PERTANYAAN :
Assalamualaikum Ustadz..
Bolehkah zakat fitrah diberikan kepada kafir dzimmi?
JAWABAN :
Waalaikumussalam warohmatullahi wabarokatuh..
Zakat fitrah tidak boleh diberikan kepada orang kafir dzimmi (Orang kafir yang berada dalam perlindungan negara islam, dan yang menyatakan tunduk kepada negara islam, dan yang tidak mengganggu ummat islam).
(تنوير القلوب,صحيفۃ ٢٢٧)
ولا يعطی منها كافر ولا رقيق ولا صبي ولا مجنون,بل تعطی لوليهما,ولا بنو هاشم والمطلب,ولا غني ولا من تلزم المزكي نفقته من اصل وفرع وزوجۃ ورقيق بصفۃ الفقراء والمساكين,ويحرم علی غير مستحقها اخذها ويحرم اعطاءها له,وايضا يحرم اذا علم الدافع ان الاءخذيصرفها في معصيۃ,
Zakat itu tidak boleh diberikan kepada orang kafir. Zakat juga tidak boleh di berikan kepada budak. Zakat juga tidak boleh diberikan kepada bayi. Zakat juga tidak boleh diberikan kepada orang gila. Zakat itu harus diberikan kepada walinya bayi dan kepada walinya orang gila. Zakat itu tidak boleh diberikan kepada Banu Hasyim (Nabi Muhammad dan anak cucunya Nabi Muhammad) dan Banul Muththolib. Zakat juga tidak boleh di berikan kepada orang yang kaya. Zakat itu juga tidak boleh di berikan kepada orang yang mana nafaqoh orang itu wajib ditanggung oleh orang yang berzakat (yaitu ayahnya/ibunya orang yang berzakat, anaknya/cucunya orang yang berzakat, istrinya orang yang berzakat, budaknya orang yang berzakat, walaupun semua orang yang wajib di tanggung nafaqohnya oleh orang yang berzakat itu termasuk orang yang fakir atau orang yang miskin).
Orang yang tidak berhak menerima zakat itu di haramkan untuk mengambil zakat. Dan diharamkan memberikan zakat kepada orang yang tidak berhak menerima zakat. Dan di haramkan bagi orang yang memberikan zakat, jika orang yang memberikan zakat itu mengetahui bahwa orang yang menerima zakat itu akan mempergunakan zakat itu untuk ma’shiyat.
Dalam madzhab syafi’i tidak boleh memberikan zakat fitrah pada orang fakir miskin yang non muslim. Ta’bir sebagaimana dalam kitab Kifayatul Akhyar juz I halaman 195 (Maktaah Syamilah) :
والكافر ) أي لا يجوز دفع الزكاة إلى كافر
Dan orang kafir maksudnya tidak boleh memberikan zakat kepada orang kafir.
Dalam madzhab Hanafi boleh, tapi khusus kafir Dzimmi. Ta’bir dalam kitab al ‘Inaayah Syarhul Hidaayah juz III halaman 201-202 (Maktabah Syamilah) :
( وَلَا يَجُوزُ أَنَّهُ يَدْفَعُ الزَّكَاةَ إلَى ذِمِّيٍّ ) { لِقَوْلِهِ عَلَيْهِ الصَّلَاةُ وَ السَّلَامُ لِمُعَاذٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ خُذْهَا مِنْ أَغْنِيَائِهِمْ وَرُدَّهَا فِي فُقَرَائِهِمْ } ” .
قَالَ ( وَيَدْفَعُ مَا سِوَى ذَلِكَ مِنْ الصَّدَقَةِ ) وَقَالَ الشَّافِعِيُّ رَحِمَهُ اللَّهُ : لَا يَدْفَعُ وَهُوَ رِوَايَةٌ عَنْ أَبِي يُوسُفَ رَحِمَهُ اللَّهُ اعْتِبَارًا بِالزَّكَاةِ .
وَلَنَا قَوْلُهُ عَلَيْهِ الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ ” { تَصَدَّقُوا عَلَى أَهْلِ الْأَدْيَانِ كُلِّهَا } ” وَلَوْلَا حَدِيثُ مُعَاذٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ لَقُلْنَا بِالْجَوَازِ فِي الزَّكَاةِ .
وَقَوْلُهُ ( وَيُدْفَعُ مَا سِوَى ذَلِكَ مِنْ الصَّدَقَةِ ) يَعْنِي إلَى الذِّمِّيِّ لِأَنَّهُ هُوَ الْمَذْكُورُ أَوَّلًا دُونَ الْحَرْبِيِّ وَالْمُسْتَأْمَنِ وَفُقَرَاءُ الْمُسْلِمِينَ أَوْلَى
حَدِيثُ مُعَاذٍ فِي الزَّكَاةِ وَالْآخَرُ فِيمَا سِوَاهَا مِنْ الصَّدَقَاتِ الْوَاجِبَةِ كَصَدَقَةِ الْفِطْرِ وَالصَّدَقَةِ الْمَنْذُورَةِ وَالْكَفَّارَاتِ
Kalangan Syafi’iyyah sepakat tidak membolehkan pemberian zakat fitrah pada Non Muslim, tapi menurut sebagian madzhab lain terdapat pendapat yang membolehkannya.
ولايجوز دفع شئ من الزكوات الي كافر سواء زكاة الفطر وزكاة المال وهذا لا خلاف فيه عندنا قال ابن المنذر: أجمعت الامة أنه لا يجزئ دفع زكاة المال إلى الذمي واختلفوا في زكاة الفطر فجوزها أبو حنيفة وعن عمرو بن ميمون وعمر بن شرحبيل ومرة الهمذاني أنهم كانوا يعطون منها الرهبان
وقال مالك والليث وأحمد وأبو ثور لا يعطون ونقل صاحب البيان عن ابن سيرين والزهرى جواز صرف الزكاة إلى الكفار
Dan tidak boleh memberikan harta-harta zakat pada orang kafir baik zakat mal atau fitrah dan yang demikian tidak ada perbedaan pendapat dikalangan syafi’iyyah. Ibn Mundzir berkata “Ulama sepakat tidak boleh memberikan zakat mal pada kafir dzimmi (kafir yang telah tunduk dengan peraturan islam) sedang dalam permasalahan zakat fitrah mereka berbeda pendapat, Abu Hanifah dan dari Amr Bin Maimun, Umr bin Syarhabiil dan Marrah al-Hamdaani memberikannya pada para pendeta. Imam Malik, al-Laits, Ahmad, Abu Tsaur tidak memberikannya, dinukil dari pengarang kitab Shohib al-Bayaan dari Ibn Siriin dan az-Zuhri membolehkan diberikan pada orang-orang non Muslim. [ Al-Majmuu’ ala Syarh al-Muhadzdzab VI/228 ].
Wallahu a’lamu bisshowab..