
Assalamu alaikum. Singkat saja. Bagaimana hukum ternak semut rang rang( kroto) (madura=kaleng) dan menjuaal terlurx. Mohon solusix
Waalikum salam.
Memelihara kroto hukumnya boleh dan Ulama sepakat bahwa menjual hasyarat ( serangga) hukumnya tidak boleh dengan catatan serangga tersebut tidak ada manfaat sebagaimana tikus, ular kalajengking, kelelawar, dan semut, dan juga hal yang serupa karena kemanfaatannya (nilainya) tidak sebanding dengan harta . Akan tetapi jika serangga tersebut ada manfaatnya seperti halnya ulat sutra yang dapat menghasilkan kain sutra yang paling termahalnya pakaian dan lebah yang bisa menghasilkan madu maka hukumnya boleh.
Hanafiyah, Syafiiyah, dan Hambali mengatakan bolehnya menjual lintah, karena orang butuh untuk pengobatan dengan menghisap darahโฆ
Ulama Hambali menegaskan, boleh menjual ulat untuk umpan mancing ikan.
Terdapat kadiah umum yang disampaikan al-Hashkafi tentang jual beli hasyarat (hewan kecil),
Al-Hashkafi โ ualam hanafiyah โ membuat batasan untuk jual beli hasyarat. Dia menyatakan, โBoleh menjual hasyarat kembali pada adanya unsur manfaat.โ (al-Mausuโah al-Fiqhiyah, 17/280 โ 281).
Bagaimana dengan Kroto?
Kroto termasuk benda yang fungsi utamanya untuk pakan burung, bukan untuk dikonsumsi. Sementara hukum mengikuti apa yang dominan. Sehingga orang yang budi daya kroto atau melakukan transaksi kroto, bisa kita pastikan tujuannya adalah untuk diberikan ke burung dan bukan untuk dikonsumsi manusia.
Dengan demikian, kroto termasuk benda yang manfaatnya halal.
Karena manfaatnya halal, hukum asalnya boleh diperjual belikan..
Referensi:
ุงูู ูุณูุนุฉ ุงูููููุฉ – 10543/31949
ุจ – ุจูููุนู ุงููุญูุดูุฑูุงุชู:
4 – ุงุชูููููู ุงููููููููุงุกู ุนูููู ุนูุฏูู
ู ุฌูููุงุฒู ุจูููุนู ุงููุญูุดูุฑูุงุชู ุงูููุชูู ูุงู ููููุนู ูููููุงุ ุฅูุฐู ููุดูุชูุฑูุทู ููู ุงููู
ูุจููุนู ุฃููู ููููููู ู
ูููุชูููุนูุง ุจูููุ ูููุงู ููุฌููุฒู ุจูููุนู ุงููููุฆูุฑูุงููุ ููุงููุญููููุงุชู ููุงููุนูููุงุฑูุจูุ ููุงููุฎูููุงููุณูุ ููุงููููู
ูู ููููุญูููููุงุ ุฅูุฐู ูุงู ููููุนู ูููููุง ููููุงุจูู ุจูุงููู
ูุงูุ ุฃูู
ููุง ุฅูุฐูุง ููุฌูุฏู ู
ููู ุงููุญูุดูุฑูุงุชู ู
ูุง ููููู ู
ูููููุนูุฉูุ ููุฅููููููู ููุฌููุฒู ุจูููุนููู ููุฏููุฏู ุงููููุฒููุ ุญูููุซู ููุฎูุฑูุฌู ู
ููููู ุงููุญูุฑููุฑู ุงูููุฐูู ูููู ุฃูููุฎูุฑู ุงููู
ููุงูุจูุณูุ ููุงููููุญูู ุญูููุซู ููููุชูุฌู ุงููุนูุณูู.
ููููุฏู ููุตูู ุงููุญููููููููุฉู ููุงูุดููุงููุนููููุฉู ููุงููุญูููุงุจูููุฉู ุนูููู ุฌูููุงุฒู ุจูููุนู ุฏููุฏู ุงููุนูููููุ ููุญูุงุฌูุฉู ุงููููุงุณู ุฅููููููู ูููุชููุฏูุงููู ุจูู
ูุตูููู ุงูุฏููู
ูุ ููุฒูุงุฏู ุงุจููู ุนูุงุจูุฏูููู ู
ููู ุงููุญููููููููุฉู ุฏููุฏู ุงููููุฑูู
ูุฒู (1) . ููุงู: ูููููู ุฃูููููู ู
ููู ุฏููุฏู ุงููููุฒูู ููุจูููุถููู ููุฅููููููู ููููุชูููุนู ุจููู ููู ุงููุญูุงูุ ููุฏููุฏู ุงููููุฒูู ููู ุงููู
ูุขู.
ููู
ูุง ููุตูู ุงูุดููุงููุนููููุฉู ุนูููู ุฌูููุงุฒู ุจูููุนู ุงููููุฑูุจููุนู ููุงูุถููุจูู ููููุญููููู ู
ูู
ููุง ููุคููููุ ููููุงู ุงููุญูููุงุจูููุฉู: ุจูุฌูููุงุฒู ุจูููุนู ุงูุฏูููุฏูุงูู ููุตูููุฏู ุงูุณููู
ููู.
ููููุฏู ุนูุฏููู ุงููุญููููููููุฉู ุงููุญูููู
ู ุฅููููู ููููุงู
ูู ุงููุจูุญูุฑูุฃูููุถูุงุ ููุงูุณููุฑูุทูุงูู ููููุญูููููุ ูููุงู ููุฌููุฒู ุจูููุนูููุง ุนูููุฏูููู
ู.
ููู
ูุญูู ุนูุฏูู
ู ุงููุฌูููุงุฒู ุนูููุฏู ุงูุดููุงููุนููููุฉู ูููู
ูุง ูุงู ููุคูููู ู
ูููููุงุ ููุฃูู
ููุง ู
ูุง ููุคูููู ู
ูููููุง ููุฅููููููู ููุฌููุฒู ุจูููุนููู ู
ูุทูููููุง ุญูุชููู ูููู ููู
ู ููุนูุชูุฏู ุฃููููููู ููุจูููุงุชู ุนูุฑูุณู.
ููููุฏู ููุถูุนู ุงููุญูุตูููููููู ู
ููู ุงููุญููููููููุฉู ุถูุงุจูุทูุง ููุจูููุนู ุงููุญูุดูุฑูุงุชูุ ููููุงู: ุฅูููู ุฌูููุงุฒู ุงููุจูููุนู ููุฏููุฑู ู
ูุนู ุญูู ุงูุงูููุชูููุงุนู
ููุฏ ูุต ุงูุญูููุฉ ูุงูุดุงูุนูุฉ ูุงูุญูุงุจูุฉ ุนูู ุฌูุงุฒ ุจูุน ุฏูุฏ ุงูุนููุ ูุญุงุฌุฉ ุงููุงุณ ุฅููู ููุชุฏุงูู ุจู
ุตู ุงูุฏู
โฆ ููุงู ุงูุญูุงุจูุฉ: ุจุฌูุงุฒ ุจูุน ุงูุฏูุฏุงู ูุตูุฏ ุงูุณู
ู.
Referensi Kaidah:
ููููู ู ูุง ุตูุญูู ููููุนููู ุตูุญูู ุจูููุนููู ุฅููููุง ุจูุฏูููููู
โSemua yang boleh dimanfaatkan, boleh diperjual belikan, kecuali jika ada dalilโ
Kaidah sekaligus menjadi penjelasan untuk hadis dari Ibnu Abbas radhiyallahu โanhuma,
ุฅููู ุงูููู ุฅุฐุง ุญุฑููู ู ุดูุฆุงู ุ ุญุฑููู ู ุซูู ููููู
Sesungguhnya ketika Allah mengharamkan sesuatu, Dia haramkan uang hasil penjualannya. (HR. Ibn Abi Syaibah 20754).
An-Nawawi menjelaskan bahwa hadis ini berlaku untuk benda yang fungsinya hanya untuk dimakan. Tidak ada fungsi lain, selain untuk dikonsumsi. Dalam Syarh Shahih Muslim, beliau mengatakan,
ุฃู
ุง ุงูุญุฏูุซ..ุนู ุฃุจู ุนุจุงุณ .. ุฅู ุงููู ุฅุฐุง ุญุฑู
ุนูู ููู
ุฃูู ุดูุก ุญุฑู
ุนูููู
ุซู
ูู ูู
ุญู
ูู ุนูู ู
ุง ุงูู
ูุตูุฏ ู
ูู ุงูุฃูู ุจุฎูุงู ู
ุง ุงูู
ูุตูุฏ ู
ูู ุบูุฑ ุฐูู ูุงูุนุจุฏ ูุงูุจุบู ูุงูุญู
ุงุฑ ุงูุฃููู ูุฅู ุฃูููุง ุญุฑุงู
ูุจูุนูุง ุฌุงุฆุฒ ุจุงูุงุฌู
ุงุน.
Untuk hadis dari Ibn Abbas, bahwa โAllah ketika mengharamkan untuk makan sesuatu, Allah haram hasil penjualannya.โ Hadis ini dipahami jika tujuan makanan itu dijual adalah untuk dimakan. Berbeda jika tujuan menjual benda itu bukan untuk dimakan, seperti jual beli budak, bighal, dan himar jinak. Hukum memakan ketiganya adalah haram, sementara menjualnya boleh dengan sepakat ulama. (Syarh Shahih Muslim, an-Nawawi, 11/3).
Prinsip lain yang ditekankan ulama adalah barang yang nilai manfaatnya sangat tidak sebanding dengan harga jual, maka tidak boleh diperjual belikan.
“Wahbah al-Zuhaili, Al-Fiqh al-Islami wa Adillatuh, (Damaskus: Dar al-Fikr, 1989), Jilid IV, 181-182.
ููููู ู ููุดูุชูุฑูุท ุงูุฎุชููููููุฉู ููุฐูุง ุงูุดููุฑูุทู ููุฃูุฌูุงุฒููุง ุจูููุนู ุงููููุฌูุงุณูุงุชู ููุดูุนูุฑู ุงููุฎูููุฒููุฑู ููุฌูููุฏู ุงููู ูููุชูุฉู ูููุงููุชูููุงุนู ุจูููุง ุฅููููุง ู ูุง ููุฑูุฏู ุงููููููู ุนููู ุจูููุนููู ู ูููููุง ููุงููุฎูู ูุฑู ููุงููุฎูููุฒููุฑู ููุงููู ูููุชูุฉู ููุงูุฏููู ู ููู ูุง ุฃูุฌูุงุฑูููุง ุจูููุนู ุงูุญูููููุงููุงุชู ุงููู ูุชูููุญูุดูุฉู ููุงููู ูุชูููุฌููุณ ุงูููุฐูู ููู ููููู ุงูุงููุชูููุงุนู ุจููู ููู ุงููุฃูุกูููู ุ ููุงูุถููุงุจูุท ุนูููุฏูููู ู ุฃูููู ููููู ู ูุง ูููููู ู ูููููุนูุฉ ุชูุญูููู ุดูุฑูุนูุง ููุฅูููู ุจูููุนููู ููุฌููุฒู ููุฃูููู ุงููุฃูุกุนููุงูู ุฎูููููุชู ููู ูููููุนูุฉู ุงููุฅูููุณูุงูู
Dan ulama Hanafiyah tidak mensyaratkan syarat ini (barang yang dijualbelikan harus suci, bukan najis dan terkena najis). Maka mereka memperbolehkan jualbeli barang-barang najis, seperti bulu babi dan kulit bangkai karena bisa dimanfaatkan. Kecuali barang yang terdapat larangan memperjual-belikannya, seperti minuman keras, (daging) babi, bangkai dan darah, sebagaimana mereka juga memperbolehkan jualbeli binatang buas dan najis yang bisa dimanfaatkan untuk dimakan. Dan parameternya(ukurannya) menurut mereka (ulama Hanafiyah) adalah, semua yang mengandung manfaat yang halal menurut syara.’, maka boleh menjual- belikannya. Sebab, semua makhluk yang ada itu memang diciptakan untuk kemanfaatan manusia.
โฆโฆโฆโฆโฆโฆโฆโฆโฆโฆโฆโฆ.
Diatas dijelaskan bahwa menjual hewan melata, serangga tidak boleh seperti ular dan kalajingking namun jika dapat dimanfaatkan hukum menjualnya sah menurut Hanafiyah.
Al-Fiqh ‘ala al-Madzahib al-Arba’ah,jilid 1 , halaman 382.
ููููุฐูููู ููุตูุญู ุจูููุนู ุงูุญูุดูุฑูุงุชู ููุงููููููุงู ู ููุงูุญููููุงุชู ููุงููุนูููุงุฑูุจู ุฅูุฐูุง ููุงูู ููููุชูููุนู ุจูููุง. ููุงูุถููุงุจูุท ูู ุฐูููู ุฃูููู ููููู ู ูุง ูููููู ู ูููููุนูุฉู ุชูุญูููู ุดูุฑูุนูุง ููุฅูููู ุจูููุนููู ููุฌููุฒู
Dan begitu pula sah jual beli serangga dan binatang melata, seperti ular dan kelajengking ketika bermanfaat. Dan parameternya (ukurannya) menurut mereka (ulama Hanafiyah) dalam hal itu adalah semua yang mengandung manfaat yang halal menurut syara.’, maka boleh menjualbelikannya. Sebab, semua benda itu diciptakan untuk kemanfaatan manusia.
โฆโฆโฆโฆ
Referensi Lain:
a. Al-Fiqh al-Islami wa Adillatuh, Juz IV, h. 446.
b. Al-Tajrid li Naf al-‘Abid, Juz II, h. 78
โฆโฆ.
Wallahu Aโlam bisshowab