
FASAKH NIKAHNYA SUAMI ISTRI YANG NIKAH SIRRI(AKAD NIKAH YANG TIDAK TERCATAT DI KUA)
Deskripsi Masalah :
Pernikahan bagi masyarakat Indonesia adalah suatu hal yang sangat sakral, tak jarang mereka melaksanakan dengan begitu khidmatnya. Akan tetapi di samping itu, ada hal yang sangat disayangkan, yakni sebagian dari masyarakat kita enggan untuk melaksanakan proses pernikahan melalui KUA, sehingga pihak KUA juga enggan untuk bertanggung jawab jika nanti terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti kasus yang menimpa Husna, setelah ditinggal satu tahun oleh Hasan, suaminya, tanpa ada kabar berita mengenainya, kebingunganpun mulai menghantui Husna, karena pengajuan fasakh-nya tidak ditanggapi dengan serius oleh pihak KUA dengan dalih pernikahan mereka tidak melalui prosedur pemerintah(Pernikahan diantara Hasan dan Husna itu nikah sirri dan tidak tercatat di Kantor Urusan Agama/KUA).
Pertanyaan :
- Bolehkah Husna men-fasakh nikahnya sendiri? Kalau boleh bagaimana caranyaย
Jawaban ditafsil :ย
a) Tidak Boleh, Kecuali husna menunggu suaminya datangย caranyaย seorang Husna mengatakan kepada Suaminya Fasakhlah saya sedangkan suaminya menjawabย dengan ungkapan saya fasakh nikahmu , maka menurut pendapat lebih benar adalah sah. Adapun jika suami benar- benar tidak diketahuiย dan hakim pun enggan untuk memberikan putusan fasakh, maka dalam hal ini hukumnya adalah :
b). Boleh fasakh sendiri ย
Referensi fasakh.
ูุชุงุจ ุงูุจูุงู ูู ู ุฐูุจ ุงูุฅู ุงู ุงูุดุงูุนู ุฌ.ูกู ุต ูกูฆ-ูกูง ูุฅุฐุง ูููุง:ย ุฅู ุงูุฎูุน ูุณุฎ..ย ูุงู ุตุฑูุญู:ย ุงูุฎูุน ูุงูู ูุงุฏุงุฉุ ูุฃู ุงูุฎูุน ูุฑุฏุช ุจู ุงูุณูุฉ ูุซุจุช ูู ุนุฑู ุงูุงุณุชุนู ุงูุ ูุงูู ูุงุฏุงุฉ ูุฑุฏ ุจูุง ุงููุฑุขู ูุซุจุช ููุง ุนุฑู ุงูุงุณุชุนู ุงู. ูุฅู ูุงูุช:ย ูุงุณุฎูู ุนูู ุฃููุ ุฃู ุงูุณุฎูู ุจุฃููุย ููุงู:ย ูุงุณุฎุชู ุฃู ูุณุฎุชู.. ููู ูู ุตุฑูุญ ูู ุงููุณุฎุ ุฃู ููุงูุฉ ูููุย ุนูู ูุฌููู: ุฃุญุฏูู ุง:ย ุฃูู ููุงูุฉ ูู ุงููุณุฎุ ููุง ููุน ุจู ุงููุณุฎ ุญุชู ููููุง ุงููุณุฎุ ูุฃูู ูู ูุซุจุช ูู ุนุฑู ุงูุงุณุชุนู ุงูุ ููู ูุฑุฏ ุจู ุงูุดุฑุน ูุงูุซุงูู:ย ุฃูู ุตุฑูุญ ูููุ ููููุณุฎ ุงูููุงุญ ู ู ุบูุฑ ููุฉุ ููู ุงูุฃุตุญุ ูุฃูู ุญูููุฉ ููู ูู ุนุฑูู ูู ุนุฑู ุฃูู ุงููุณุงู. ูุฅู ูุงูุช:ย ุฎููู ุนูู ุฃููุ ุฃู ุจุชูู ุนูู ุฃููุ ูุบูุฑ ุฐูู ู ู ููุงูุงุช ุงูุทูุงูุย ููุงู:ย ุฎููุชู ุฃู ุจุชุชูุ ููู ููููุง ุงูุทูุงูุย ูุฅู ูููุง:ย ุฅู ุงูุฎูุน ุตุฑูุญ ูู ุงูุทูุงู ุจุฏุฎูู ุงูุนูุถ.. ุตุงุฑุช ูุฐู ุงูููุงูุงุช ุตุฑูุญุฉ ูู ุงูุทูุงู ุจุฏุฎูู ุงูุนูุถ ูููุง
ุดุฑุญ ุฒุงุฏ ุงูู ุดุชููุน ุต ูกูก
ุฅุฐุง ุทูุจุช ู
ูู ุงู
ุฑุฃุชู ุงูุฎูุนุ ูุฎุงูุนูุงุ ูุฅุฐุง ุทูููุง ุจุนุฏ ุฐูู ูุฅู ูุฐุง ุงูุทูุงู ูุง ููุน ูุฐูู ูุฃูู ูุง ูู
ูู ุจุถุนูุง ููู ุฃุฌูุจูุฉ ุนูู.
ุฅุฐุง ููุน ุจููุธ ุงูุฎูุน ูุฃู ูููู:ย ” ุฎุงูุนุชู “ุย ุฃู ุจููุธ ุงููุณุฎ ูุฃู ูููู:ย ” ูุณุฎุชู “ุย ุฃู ุงููุฏุงุก ุจุฃู ูููู:ย ” ูุงุฏูุชู “ุ ููู
ูููู ุทูุงูุงู ูุฅูู ูููู ูุณุฎุงูุ ูุฐุง ูู ุงูู
ุดููุฑ ูู ุงูู
ุฐูุจ ููู ุฃุญุฏ ูููู ุงูุดุงูุนูุย ูุฃู
ุง ุงูุฌู
ููุฑ ููุงููุง:ย ูู ุทูุงู ุจุงุฆู ุฃูุถุงูุ ููุณุชุฏููู ุจู
ุง ุชูุฏู
ุฐูุฑู ูู ุงูู
ุณุฃูุฉ ุงูุฃูููุ ููู ููู ุถุนูู ูู
ุง ุชูุฏู
ุ ูุงูุฑุงุฌุญ ุฃูู ูุณุฎุ ูู
ุง ุชูุฏู
ูู ูุตุฉ ุงูู
ุฎุชูุนุฉ ูุฃู ุงููุจู – ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู
– ุฃู
ุฑูุง ุฃู ุชุนุชุฏ ุจุญูุถุฉ ููุฐุง ูุฏู ุนูู ุฃูู ููุณ ุจุทูุงู ุจุงุฆูุ ุฅุฐ ูู ูุงู ุทูุงูุงู ุจุงุฆูุงู ูุฃู
ุฑูุง ุฃู ุชุนุชุฏ ุจุซูุงุซุฉ ูุฑูุกุย ููุฏู ุนููู ุฃูุถุงู ุฃู ุงููู ุนุฒ ูุฌู ูุงู:ย {ุงูุทูุงู ู
ุฑุชุงู ูุฅู
ุณุงู ุจู
ุนุฑูู ุฃู ุชุณุฑูุญ ุจุฅุญุณุงู …..ุฅูู ุฃู ูุงู …. ูุฅู ุฎูุชู
ุฃูุง ูููู
ุง ุญุฏูุฏ ุงููู ููุง ุฌูุงุญ ุนูููู
ุง ููู
ุง ุงูุชุฏุช ุจู …. ุฅูู ุฃู ูุงู … ูุฅู ุทูููุง ููุง ุชุญู ูู ู
ู ุจุนุฏ ุญุชู ุชููุญ ุฒูุฌุงู ุบูุฑู}ย ุ ูุฐูุฑ ุทููุชูู ุฃููุงูุ ุซู
ุฐูุฑ ุงูุฎูุนุ ุซู
ุฐูุฑ ุทููุฉุ ููู ูุงู ุงูุฎูุน ุทูุงูุงู ููุงูุช ุงูุทููุฉ ุงูุชู ุฐูุฑูุง ููย {ูุฅู ุทูููุง}ย ุฑุงุจุนุฉ ูุง ุซุงูุซุฉ ููุฐุง ู
ู
ุชูุน ุจุงุชูุงู ุฃูู ุงูุนูู
ุ ูุฏู ุนูู ุฃูู ูุฏุงุก ูููุณ ุจุทูุงูุย ููุฏู ุนููู ุฃูุถุงู ุฃู ุงููู ุฐูุฑู ุจููุธ ุงููุฏุงุก ููุงู:ย {ููู
ุง ุงูุชุฏุช ุจู}ย ุย ูุนูู ุฐูู ุงูุฑุงุฌุญ ู
ุง ุฐูุจ ุฅููู ุงูุญูุงุจูุฉ ูู ูุฐู ุงูู
ุณุฃูุฉ ูุฅุฐุง ูุงู:ย ูุณุฎุชู ุฃู ูุงุฏูุชู ุฃู ูุญู ุฐูู ู
ู ุฃููุงุธ ุงูุฎูุน ูุฅูู ูุณุฎ ูููุณ ุจุทูุงูุ ูุนููู ููู ุทูุงู ุจุนูุถ ุณูุงุก ูุงู ุจููุธ ุงูุฎูุน ุฃู ุจููุธ ุงูุทูุงูุ ูุณูุงุก ูุงู ุจููุฉ ุงูุฎูุน ุฃู ุจููุฉ ุงูุทูุงู ููู ูุณุฎ ูููุณ ุจุทูุงู ุจุงุฆู ูู ุงูุฑุงุฌุญ ู
ู ุงูู
ุณุฃูุชูู ุงูู
ุชูุฏู
ุชููุ ูููุง ุงุฎุชูุงุฑ ุดูุฎ ุงูุฅุณูุงู
ูุชูู
ูุฐู ุงุจู ุงูููู
ุย ููู ูููู:ย ” ูุง ูููุต ุนุฏุฏ ุงูุทูุงู “ุ ูุฅุฐุง ุทูููุง ู
ุฑุชูู ู
ุซูุงู ุซู
ุงุฎุชูุนุช ู
ูู ููุญู ูู ุฃู ูููุญูุง ุจุนุฏ ุฐูู ูุจู ุฃู ุชููุญ ุฒูุฌุงู ุขุฎุฑุ ููุง ุชุฌุจ ุนููู ุทููุฉ ุจู ูู ูุณุฎ.
Jika seorang istri meminta khulโ dari suaminya, lalu suami menerima dan mengabulkannya, maka jika setelah itu suami menjatuhkan talak, talak tersebut tidak sah. Sebab, ia tidak lagi memiliki hubungan pernikahan dengan wanita tersebut, sehingga wanita itu menjadi orang asing baginya.
Jika perceraian terjadi dengan lafaz khulโ seperti mengatakan, “Khalaโtuki” (Aku menceraikanmu dengan khulโ), atau dengan lafaz fasakh seperti mengatakan, “Fasaqtuki” (Aku membatalkan pernikahanmu), atau dengan lafaz fidaโ seperti mengatakan, “Fadaytuki” (Aku menebus perceraianmu), dan tidak diniatkan sebagai talak, maka ini dihukumi sebagai fasakh, bukan talak. Ini adalah pendapat yang masyhur dalam mazhab Hanbali dan salah satu dari dua pendapat Imam Syafiโi.
Adapun mayoritas ulama berpendapat bahwa khulโ tetap dihukumi sebagai talak bain, dan mereka berdalil dengan argumentasi yang telah disebutkan dalam masalah sebelumnya. Namun, pendapat ini dianggap lemah sebagaimana telah dijelaskan.
Pendapat yang lebih kuat adalah bahwa khulโ adalah fasakh, bukan talak. Dalilnya adalah kisah seorang wanita yang meminta khulโ pada zaman Nabi ๏ทบ, di mana beliau memerintahkannya untuk menjalani masa iddah hanya satu kali haid. Jika khulโ dianggap sebagai talak bain, seharusnya masa iddahnya tiga kali haid.
Dalil lain adalah firman Allah:
“Talak (yang dapat dirujuk) dua kali. Setelah itu boleh rujuk dengan cara yang baik atau menceraikan dengan cara yang baik… Jika kalian khawatir mereka tidak dapat menegakkan hukum-hukum Allah, maka tidak ada dosa bagi keduanya dalam hal tebusan yang diberikan… Jika ia menceraikannya (lagi), maka wanita itu tidak halal baginya hingga ia menikah dengan suami lain.” (QS. Al-Baqarah: 229-230)
Dalam ayat ini, Allah menyebutkan dua talak pertama, lalu menyebut khulโ, kemudian menyebut satu talak lagi. Jika khulโ dihitung sebagai talak, maka talak yang disebut dalam ayat “fa in tallaqaha” (jika ia menceraikannya) seharusnya menjadi talak keempat, bukan ketiga. Ini bertentangan dengan ijmaโ ulama bahwa jumlah maksimal talak adalah tiga. Oleh karena itu, khulโ harus dianggap sebagai fidaโ (tebusan), bukan talak.
Allah juga menyebut khulโ dengan lafaz fidaโ dalam firman-Nya: “fimaa iftadat bihi” (dalam hal tebusan yang diberikan). Oleh karena itu, pendapat yang lebih kuat adalah mazhab Hanbali, yang menyatakan bahwa jika seorang suami mengatakan “Aku membatalkan pernikahanmu”, “Aku menebus perceraianmu”, atau lafaz lain yang bermakna khulโ, maka itu dianggap fasakh, bukan talak.
Berdasarkan ini, setiap perceraian dengan kompensasi (bayaran) โ baik menggunakan lafaz khulโ atau talak, serta dengan niat khulโ maupun talak โ tetap dihukumi sebagai fasakh, bukan talak bain. Ini adalah pendapat Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah dan muridnya, Ibnul Qayyim.
Pendapat ini juga menegaskan bahwa khulโ tidak mengurangi jumlah talak. Artinya, jika seorang suami telah menjatuhkan dua talak, lalu terjadi khulโ, ia masih bisa menikahi istrinya lagi tanpa harus menunggu istrinya menikah dengan laki-laki lain. Sebab, khulโ dihukumi sebagai fasakh, bukan bagian dari tiga talak.
Dengan demikian dapat dipahami jika seorang istri meminta khulโ, lalu suami menyetujuinya, maka suami tidak bisa lagi menjatuhkan talak setelahnya karena hubungan pernikahan telah berakhir. Mazhab Hanbali dan sebagian ulama Syafiโiyyah menganggap khulโ sebagai fasakh, sedangkan mayoritas ulama menganggapnya sebagai talak bain. Dalil kuat yang mendukung bahwa khulโ adalah fasakh adalah perintah Nabi ๏ทบ kepada wanita yang menjalani khulโ untuk beriddah satu kali haid, serta urutan dalam ayat Al-Qur’an yang menunjukkan bahwa khulโ bukan bagian dari tiga talak. Jika suami telah menjatuhkan dua talak, lalu terjadi khulโ, suami masih bisa menikahi mantan istrinya tanpa harus menunggu dia menikah dengan pria lain, karena khulโ tidak mengurangi jumlah talak.
ุชุญูุฉ ุงูู ุญุชุงุฌ ูู ุดุฑุญ ุงูู ููุงุฌ ูุญูุงุดู ุงูุดุฑูุงูู ูุงูุนุจุงุฏู. [ ุงุจู ุญุฌุฑ ุงูููุชู ู ]ุฌูง ุตูฃูคูข
ููููุญููู ููุณูุฎูุช ุฃููู ุฃูุฒูููุช ุฃููู ุฑูููุนูุช ุฃููู ุตูุฑูููุช ููููุงุญูู ุตูุฑููุญู ููุณูุฎู ููููุญููู ููุณูุฎูุชูู ุฃููู ุตูุฑูููุชููู ููููุงููุฉู (ููุงูุทููููุงูู) ุจูุตูุฑููุญู ุฃููู ููููุงููุฉู ูููููู ู ูุนููููููุง ููุฃููู ููููู ุจูุงููููุณูุฎู ุทูููุงููุง (ุงุฎูุชูููุงุฑู) ููููู ูุทููููููุฉู ุฅุฐู ููุง ููุฎูุงุทูุจู ุจููู ุฅูููุง ุงูุฒููููุฌูุฉู ููุฅููู ุทูููููู ุฃูุฑูุจูุนูุง ุชูุนูููููู ููููููููุงุญู ููุงููุฏูููุนู ุงููุจูุงููู ุดูุฑูุนูุง ููููุง ููููุงููู ู ูุง ุชูููุฑููุฑู ููู ุงููููุณูุฎู ููุงุนูุฏูุฉู ุฃูููู ู ูุง ููุงูู ุตูุฑููุญูุง ููู ุจูุงุจููู ููุฃููููููุง ุฃูุบูููุจููููุฉู ููุณูุฑูู ุงุณูุชูุซูููุงุกู ููุฐูุง ู ูููููุง ุงูุชููููุณูุนูุฉู ุนูููู ู ููู ุฑูุบูุจู ููู ุงููุฅูุณูููุงู ู ููููููุฌูููู ุจูุฃูููู ููุถููููุฉู ุงููููุงุนูุฏูุฉู ุฃูููู ูููููุฉู ุงูุทููููุงูู ุจูุงููููุณูุฎู ูููููู ููููุง ููุฌููุฒู ุชูุนูููููููู ู ูุนู ุฃูููููู ููุฏู ููููููู ูููู ููููู ุฑูุบูุจูุฉู ุฏูููู ุงูุชููุฎููููุฑู ููุงููุชูุถูุชู ู ูุณูุงู ูุญูุชููู ุจูุฃูู ููุฑู ุฃูุฎูุฑูู ู ูุณูุงู ูุญูุชููู ุจูุงููุงุนูุชูุฏูุงุฏู ุจููููููุชููู ุญูุชููู ููุฌููุฒู ูููู ุงูุชููุนูููููู ููููุง ููุธูุฑู ุฅููู ูููููู ุงูุทููููุงูู ุฃูุถูุฑูู ู ููู ุงููููุณูุฎู ููููููุตููู ุงููุนูุฏูุฏู ุฏูููููู ููููุง ู ูุณูุงู ูุญูุฉู ููุฃูููู ุงููู ูุณูุงู ูุญูุฉู ู ููู ุฌูููุฉู ููุง ุชูููุชูุถููููุง ู ููู ููููู ุฌูููุฉู.
ููููู: ุฅูู ุฃูุฑูุงุฏู ููููุธู ุงูุทููููุงูู ุงููุชูุถูู ุฃููู ููุง ููุตูุญูู ุจูู ูุนูููุงูู ููููููุณู ููุฐููููู ุฅุฐู ” ููุณูุฎูุชู ููููุงุญููู ” ุจููููููุฉู ุงูุทููููุงูู ุงุฎูุชูููุงุฑู ููููููููุงุญู ููุฅููู ุฃูุฑูุงุฏู
Ungkapan seperti “Aku telah membatalkan,” “Aku telah menghapus,” “Aku telah mencabut,” atau “Aku telah mengalihkan pernikahanmu” termasuk lafaz sharih (jelas) dalam pembatalan nikah. Sedangkan ungkapan seperti “Aku telah membatalkanmu” atau “Aku telah mengalihkanmu” termasuk kinayah (tidak langsung).
Talak, baik dengan lafaz sharih atau kinayah, bahkan jika bersifat muโallaq (tergantung syarat), seperti ketika seseorang berniat dengan kata “pembatalan” sebagai talak, maka itu menjadi pilihan bagi istri. Sebab, hanya istri yang dapat menjadi pihak yang diberi hak pilihan dalam hal ini. Jika seorang suami mentalaq empat istri, maka yang berhak untuk tetap dalam pernikahan adalah yang dipilihnya, sedangkan selebihnya gugur secara syarโi.
Hal ini tidak bertentangan dengan kaidah yang menyatakan bahwa sesuatu yang sharih dalam babnya tetap diprioritaskan. Sebab, kaidah tersebut bersifat umum, sedangkan pengecualian dalam kasus ini bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi orang yang ingin masuk Islam. Kaidah tersebut dapat dijelaskan bahwa niat talak dalam lafaz “pembatalan” dianggap seperti lafaz talak itu sendiri, sehingga tidak diperbolehkan mengaitkannya dengan syarat. Namun, bisa jadi seseorang memiliki keinginan untuk bercerai tetapi tidak ingin menggunakan lafaz “pemilihan”, sehingga diberikan dispensasi dalam hal tertentu, termasuk memperhitungkan niatnya dalam kasus ini, sehingga talaknya dapat digantungkan pada syarat.
Tidak perlu mempertimbangkan bahwa talak lebih merugikan dibanding pembatalan karena talak mengurangi jumlah talak yang tersisa bagi suami, sedangkan pembatalan tidak demikian. Oleh karena itu, dispensasi yang diberikan dalam satu aspek tidak secara otomatis berarti diberikan dalam semua aspek.
Dikatakan: Jika seseorang hanya bermaksud pada lafaz talak, maka seharusnya tidak sah hanya dengan maknanya saja. Namun, kenyataannya tidak demikian. Sebab, ungkapan “Aku telah membatalkan pernikahanmu” dengan niat talak tetap dianggap sebagai pemilihan dalam pernikahan.
๐ ุจุบูุฉ ุงูู ุณุชุฑุดุฏูู ูู ุชูุฎูุต ูุชุงูู ุจุนุถ ุงูุฃุฆู ุฉ ุงูู ุชุฃุฎุฑููุ ุต ูฅูกูฅ (ู ุณุฃูุฉ: ู): ูู ูุณุฎ ุงูููุงุญ ุฎุทุฑุ ููุฏ ุฃุฏุฑููุง ู ุดุงูุฎูุง ุงูุนูู ุงุก ูุบูุฑูู ู ู ุฃุฆู ุฉ ุงูุฏูู ูุง ูุฎูุถูู ูููุ ููุง ููุชุญูู ูุฐุง ุงูุจุงุจ ููุซุฑุฉ ูุดูุฒ ูุณุงุก ุงูุฒู ุงูุ ูุบูุจุฉ ุงูุฌูู ุนูู ุงููุถุงุฉ ููุจูููู ุงูุฑุดุงุ ูููู ูููู: ูุฌูุฒ ูุณุฎ ุงูุฒูุฌุฉ ุงูููุงุญ ู ู ุฒูุฌูุง ุญุถุฑ ุฃู ุบุงุจ ุจุชุณุนุฉ ุดุฑูุท: ุฅุนุณุงุฑู ุจุฃูู ุงููููุฉุ ูุงููุณูุฉุ ูุงูู ุณูู ูุง ุงูุฃุฏู ุ ุจุฃู ูู ููู ูู ูุณุจ ุฃุตูุงูุ ุฃู ูุง ููู ุจุฐููุ ุฃู ูู ูุฌุฏ ู ู ูุณุชุนู ููุ ุฃู ุจู ู ุฑุถ ูู ูุนู ุนู ุงููุณุจ ุซูุงุซุงู: ุฃู ูู ูุณุจ ุบูุฑ ูุงุฆู ุฃุจู ุฃู ูุชููููุ ุฃู ูุงู ุญุฑุงู ุงู ุฃู ุญุถุฑ ูู ูุบุงุจ ู ุงูู ู ุฑุญูุชููุ ุฃู ูุงู ุนูุงุฑ ุฃู ุนุฑุถุงู ุฃู ุฏููุงู ู ุคุฌูุงู ุฃู ุนูู ู ุนุณุฑ ุฃู ู ุบุตูุจุงูุ ูุชุนุฐุฑ ุชุญุตูู ุงููููุฉ ู ู ุงููู ูู ุซูุงุซุฉ ุฃูุงู ุ ูุซุจูุช ุฐูู ุนูุฏ ุงูุญุงูู ุจุดุงูุฏูู ุฃู ุจุนูู ูุ ุฃู ุจูู ูููุง ุงูู ุฑุฏูุฏุฉ ุฅู ุฑุฏู ุงููู ููุ ูุญูููุง ู ุน ุงูุจููุฉ ุฃููุง ุชุณุชุญู ุงููููุฉุ ูุฃูู ูู ูุชุฑู ู ุงูุงูุ ูู ูุงุฒู ุชูุง ููู ุณููุ ูุนุฏู ูุดูุฒูุงุ ูุฑูุน ุฃู ุฑูุง ููุญุงูู ุ ูุถุฑุจู ู ููุฉ ุซูุงุซุฉ ุฃูุงู ูุนูู ูุฃุชู ุจุงููููุฉุ ุฃู ูุธูุฑ ููุบุงุฆุจ ู ุงู ุฃู ูุญู ูุฏูุนุฉุ ูุฃู ูุตุฏุฑ ุงููุณุฎ ุจููุธ ุตุญูุญ ุจุนุฏ ูุฌูุฏ ู ุง ุชูุฏู ุ ุฅู ุง ู ู ุงูุญุงูู ุจุนุฏ ุทูุจูุงุ ุฃู ู ููุง ุจุฅุฐูู ุจุนุฏ ุงูุทูุจ ุจูุญู: ูุณุฎุช ููุงุญ ููุงูุ ูุฃู ุชููู ุงูู ุฑุฃุฉ ู ูููุฉุ ููุง ููุณุฎ ูููู ุบูุฑูุงุ ููู ุบุงุจ ุงูุฒูุฌ ูุฌูู ูุณุงุฑู ูุฅุนุณุงุฑู ูุงููุทุงุน ุฎุจุฑูุ ููู ููู ูู ู ุงู ุจู ุฑุญูุชูู ูููุง ุงููุณุฎ ุฃูุถุงู ุจุดุฑุทูุ ูู ุง ุฌุฒู ุจู ูู ุงูููุงูุฉ ูุฒูุฑูุง ูุงูู ุฒุฌุฏ ูุงูุณูุจุงุทู ูุงุจู ุฒูุงุฏ ู (ุณู ) ุงููุฑุฏู ููุซูุฑููุ ููุงู ุงุจู ุญุฌุฑ ููู ู ุชุฌู ู ุฏุฑูุงู ูุง ูููุงูุ ุจู ุงุฎุชุงุฑ ูุซูุฑูู ูุฃูุชู ุจู ุงุจู ุนุฌูู ูุงุจู ูุจู ูุงุจู ุงูุตุจุงุบ ูุงูุฑููุงูู ุฃูู ูู ุชุนุฐุฑ ุชุญุตูู ุงููููุฉ ู ู ุงูุฒูุฌ ูู ุซูุงุซุฉ ุฃูุงู ุฌุงุฒ ููุง ุงููุณุฎ ุญุถุฑ ุงูุฒูุฌ ุฃู ุบุงุจุ ูููุงู ุงุจู ุงูุตูุงุญุ ูุฑุฌุญู ุงุจู ุฒูุงุฏ ูุงูุทูุจุฏุงูู ูุงูู ุฒุฌุฏ ูุตุงุญุจ ุงูู ูุฐุจ ูุงููุงูู ูุบูุฑูู ุ ููู ุง ุฅุฐุง ุบุงุจ ูุชุนุฐุฑุช ุงููููุฉ ู ูู ููู ุจูุญู ุดูุงูุฉุ ูุงู (ุณู ): ููุฐุง ุฃููู ู ู ุบูุจุฉ ู ุงูู ูุญุฏู ุงูู ุฌููุฒ ูููุณุฎุ ุฃู ุง ุงููุณุฎ ุจุชุถุฑุฑูุง ุจุทูู ุงูุบูุจุฉ ูุดููุฉ ุงูููุงุน ููุง ูุฌูุฒ ุงุชูุงูุงู ูุฅู ุฎุงูุช ุงูุฒูุงุ ูุฅู ููุฏุช ุงูุญุงูู ุฃู ุงูู ุญูู ุฃู ุนุฌุฒุช ุนู ุงูุฑูุน ุฅููู ูุฃู ูุงู: ูุง ุฃูุณุฎ ุฅูุง ุจู ุงู ููุฏ ุนูู ุช ุฅุนุณุงุฑู ูุฃููุง ู ุณุชุญูุฉ ูููููุฉ ุงุณุชููุช ุจุงููุณุฎ ููุถุฑูุฑุฉุ ูู ุง ูุงูู ุงูุบุฒุงูู ูุฅู ุงู ูุ ูุฑุฌุญู ูู ุงูุชุญูุฉ ูุงูููุงูุฉ ูุบูุฑูู ุงุ ูู ุง ูู ุนุฌุฒุช ุนู ุจููุฉ ุงูุฅุนุณุงุฑ ูุนูู ุช ุฅุนุณุงุฑู ููู ุจุฎุจุฑ ู ู ููุน ูู ููุจูุง ุตุฏูู ูููุง ุงููุณุฎ ุฃูุถุงูุ ูููู ุงูู ููุจุงุฑู ุนู ุงุจู ุฒูุงุฏ ุจุดุฑุท ุฅุดูุงุฏูุง ุนูู ุงููุณุฎ ุงูู. ูุฐูุฑ ุบุงูุจ ูุฐู ุงูุดุฑูุท ูู ุชุนุฐุฑ ุงููููุฉ ุจุบูุจุฉ ุงูุฒูุฌ ูู (ุฌ) ููู (ุด) ุฃูุถุงู ูุญู ู ุง ู ุฑ ูุฒุงุฏ: ูุญููุฆุฐ ุฅุฐุง ูุถู ุจุงููุณุฎ ุจุชุนุฐุฑ ุงููููุฉ ุจุงูุบูุจุฉ ูุงูุงู ุชูุงุน ุดุงูุนู ูุชุฑุฌูุญู ุนูุฏูุ ููููู ู ู ุฃููู ุฃู ููููู ุฑุฃู ุชุถุฑุฑ ุงูู ุฑุฃุฉ ููุฐ ุธุงูุฑุงู ููุฐุง ุจุงุทูุงู ููุง ูุฌูุฒ ููุถูุ ููุฌูุฒ ุงูุฅูุชุงุก ูุงูุนู ู ุจู ููุถุฑูุฑุฉุ ุฅุฐ ุงูู ุดูุฉ ุชุฌูุจ ุงูุชูุณูุฑุ ูููุณ ูุฐุง ู ู ุชุชุจุน ุงูุฑุฎุตุ ูุนู ูู ุงุฏุนู ุงูุฒูุฌ ุจุนุฏ ุฃู ูู ู ุงูุงู ุจุงูุจูุฏ ุฎูู ุนูู ุจููุฉ ุงูุฅุนุณุงุฑุ ูุฃู ุงูุฒูุฌุฉ ุชุนูู ู ูุชูุฏุฑ ุนููู ูุฃูุงู ุจุฐูู ุจููุฉ ุจุงู ุจุทูุงู ุงููุณุฎ ุฅู ุชูุณุฑ ุชุญุตูู ุงููููุฉ ู ูู ูุง ูุนูุงุฑ ูุนุฑุถ.
“Jika suami hilang dan tidak diketahui apakah ia mampu atau tidak memberikan nafkah karena kabarnya terputus, serta ia tidak memiliki harta dalam jarak dua marhalah, maka istri juga berhak melakukan fasakh dengan memenuhi syarat-syaratnya,” sebagaimana ditegaskan dalam kitab An-Nihayah, juga oleh Imam Zakariya, Al-Mazjad, As-Sanbathi, Ibnu Ziyad, dan (Syekh) Al-Kurdi serta banyak ulama lainnya.
“Ibnu Hajar berkata bahwa pendapat ini memiliki dasar yang kuat secara rasional, bukan hanya sekadar pendapat yang dinukil dari ulama sebelumnya. Bahkan, banyak ulama yang memilih dan berfatwa, seperti Ibnu โAjil, Ibnu Kaban, Ibnu Shabbagh, dan Ar-Ruyani, bahwa jika istri tidak bisa mendapatkan nafkah dari suaminya dalam waktu tiga hari, maka ia berhak melakukan fasakh, baik suaminya hadir maupun tidak.” Pendapat ini dikuatkan oleh Ibnu Ash-Shalah dan dirajihkan oleh Ibnu Ziyad, Ath-Thunbadaawi, Al-Mazjad, pengarang kitab Al-Muhadzdzab, Al-Kafi, dan ulama lainnya.
Dalam konteks jika suami hilang dan nafkah tidak bisa diperoleh darinya meskipun dengan cara mengajukan laporan, maka hak fasakh lebih kuat dibandingkan sekadar hilangnya harta suami yang menjadi sebab diperbolehkannya fasakh.
“Adapun fasakh hanya karena istri merasa terbebani dengan lamanya kepergian suami atau karena keinginan biologis (syahwat), maka tidak diperbolehkan secara ijmaโ, meskipun ia takut terjatuh dalam zina.”
“Jika istri tidak bisa menemukan hakim atau pihak yang bisa menjadi perantara (muแธฅakkam), atau ia tidak mampu mengajukan perkara kepada hakimโseperti ketika hakim mengatakan, โSaya tidak akan melakukan fasakh kecuali dengan pembayaran tertentu,โ sementara istri sudah mengetahui bahwa suami memang tidak mampu memberi nafkah dan ia berhak menerimanyaโmaka dalam kondisi darurat, istri boleh melakukan fasakh sendiri.”
Hal ini sebagaimana dikatakan oleh Imam Al-Ghazali dan gurunya, serta dirajihkan dalam Tuhfatul Muhtaj, An-Nihayah, dan kitab-kitab lainnya.
“Begitu pula, jika istri tidak bisa mendapatkan saksi yang dapat membuktikan ketidakmampuan suami memberikan nafkah, tetapi ia yakin bahwa suaminya memang tidak mampu, meskipun hanya berdasarkan berita dari seseorang yang ia yakini kebenarannya, maka ia juga boleh melakukan fasakh.”
Pendapat ini dinukil oleh Al-Malibari dari Ibnu Ziyad dengan syarat istri melakukan fasakh dengan menghadirkan saksi atas fasakh tersebut.
—
Dari uraian yang panjang di atas, dapat disimpulkan bahwa dalam kasus pernikahan sirri (tidak tercatat di KUA), istri tidak dapat serta-merta memfasakh nikahnya sendiri tanpa keterlibatan suami atau keputusan hakim. Berikut adalah beberapa poin penting mengenai fasakh dalam kasus suami yang hilang tanpa kabar (mafqรปd):
Kesimpulan
- Tidak boleh fasakh sendiri tanpa melibatkan suamiย
- Boleh fasakh sendiri jika ada kepastian tidak ada kabar tentangย kondisinyaย danย pihak hakim sudah tidak menghiraukan untuk memberikan putusan fasakh, atau bisa memberikan putusan namun dengan cara pembayaran