السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
بسم الله الرحمن الرحيم
KAJIAN KITAB IBANAH AL-AHKAM KARYA ASSAYYID ALAWI BIN ABBAS AL-MALIKI
BAB TATACARA PELAKSANAAN SHOLAT
HADITS KE 218 :
وَعَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رضي الله عنه قَالَ : ( كَانَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم إِذَا كَبَّرَ لِلصَّلَاةِ سَكَتَ هُنَيَّةً قَبْلِ أَنْ يَقْرَأَ فَسَأَلْتُهُ فَقَالَ : “أَقُولُ : اَللَّهُمَّ بَاعِدْ بَيْنِي وَبَيْنَ خَطَايَايَ كَمَا بَاعَدْتَ بَيْنَ اَلْمَشْرِقِ وَالْمَغْرِبِ اَللَّهُمَّ نقِّنِي مِنْ خَطَايَايَ كَمَا يُنَقَّى اَلثَّوْبُ اَلْأَبْيَضُ مِنْ اَلدَّنَسِ اَللَّهُمَّ اِغْسِلْنِي مِنْ خَطَايَايَ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ ) مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ
Abu Hurairah Radliyallaahu ‘anhu berkata: Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam bila telah bertakbir untuk sholat beliau diam sejenak sebelum membaca (al-fatihah). Lalu aku tanyakan hal itu kepadanya. Beliau menjawab: “Aku membaca doa: Ya Allah jauhkanlah diriku dari kesalahan-kesalahanku sebagaimana telah Engkau jauhkan antara Timur dengan Barat. Ya Allah bersihkanlah diriku dari kesalahan-kesalahan sebagaimana telah Engkau bersihkan baju putih dari kotoran. Ya Allah cucilah diriku dari kesalahan-kesalahanku dengan air es dan embun.” Muttafaq Alaihi.
MAKNA HADITS :
Rasulullah (s.a.w) terpelihara dari melakukan perbuatan dosa. Meskipun begitu, baginda senantiasa berdo’a dengan do’a-do’a yang pada hakikatnya untuk mengajarkan ummatnya sekaligus mengakui akan ketidakmampuan manusia apabila dibandingkan dengan kebesaran Allah. Nabi (s.a.w) selalu berdo’a memohon agar dosa-dosanya dihapuskan dan dipelihara dari perbuatan dosa yang akan terjadi di masa mendatang, serta memohon agar dijauhkan dari dosa-dosa sebagaimana jauhnya jarak antara timur dengan barat yang tidak akan pernah bertemu selamanya. Baginda sering berdo’a memohon agar dirinya disucikan dari dosa-dosa dengan ungkapan mubalaghah. Kemudian baginda membuat satu perumpamaan untuk itu dengan air yang belum pernah disentuh oleh tangan-tangan manusia dan sama sekali belum pernah digunakan, agar itu lebih menguatkan lagi makna yang dikehendakinya, yaitu bersihnya pakaian yang telah dibasuh dengannya. Kemudian sesudah menyebut perumpamaan air, Nabi (s.a.w) menyebutkan ais dan embun sebagai perumpamaan. Hal ini mengandung makna yang mencakupi rahmat dan ampunan sesudah memohon ampunan untuk memadamkan panasnya api neraka yang tak terkira panasnya.
Al-Tsalj (salji) ialah butiran-butiran air membeku yang turun dari langit, lalu jatuh ke bumi dan lama-kelamaan lebur menjadi air. Sedangkan al-Bard (embun)
adalah yang turut dari langit dan sesampainya di bumi lebur menjadi air.
FIQH HADITS :
1. Para sahabat senantiasa mengambil berat keadaan Rasulullah (s.a.w); gerak-gerinya, ketika berdiam diri dan setiap apa yang dilakukannya. Dengan demikian, Allah memelihara agama ini melalui usaha gigih mereka dan oleh karenanya, kita mesti mengikuti mereka.
2. Disyariatkan membaca do’a iftitah setelah takbiratul ihram dan sebelum membaca Surah al-Fatihah. Do’a iftitah itu mempunyai banyak bentuk lafaznya dan apa yang disebutkan dalam hadis ini merupakan salah satu darinya.
3. Boleh berdo’a ketika di dalam sholat dengan do’a-do’a yang bukan dari al-Qur’an, tetapi dengan syarat hendaklah mengikuti apa yang diriwayatkan oleh hadis dan dilakukan pada tempatnya masing-masing, seperti do’a rukuk, sujud, mengangkat kepala dari keduanya dan lain-lain sebagainya.
4. Boleh mengungkapkan sesuatu yang bersifat abstrak dengan mengumpamakannya dengan sesuatu yang bersifat nyata supaya lebih mudah difahami.
Wallahu a’lam bisshowab..
Demikian Kajian Hadits untuk hari ini.
Semoga bermanfaat. Aamiin..