
PINJAM BALLPOINT.
Assalamualaikum.
Rumusan masalah.
Dalam dunia pendidikan bahkan dimasyarat terkadang kita temukan bahasa keseharian, yang sudah akrab dan tidak asing lagi yaitu istilah seperti pinjam korek, ballpoint atau barang-barang lainnya yang ternyata tujuan peminjaman itu adalah menggunakan isinya. Misalkan ketika seseorang ingin menulis sesuatu entah itu berupa pelajaran, surat, makalah dll. ballpoint yang dibawanya tanpa disangka-sangka tintanya habis, atau memang tidak punya ballpoint, sehingga ia berusaha untuk pinjam ballpoint untuk sementara waktu kepada temannya, dan sebagian orang mengatakan bukan istilah ucapan pinjam melainkan ngampongga ballpoint : red.
Pertanyaannya.
Apakah ucapan pinjam ballpoint itu benar dari pada ngampongga polpenna: red, menurut hukum Islam karena yang nama pinjaman itu harus dikembalikan secara utuh, sedangkan kenyataannya ballpoint yang dipinjam isinya kurang karena dipakai. Mohon penjelasannya.
Jawaban.
Ungkapan pinjam ballpoint itu sudah benar disebut akad عارية (minjam untuk dikembalikan lagi). Karena yg dipinjam itu *Ballpoint *, sedangkan tinta statusnya ibahah yang tidak bisa dihindari agar pulpen tersebut bisa bermanfaat yaitu kitabah (menulis).Artinya orang mengatakan pinjam ballpoint atau ngampongga tintanya keduanya boleh dan sama- sama benar.
Referensi:
(حاشية البجيرمي على الخطيب الجزء الثالث ص : ٤٩١ طبعة دار الكتب العلمية)
وَلَوْ أَعَارَهُ دَوَاةٌ لِلْكِتَابَةِ مِنْهَا أَوْ دَابَّةٌ لأءخذ لَبْنِهَا أَوْ شَجَرَةٍ لِأَءخْذِ ثَمُرَتِهَا لَمْ يَضْمَنْ تِلْكَ الْأَعْيَانَ الْمَأْءخُوذة ، نَعَمْ لَوْ قَالَ شَيْخُنَا الحَقُّ أَنَّ تِلْكَ الْأَعْيَانَ مَأْءخُوذَةُ بِالْإِءبَاحَةِ وَأَنَّ الْمُعَارَ محَالُهَا فَقَطْ لِأَءخْذِهَا مِنْهَا ق ل ، وَعِبَارَة م ر: وَحَقَّقَ الْأَءشْمُونِي فَقَالَ: إِنَّ الدرَّ وَالنَّسْلَ لَيْسا مُسْتَفَادَيْنِ بِالْعَارِيَةِ بَلِ الْإِءبَاحَةِ ، وَالْمُسْتَعَارُ هُوَ الشَّاةَ لِمَنْفَعَةٍ هُوَ التَّوَصُّلُ لِمَا أُبِيحَ وَكَذَا الْبَاقِي اهـ الى ان قال أوْ نَحْو ذَلِكَ) كَإِءعَارَةِ دَوَاةٍ لِلْكِتَابَةِ مِنْهَا وَمَاء لِلْوُضُوءِ بِهِ مَثَلًا أَوْ لِإِءزَالَةِ تَجَاسَةٍ بِهِ وَإِنْ تَنَجَّسَ أَوْ بُسْتَان لِأَءخْذِ ثَمَرِهِ، فَكُل ذَلِكَ صَحِيحٌ، وَفِيهِ مَا تَقَدَّمَ ق ل . وَقَوْلُهُ ” وَكُلُّ ذَلِكَ صَحِيحٌ أَي عَلَى الْمُعْتَمدِ خِلَافًا لِلشَّارِح؛ لأَنَّ قَوْلَهُ ” لَمْ يَصِحَ ضَعِيفُ، وَقَوْلُهُ ” وَفِيهِ مَا تَقَدَّمَ وَهُوَ أَنَّ الحبر وَالْمَاءَ وَالثَّمَرَةَ مَأْءخُوذَةُ بِالْإِءبَاحَةِ وَالْمُسْتَعَارُ إِنَّمَا هُوَ ظَرْفُ الْحبرِ وَظَرْفُ الْمَاءِ لِمَنفَعَة وَهِيَ إِيصَالُكَ لِمَا أُبِيحَ لَكَ، وَكَذَا الْبُسْتَانُ مُعَارُ لِإِيصَالِكَ لِلثَّمَرِ تَأَءمَّلْ
الباجوري ج .ص ٩
[قوله فإنه لايصح ]
أى إن قلنا ان اللبن والثمر ونحوهما مأخوذ بطريق العارية فكأنه أعار اللبن والثمر ونحوهما ، والمعتمد مأخوذ بطريق الإباحة والشاة والشجر ونحوهما معارة لمنفعة وهى التوصل لحقه من اللبن والثمر ونحوهما كماصرح به شيخ الإسلام فى شرح الروضة وغيره فالإعارة فى ذلك صحيحة على المعتمد.
والله أعلم بالصواب.