Q.006. MEKANISME PEMBAGIAN DAGING QURBAN DAN KISAH NABI IBRAHIM DAN ISMAIL

Assalamualaikum

Deskripsi masalah
Sebelunya saya mohon maaf Kiyai, Satu tahun yang lalu dirumah (mushollah saya) itu ada Qurban namun cara pembagiannya disama ratakan baik sepenerima (Kiyai) panitia, dan yang lainya , karena ketika saya lihat para penisepuh dulu dan disebagian pengasuh musholla lainnya itu cara bagiannya tidak sama, maaf bukannya saya ingin bagian melebihi dari yang lain. Kami mohon penjelasannya kalau bisa sertakan dengan dalilnya.

Pertanyaan:
1- Bagaimana sebenarnya cara pembagian daging qurban berikut kepala menurut syariat

Waalaikum salam.

Alhamdulillah wassholatuwassamu ala Rasulillah.

Jawaban:
Untuk mengetahui dan memahami cara pembagian daging qurban dan juga kepala dari quban menurut syariat, bisa diambil dari kisah Nabi Ibrahim dan juga pendapat ulama’ sebagaimana berikut:

Qurban satu sapi sebenarnya boleh sebagian dagingnya diberikan kepada satu orang (Muqobil/’orang fakir atau orang miskin ) namun demikian agar masyarakat sama- sama menikmati daging qurban tersebut perlu adanya pembagian secara adil, sedangkan yang dimaksud pembagian yang adil itu bukan harus disama ratakan, melainkan adil itu adalah meletakkan sesuatu sesuai dengan tempatnya ( sesuai dengan anjuran syariat Islam ) semisal orang tua meninggal dunia sementara dia tinggalkan dua anak laki-laki dan perempuan maka keduanya punya hak warisan akan tetapi cara pembagiannya tidak harus sama melainkan seorang anak laki-laki mempunyai hak 2/3 dari harta warisan sedangkan anak perempuan punya hak bagian warisan 1/3. Oleh karena itu penting kami jelaskan tentang pembagian daging qurban sebagaimana Ijtihadnya para fuqaha’ bahwa pembagian daging qurban setidaknya ada tiga pendapat :

  1. Disedekahkan seluruhnya kecuali sekedar untuk lauk-pauknya orang yang berqurban
  2. Dimakan sendiri separo dan disedekahkan separo
  3. Sepertiga dimakan sendiri, sepertiga dihadiahkan dan sepertiga lagi disedekahkan.(Kifayatul Akhyar)

الشرقاوى على التحرير: ص:٤٦٩
( قوله وأن يتصدق ) أى يسن ذلك لأنه أقرب للتقوى وأبعد عن حظ النفس وسن أن جمع بين الأكل والتصدق والإهداء أن يجعل أثلاثا فيصدق بثلث ويهدى ثلاثا ويبقى ثلاثا لأهل بيته
فإن لم يفعل وجب التصدق بما يتمول منها ولو جزأ يسيرا من لحمها بحيث ينطلق عليه الإسم
ويكفي الصرف لواحد من الفقراء أو المسكين
بخلاف سهم الصنف الواحد من الزكاة لايجوز صرفه لأقل من ثلاثةلأنه يجوز الإقتصار هنا على جزء يسير لايمكن صرفه لأكثر من واحد


Artinya; Dan disunnatkan untuk mensedekahkan semua daging kurban. Alasannya ialah karena mensedekahkan semua daging kurban itu lebih dekat kepada takwa, dan lebih menjauhkan diri dari bagian hawa nafsu.
Dan disunnatkan untuk mengumpulkan diantara makan ( 1/3 daging kurban) untuk orang yang berkurban dan untuk keluarganya orang yang berkurban, dan mensedekahkan(1/3 daging kurban), dan menghibahkan (1/3 daging kurban).
Lalu jika orang yang berkurban itu tidak bisa mengerjakan terhadap hal diatas, maka wajib bagi orang yang berkurban itu untuk mensedekahkan sebagian kecil dari daging kurban. Sekiranya bisa dinamakan menyedekahkan daging kurban bagi orang yang berkurban.
Dan dianggap mencukupi jika orang yang berkurban itu hanya memberikan daging kurban kepada seorang fakir atau miskin.
Berbeda dengan bagian satu kelompok dari zakat, itu tidak boleh mentashorrufkan ( memberikan ) zakat kepada kurang dari 3 orang. Karena didalam bab kurban, itu diperbolehkan mengambil cukup hanya mentashorrufkan ( membagikan ) daging kurban yang sedikit, yang mana daging kurban yang sedikit itu tidak mungkin bisa di bagikan kepada lebih dari seorang.

  • Kitab Qolyubi juz IV hal. 254 :

(وَاْلأَصَحُّ وُجُوبُ تَصَدُّقٍ بِبَعْضِهَا) وَهُوَ مَا يَنْطَلِقُ عَلَيْهِ الاِسْمُ مِنْ اللَّحْمِ وَلاَ يَكْفِي عِنْهُ الْجِلْدُ وَيَكْفِي تَمْلِيكُهُ لِمِسْكِينٍ وَاحِدٍ، وَيَكُونُ نِيئًا لاَ مَطْبُوخًا.

(Kifayatul Akhyar, juz 2 : 241 ).


والصحيح الإستحباب


Allah berfirman dalam al-Qur’an;

(والبدن جعلناها لكم من شعائر الله ) جعلها الله سبحانه وتعالى لنا لاعلينا، وبالقياس على العقيقة ، والأفضل التصدق بالجميع إلا اللقمة أو اللقمتان يأكلها فإنها مسنونة ،وقال الإمام الغزالي التصدق بالكل أحسن على كل قول فلو لم يرد التصدق بالكل فماالذي يفعل ؟ قيل يأكل بالنصف ويتصدق بالنصف لقوله تعالى( فكلوامنها وأطعموا البائس الفقير ) فجعلها الله النصفين، وهذا نص عليه الشافعي رضي الله عنه فى القديم ، وقيل يأكل الثلث ويهدي الثلث ويتصدق بالثلث لقوله تعالى ( وأطعموا القانع والمعتر ) فجعلها لثلاثة ،والقانع الجالس فى بيته والمعتر السائل ، وقيل غير ذلك ، وهذا هو الجديد الأصح فعلى هذا فماالمراد بالذي يهدى إليهم ؟ قيل هم المجملون من الفقراء، ويرجع حاصله إلى التصدق بالثلثين،’وهذا ماحكاه أبوالطيب عن الجديد وصححه ،وقيل هم الأغنياء ،وقال الشيخ أبوا حميد يأكل الثلث ،ويتصدق بالثلث ،ويهدى الثلث للأغنياء والمجملين ،ولوا تصدق بالثلثين كان أحب ونقل البندنيجى كون الصدقة بالثلثين أفضل عن النص والله أعلم.

Adapun sipenerima (Kiyai) baiknya adalah mengambil pendapat yang no.1, kalau qurban diberikan seluruhnya maka boleh kiyai mengambil sekehendaknya, namun yang lebih baik mengambil yang biasa dilakukan oleh para penisepuh atau kiyai yaitu mengambil bagian satu sampel kaki kanan yang belakang ( mulai dari kaki sampai paha ) hal ini diqiyaskan pada Aqiqoh .sebagaimana ibarah berikut dalam kitab Tanwirul Qulub lisayyid Muhammd Amin Al-Qudiy, Halaman:239

ويسن أن تطبخ كسائر الولائم إلا رجلها اليمنى إلى أصل الفخذ فتعطى نيئة للقابلة(أى الداية) تفاؤلا

Disunnatkan aqiqoh dimasak seperti halnya semua Walimah/ jamuan kecuali Sampel: red kaki kanan daging aqiqoh ( mulai dari kaki sampai pahanya ) maka berikan kepada sipenerima. Begitu juga halnya dengan qurban berikan kaki yang kanan hal ini diqiaskan pada aqiqoh, karena hukum aqiqoh sama dengan qurban ,namun demikian daging Qurban diberikan mentahnya sedangkan Aqiqoh yang utama berikan masaknya kecuali Kaki yang kanan sebagaimana tersebut.

الموسوعة الفقهية – 2823/31949
ما يستحب وما يكره بعد التضحية:
أ – يستحب للمضحي بعد الذبح أمور:
57 – منها: أن ينتظر حتى تسكن جميع أعضاء
الذبيحة فلا ينخع (1) ولا يسلخ قبل زوال الحياة عن جميع جسدها.
58 – ومنها: أن يأكل منها ويطعم ويدخر، لقوله تعالى: {وأذن في الناس بالحج يأتوك رجالا وعلى كل ضامر يأتين من كل فج عميق ليشهدوا منافع لهم ويذكروا اسم الله في أيام معلومات على ما رزقهم من بهيمة الأنعام فكلوا منها وأطعموا البائس الفقير} . (2)
وقوله عز وجل: {والبدن جعلناها لكم من شعائر الله لكم فيها خير فاذكروا اسم الله عليها صواف فإذا وجبت جنوبها فكلوا منها وأطعموا القانع والمعتر} . (3)
ولقوله صلى الله عليه وسلم: إذا ضحى أحدكم فليأكل من أضحيته. (4)
59 – والأفضل أن يتصدق بالثلث، ويتخذ الثلث ضيافة لأقاربه وأصدقائه، ويدخر الثلث، وله أن يهب الفقير والغني، وقد صح عن ابن عباس رضي الله عنهما في صفة أضحية النبي صلى الله عليه وسلم قال: ” ويطعم أهل بيته الثلث، ويطعم فقراء جيرانه الثلث، ويتصدق على السؤال بالثلث “. (5)قال الحنفية: ولو تصدق بالكل جاز، ولو حبس الكل لنفسه جاز، لأن القربة في إراقة الدم، وله أن يزيد في الادخار عن ثلاث ليال، لأن نهي النبي صلى الله عليه وسلم عن ذلك كان من أجل الدافة، وهم جماعة من الفقراء دفت (أي نزلت) بالمدينة، فأراد النبي صلى الله عليه وسلم أن يتصدق أهل المدينة عليهم بما فضل عن أضاحيهم، فنهى عن الادخار فوق ثلاثة أيام.
ففي حديث عائشة رضي الله عنها أنها قالت: قالوا يا رسول الله: إن الناس يتخذون الأسقية من ضحاياهم ويجعلون فيها الودك، قال: وما ذاك؟ قالوا: نهيت أن تؤكل لحوم الأضاحي بعد ثلاث، فقال: إنما نهيتكم من أجل الدافة التي دفت، فكلوا، وادخروا وتصدقوا. (1) وفي حديث سلمة بن الأكوع رضي الله عنه أنه قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: من ضحى منكم فلا يصبحن بعد ثالثة وفي بيته منه شيء، فلما كان العام المقبل. قالوا يا رسول الله نفعل كما فعلنا عام الماضي؟ قال: كلوا وأطعموا وادخروا، فإن ذلك العام كان بالناس جهد، فأردت أن تعينوا فيها. (2)
وإطعامها والتصدق بها أفضل من ادخارها، إلا أن يكون المضحي ذا عيال وهو غير موسع الحال، فإن الأفضل له حينئذ أن يدخره لعياله توسعة عليهم، لأن حاجته وحاجة عياله مقدمة على حاجة غيرهم، لقوله صلى الله عليه وسلم: ابدأ بنفسك فتصدق عليها
فإن فضل شيء فلأهلك، فإن فضل شيء عن أهلك فلذي قرابتك، فإن فضل عن ذي قرابتك شيء فهكذا وهكذا. (1)
هذا مذهب الحنفية. (2)
60 – وهاهنا تنبيه مهم وهو أن أكل المضحي من الأضحية وإطعام الأغنياء والادخار لعياله تمتنع كلها عند الحنفية في صور.
منها: الأضحية المنذورة، وهو مذهب الشافعية أيضا. وذهب المالكية والحنابلة إلى أن المنذورة كغيرها في جواز الأكل.
ومنها: أن يمسك عن التضحية بالشاة التي عينها للتضحية بالنذر أو بالنية عند الشراء حتى تغرب شمس اليوم الثالث فيجب التصدق بها حية.
ومنها: أن يضحي عن الميت بأمره فيجب التصدق بالأضحية كلها على المختار.
ومنها: أن تلد الأضحية فيجب ذبح الولد على قول، وإذا ذبح وجب التصدق به كله، لأنه لم يبلغ السن التي تجزئ التضحية فيها، فلا تكون القربة بإراقة دمه، فتعين أن تكون القربة بالتصدق به، ولهذا قيل: إن المستحب في الولد التصدق به حيا

KISAH NABI IBRAHIM DAN PENYEMBELIHAN ISMAIL ALAIHISSALAM

Diceritakan bahwa penyembelihan Oleh Nabi Ibrahim adalah sebagai pelaksanaan Nadzar yang diucapkan oleh Nabi Ibrahim sendiri dengan kata-kata ” Demi Allah kalau aku memperoleh anak laki-laki akan aku sembelih dan aku jadikan Qurban untuk Allah “.Ia ucapkan nadzar itu ketika ia berqurban seribu kambing, tiga ratus ekor kerbau dan seratus unta. Orang-orang dan para Malaikat sangat taajjub/ mengagumi amal qurban Nabi Ibrahim itu, tetapi beliau sendiri merasa masih kurang dan ingin mengurbankan anaknya sendiri jika Allah menganugrahinya.

Sesudah beberapa waktu berselang sesuai harapan dan permohonannya, Allah mengaruniakannya seorang putra “Isma’il” setelah Isma’il mencapai usia /umur tujuh tahun ( atau dua belas tahun menurut lain riwayat) Nabi Ibrahim mendengar suara dalam mimpi ” أوف بنذرك ” Laksanakan lah nadzarmu “. Menurut riwayat Ibnu Abbas, ia pada mulanya merasa bimbang dan berfikir-fikir apakah perintah itu dari Allah atau dari syaitan. Akan tetapi suara itu berulang didengarnya pada malam kedua dan ketiga, sehingga ia tidak ragu-ragu lagi bahwa perintah itu adalah dari Allah yang menuntut pelaksanaan nadzarnya.

Tatkala Nabi Ibrahim hendak membawa putranya ketempat penyembelihan, ia berseru kepada istrinya Wahai ” Hajar” berilah pakaian kepada ISMAIL dengan bakaian yang terbaik karena dia akan aku ajak kesuatu jamuan, katanya. Dalam kondisi seperti itu, Iblis berusaha sekuat tenaga yang untuk menggagalkan rencana Nabi Ibrahim dengan mundur mandir mendatangi Nabi ISMAIL dan ibunya Sitti Hajar seraya membisik-bisikkan butuhkan dan rayuan dan fitnaan diantara hamba Allah itu, akan tetapi usahanya syaitan itu gagal dan mencapai maksud jahatnya itu, bahkan dia mendapat lembaran batu dari Nabi ISMAIL tepat mengenai mata kirinya, sehingga tercungkil. Palembang batu Nabi ISMAIL ini diperingati pada setiap kali orang melakukan i ada Haji, dan menjadi salah satu dari mana siknya .Sesampainya mereka di Mina, terjadilah tanya jawab antara Nabi Ibrahim dan putranya ISMAIL sebagaimana tercantum dalam Al-Qur’an surat ;ASSHAFFAT. Ayat;99-106

وَقَالَ اِنِّيْ ذَاهِبٌ اِلٰى رَبِّيْ سَيَهْدِيْنِ (٩٩)فَبَشَّرْنٰهُ بِغُلٰمٍ حَلِيْمٍ (١٠٠)فَلَمَّا بَلَغَ مَعَهُ السَّعْيَ قَالَ يٰبُنَيَّ اِنِّيْٓ اَرٰى فِى الْمَنَامِ اَنِّيْٓ اَذْبَحُكَ فَانْظُرْ مَاذَا تَرٰىۗ قَالَ يٰٓاَبَتِ افْعَلْ مَا تُؤْمَرُۖ سَتَجِدُنِيْٓ اِنْ شَاۤءَ اللّٰهُ مِنَ الصّٰبِرِيْنَ (١٠١)فَلَمَّآ اَسْلَمَا وَتَلَّهٗ لِلْجَبِيْنِۚ (١٠٢)وَنَادَيْنٰهُ وَنَادَيْنٰهُ اَنْ يّٰٓاِبْرٰهِيْمُ (١٠٣)قَدْ صَدَّقْتَ الرُّؤْيَا ۚاِنَّا كَذٰلِكَ نَجْزِى الْمُحْسِنِيْنَ (١٠٤)اِنَّ هٰذَا لَهُوَ الْبَلٰۤؤُا الْمُبِيْنُ (١٠٥) وَفَدَيْنٰهُ بِذِبْحٍ عَظيم (١٠٦)


99: Dan dia (Ibrahim) berkata, “Sesungguhnya aku harus pergi (menghadap) kepada Tuhanku, Dia akan memberi petunjuk kepadaku.

100; Maka Kami beri kabar gembira kepadanya dengan (kelahiran) seorang anak yang sangat sabar (Ismail)

101:Maka ketika anak itu sampai (pada umur) sanggup berusaha bersamanya, (Ibrahim) berkata, “Wahai anakku! Sesungguhnya aku bermimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka pikirkanlah bagaimana pendapatmu!” Dia (Ismail) menjawab, “Wahai ayahku! Lakukanlah apa yang diperintahkan (Allah) kepadamu; insya Allah engkau akan mendapatiku termasuk orang yang sabar.

102: Maka ketika keduanya telah berserah diri dan dia (Ibrahim) membaringkan anaknya atas pelipis(nya), (untuk melaksanakan perintah Allah).

103: Lalu Kami panggil dia, “Wahai Ibrahim!

104; Sungguh, engkau telah membenarkan mimpi itu.” Sungguh, demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik.

105: Sesungguhnya ini benar-benar suatu ujian yang nyata.

106: Dan Kami tebus anak itu dengan seekor sembelihan yang besar.

Sebelum penyembelihan dilaksanakan, berkatalah ISMAIL kepada ayahnya :” Hai ayahku ! Ikatlah kedua tanganku agar aku tidak dapat bergerak sehingga mengganggumu, tengkurapkan wajahku diatas tanah agar kamu tidak terharu, sehingga timbul rasa kasih sayangmu kepadaku, jagalah pakaianmu agar tidak terkena cipratan darahku sehingga mengurangi pahala dan menyedihkan ibuku jika ia melihatnya, asahlah baik-baik pisaumu agar berlalu licin dan cepat dilahirkan sehingga meringankan rasa pedihku, bawalah pakaianku kepada ibuku sebagai tanda kenang- kenangan, sampaikanlah salamku kepadanya dan pesanan agar ia sabar menjalankan perintah Allah dan janganlah engkau beritahukan padanya, bagaimana kamu mengikuti serta menyembelihku dan janganlah membiarkan anak- anak remaja mendatangi ibuku agar tidak meringankannya kembali kepadaku sehingga ia menjadikan sedih dan susah.

Diceritakan bahwa pisau yang diletakkan pada leher ISMAIL menjadi rumput tidak berfungsi sehingga ISMAIL berkata pada ayahnya :” Wahai Ayahku kekuatanmu telah melemah disebabkan kecintaanmu kepadaku, sehingga engkau tidak berkuasa menyembelihku “. Kemudian Ibrahim pisaunya kepada sebuah batu yang ternyata dapat dipotongnya ( terbelah) menjadi dua, lalu berkata beliau ( Ibrahim) pada pisau yang dipegangnya ” engkau dapat memotong batu, tetapi tidak bisa memotong daging..?” Maka dijawab oleh pisaunya dengan kuasa Allah :” engkau memerintahkan aku memotong, sedangkan Allah Rabbul alamin melarangku, bagaimana àku dapat mematuhi perintahmu dan melangkar perintah Robku.

Sesudah nyata kesabaran dan ketaatan Ibrahim dan ISMAIL, maka Allah melarang menyembelih ISMAIL dan untuk meneruskan qurban, Allah menggantinya seekor kambing.

اِنَّ هٰذَا لَهُوَ الْبَلٰۤؤُا الْمُبِيْنُ (١٠٥)وَفَدَيْنٰهُ بِذِبْحٍ عَظيم (١٠٦)

105: Sesungguhnya ini benar-benar suatu ujian yang nyata.106: Dan Kami tebus anak itu dengan seekor sembelihan yang besar.Yakni Idul Adha.

Diceritakan bahwa kambing yang dibawa oleh Jibril guna untuk menggantikan Ismail, Ialah kambing yang diqurbankan oleh Habil yang masih hidup di surga hingga saat diqurbankannya mengganti Ismail. Peristiwa ini menjadi dasar disyaratkannya Qurban yang dilakukan pada hari raya Haji.

Adapun takbiran yang dilakukan oleh ummat Islam dihari raya Haji, maka berasal dari cerita bahwa Malaikat Jibril tatkala melihat Nabi Ibrahim menggosokkan pisaunya pada leher Ismail, ia menngeleng kepalanya berta’jub, heran dan kagum, seraya mengucapkan takbir “Allahu Akbar – Allah Akbar ” lalu dijawab oleh Nabi Ibrahim ” Laailaha Illallahu Wallahu Akbar Walillahilhamdu” .

Berkata Ibnu Abbas; Andaikan penyembelihan Ismail Jadi dilaksanakan, maka penyembelihan anak sebagai qurban tentu menjadi sunnat dan syariat.

Diriwayatkan bahwa Nabi Ismail berkata kepada ayahnya sebagai peristiwa penyembelihan ” Wahai ayahku engkaulah yang murah hati atau aku ? Aku ! Jawab ayahnya ” tidak ayah tetapi Aku kata Ismail, karena ayah masih mempunyai putra lain, sedangkan aku hanya mempunyai satu nyawa. Lalu terdengar suara :” Akulah Allah yang lebih murah hati dari pada kamu berdua, karena Aku telah menggantikanmu dengan qurban dan menyelamatkan kamu dari siksa penyembelihan.

Diceritakan bahwa Allah berfirman kepada Malaikatnya yang sedang mengkagumi kemuliaan yang dimiliki oleh Nabi Ismail sehingga Allah mengirim kambing dari surga untuk menggantikannya sebagai qurban:” Demi keagungan dan kebesaranku andaikan semua Malaikat memanggul Qurban diatas punggungnya, niscaya tidak dapat mengembangi kata-kata Ismail ” Lakukanlah hai bapakku apa yang diperintahkan kepadamu, engkau akan mendapatkan aku Insyaallah dari mereka orang yang sabar. { Dikutip dari Kitab Dzurratunnashihin }.

Selanjudnya dijelaskan dalam kitab Syarqowi Alattahrir : bahwa ketika Nabi Ibrahim berqurban Dombanya Ismail (pengganti dari Nabi Ismail ) itu kedua tandukknya diikat atau digantungkan ditalang Ka’bah, sebagaimana keterangan dalam satu riwayat Ibnu Jubair dari Ibnu Abbas hingga terbakar rumah dibeberapa harinya Ibnu Zubair dan terbakar pula kedua tanduk domba . Adapun yang dimaksud dengan kedua tanduk yaitu kepala ( kepala domba ) sebagaimana para Ahli tafsir menginterpretasikan firman Allah ”

وَنَادَيْنٰهُ اَنْ يّٰٓاِبْرٰهِيْمُ (١٠٣)

Maksudnya sungguh benar mimpimu inilah Qurbanmu maka sembellilah qurban dari anakmu sebagai tebusan baginya , mereka para Malaikat berkata: maka dia membawa seekor domba yang diturunkan dari bukit gunung dan ia berkata : Wahai Nabi Allah ambillah aku dan sembellilah aku sebagai tebusan dari Anakmu karena saya lebih Haq untuk disembelih , dan sesungguhnya saya adalah Dombanya Habil putranya Nabi Adam , Lalu Nabi Ibrahim memuji kepada Tuhannya atas pemberiannya. Ketika Nabi Ibrahim selesai menyembelihnya lalu datanglah api dari langit dan membakar terhadap sembelihannya kecuali yang tidak terbakar hanya kepalanya ( Domba ) , Lalu Nabi Ibrahim dan putranya pergi dengan membawa kepala Domba kepada Ibunya ( Sitti Hajar ) dan keduanya memberikan kabar ( menceritakan tentang kejadiannya) Maka dia ( Sitti Hajar ) bersujud syukur kepada Allah. Selesai.

Dikutip dari kitab Nashihatul Muluk karangan Imam Al-Ghazali .Ketika Nabi Ibrahim selesai dari sembelihannya lalu dia mengupasnya lalu Nabi Ibrahim berkata/bertanya kepada Malaikat jibril Untuk apa yang aku lakukan daging Ini ? Maka Malaikat Jibri berkata: kepada Nabi Ibrahim ” Ambillah 1/3 Untuk ahli rumahmu ( keluargamu) dan Hadiahkan 1/3 untuk orang yang membutuhkan dan sedekahkan 1/3 untuk orang-orang fakir.

Referensi:

شرقاوي على التحرير: الجزء الثاني. ص ٤٦٣

قد صح فى الخبر أن قرني كبش إسماعيل كانا معلقين فى ميزاب الكعبة كماقال عليه رواية إبن جبير عن ابن عباس إلى أن احترق البيت فى أيام ابن الزبير واحترق البيت والمراد بالقرنين الرأس كماقاله المفسرين فى تفسير قوله تعالى وناديناه ياإبراهيم صدقت الرؤيا هذه ذبحتك فاذبحها عن ابنك فداء له قالوا فإذا هو بكبش ينحر من الجبل وهو يقول يانبي الله خذني فاذبحني فداء عن ولدك فأنا أحق بالصبح وأنا كبش هابيل ابن آدم عليه السلام فحمد ربه على ماأولاه ولما فرغ إبراهيم من ذبحه جاءت نار من السماء فأحرقته ولم تترك غير رأسه فذهب إبراهيم وابنه ومعهما رأس الكبش إلى أمه وأخبراها بما وقع فوجدت شكرا لله تعالى إنتهى ونقل عن نصيحة الملوك للإمام الغزالي أنه لما فرغ من ذبحه وسلخه قال جبريل ماأصنع بهذ اللحم فقال له جبريل خذ الثلث لأهل بيتك وأهد الثلث لمن تريد وتصدق بالثلث على الفقراء …الخ

Bagaimana halnya dengan kepala hewan apakah harus dihancurkan sebagaimana dagingnya..?

Jawabannya, Jika melihat dari kisah diatas maka yang berhak menerima bagiannya adalah orang yang berqurban, hal ini jika mudhohhiy berqurban sunnah, karena Nabi Ibrahim ketika berqurban hanyalah kepala qurbannya yang dibawa kerumahnya bersama putranya yaitu Nabi Ismail Alaihimassalam. Akan tetapi jika adanya qurban itu qurban wajib atau Nadzar maka tidak boleh menerima bagian apapun dari qurban, maka jika demikian yang layak untuk mendapatkan bagian kepala adalah sipenerima.

Demikian Kisah latar belakang disyariatkannya qurban serta dasar pembagian daging Qurban. Allahu A’lam bisshowab.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Slot77 Daun77 akurat77 https://itgid.org/public/4d/ https://itgid.org/public/scatter/ slot77 slot online Demo Slot Pg https://aekbilah.tapselkab.go.id/aseng/ Slot Online Gacor https://aekbilah.tapselkab.go.id/dior/ https://www.uobam.co.id/public/assets/ Toto 4D https://wiki.clovia.com/ Slot Gacor Gampang Maxwin Slot77 Daun77 Daun77 slot thailand Daun77 slot77 4d Usutoto situs slot gacor Usutoto Usutoto slot toto slot Daun77 Daun77 Daun77 Akurat77 Akurat77 Akurat77 Akurat77 MBAK4D MBAK4D DWV99 DWV138 DWVGAMING METTA4D MBAK4D MBAK4D MBAK4D METTA4D DWV99 DWV99 MBAK4D MBAK4D MBAK4D SLOT RAFFI AHMAD METTA4D https://aekbilah.tapselkab.go.id/toto4d/ https://aekbilah.tapselkab.go.id/spaceman/ METTA4D METTA4D METTA4D demo slot MBAK4D METTA4D MINI1221 https://www.concept2.cz/ https://berlindonerkebab.ca/ togel malaysia sabung ayam online tototogel slot88 MBAK4D MBAK4D DWV138 METTA4D