuk Qiro’ah secara istilah sebagaimana hanya menggerakkan lisan tanpa ucapan, namun boleh mengamalkan secara bahasa jika tidak memungkinkan mengamalkannya secara istilah . Akan tetapi karena dalam kondisi ini masih bisa mengamalkan bacaan al-Qur’an secara istilah maka tidak boleh mengamalkan secara bahasa. Oleh karenanya tidak sah disebut Qiro’ah membaca baik diluar sholat maupun didalam sholat tanpa memperbaiki ucapan huruf dengan menggerakkan lisan ( hanya dibaca dalam hati ) kecuali dalam kondisi dhoruroh junub namun dibaca diluar sholat.

Wallahu A’lam

الموسوعة الفقهية – 20871/31949

قراءة
التعريف:
١ – القراءة في اللغة: التلاوة، يقال قرأ الكتاب قراءة وقرآنا: تتبع كلماته نظرا، نطق بها أو لم ينطق.
وقرأ الآية من القرآن: نطق بألفاظها عن نظر أو عن حفظ فهو قارئ، والجمع قراء، وقرأ السلام عليه قراءة: أبلغه إياه، وقرأ الشيء قرءا وقرآنا: جمعه وضم بعضه إلى بعض.
واقترأ القرآن والكتاب: قرأه، واستقرأه: طلب إليه أن يقرأ، وقارأه مقارأة وقراء: دارسه.
والقراء: الحسن القراءة (1) .
والقراءة اصطلاحا: هي تصحيح الحروف بلسانه بحيث يسمع نفسه، وفي قول وإن لم يسمع نفسه (2) .

الموسوعة الفقهية – 15601/31949

إسماع المصلي قراءة نفسه:
8 – ذهب جمهور الفقهاء إلى أن أقل ما يجزئ في حالة الإسرار قراءة مسموعة يسمعها نفسه لو كان سميعا، مثلما هو مقرر في التكبير لأن ما دون ذلك ليس عندهم بقراءة. ونص المالكية على أن المطلوب في حالة الإسرار أن يسمع المصلي قراءته نفسه دون غيره، ويمكن أن يكتفي فيها – عندهم – بتحريك اللسان بالقرآن دون أن يلزم بإسماع نفسه، قال ابن القاسم: ” تحريك لسان المسر فقط يجزئه، ولو أسمع أذنيه كان أحب إلي. ولا يجزئ ما دون ذلك كالقراءة بالقلب؛ لأن تحريك اللسان شرط أدنى في صحة القراءة. قال ابن القاسم: كان مالك لا يرى ما قرأ به الرجل في الصلاة في نفسه ما لم يحرك به لسانه قراءة، وبناء على ذلك نقل عن شيوخ المالكية أن من حلف أن لا يقرأ فقرأ بقلبه لم يحنث. وأن الجنب يجوز له أن يقرأ القرآن بقلبه ما لم يحرك به لسانه (1) “.

Jawaban No.2

Adapun keutamaan antara bacaan yang dinyaringkan dan tidak dinyaringkan adalah dikondisikan, mengingat banyak ladang pahala yang diberikan Allah kepada umat Islam, salah satunya melalui Kitab Suci Alquran. Tak hanya mengamalkan isinya, membacanya saja sudah bernilai pahala dan mampu mendatangkan syafaat.
Sebagaimana Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda:

عَنْ أَبِي أُمَامَةَ الْبَاهِلِيُّ، قَالَ: سَمِعْتُ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، يَقُولُ: اِقْرَءُوا الْقُرْآنَ فَإِنَّهُ يَأْتِي يَوْمَ الْقِيَامَةِ شَفِيعًا لِأَصْحَابِهِ


Dari Abu Umamah al-Bahili ia berkata, aku pernah mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Bacalah Al-Quran, sebab ia akan datang di hari kiamat kelak sebagai pemberi syafaat kepada pembacanya.” (Hadits Riwayat Muslim No. 804).

Namun, tak sedikit orang yang merasa tidak optimis ( tidak percaya diri ) tentang pengetahuan membaca Alquran yang dimilikinya, sehingga memilih untuk membaca Al-Quran dalam hatinya . Beberapa orang juga khawatir terjerumus kepada riya jika membaca Al-Al-Quran dengan suara yang dapat didengar orang. Meski begitu, Nabi Muhammad SAW melarang umatnya untuk membaca Al-Quran dengan cara membatin. Dijelaskan dalam sebuah hadits, dari Abu Hurairah, Nabi SAW bersabda:

لَيْسَ مِنَّا مَنْ لَمْ يَتَغَنَّ بِالْقُرْآنِ

“ Tidak termasuk golongan kami, orang yang tidak melagukan terhadap Alquran.” (HR. Bukhari)
Makna hadits tersebut menurut Imam Nawawi, Imam Syafi’i, dan banyak ulama dari berbagai bidang ilmu, bahwa ‘yataghanna’ artinya memperbagus suara ketika membaca Alquran. Para ulama tersebut juga menambahkan bahwa tidak boleh membaca Alquran di dalam hati, tanpa ada gerakan bibir. Maka dalam membaca al-Qur’an dinyaringkan dan tidak dinyaringkan dalam keutamaannya dikondisikan sebagai berikut:

a). Libih utama dibaca dengan lisan (jelas/nyaring ) daripada dibaca tidak nyaring .Jika sekiranya tidak mengganggu.

b). Lebih utama tidak dinyaringkan apabila dinyaringkan dapat mengganggu.

c). Dan yang lebih utama menurut Imam Nawawi adalah menggabungkan keduanya ( antara nyaring dan tidak nyaring /sederhana )

الموسوعة الفقهية – 8136/31949

الجهر بالقراءة:
15 – وقد وردت أحاديث باستحباب الجهر بالقرآن، وأخرى باستحباب الإخفاء، فمن الأول حديث الصحيحين: – ما أذن الله لشيء ما أذن لنبي حسن الصوت يتغنى بالقرآن يجهر به (1) ومن الثاني حديث أبي داود والترمذي والنسائي: الجاهر بالقرآن كالجاهر بالصدقة، والمسر بالقرآن كالمسر بالصدقة (2) قال النووي: والجمع بينهما أن الإخفاء أفضل، حيث خاف الرياء، أو تأذى مصلون أو نيام بجهره، والجهر أفضل في غير ذلك لأن العمل فيه أكثر، ولأن فائدته تتعدى إلى السامعين، ولأنه يوقظ قلب القارئ ويجمع همه إلى الفكر، ويصرف سمعه إليه، ويطرد النوم ويزيد في النشاط، ويدل لهذا الجمع حديث أبي داود بسند صحيح عن أبي سعيد اعتكف رسول الله صلى الله عليه وسلم في المسجد فسمعهم يجهرون بالقراءة فكشف الستر وقال: ألا إن كلكم مناج لربه، فلا يؤذين بعضكم بعضا، ولا يرفع بعضكم على بعض في القراءة ( 3)

والله أعلم بالصواب

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *