T020. HUKUM KENCING DAN KOTORAN HEWAN YANG DAGINGNYA HALAL DIMAKAN

PERTANYAAN :

Assalamualaikum ustadz..

Maaf ustadz, saya mau nanya tentang kencingnya hewan yang halal dimakan apakah suci atau najis seperti unta dan kambing?

JAWABAN :

Waalaikumussalam warohmatullahi wabarokatuh..

Menurut Syafi’iyah setiap sesuatu yang encer yang keluar dari salah satu jalan dua hukumnya najis walau dari hewan yang halal dagingnya termasuk kencing dan kotoran unta.

Dalam kitab Al-Majmuk Syarah Muhadzab, Imam Nawawi mengatakan:

وقد سبق أن مذهبنا أن جميع الأرواث والذرق والبول نجسة من كل الحيوان ، سواء المأكول وغيره والطير وكذا روث السمك والجراد وما ليس له نفس سائلة كالذباب فروثها وبولها نجسان على المذهب ، وبه قطع العراقيون وجماعات من الخراسانيين . وحكى الخراسانيون وجها ضعيفا في طهارة روث السمك والجراد وما لا نفس له سائلة ، وقد قدمنا وجها عن حكاية صاحب البيان والرافعي أن بول ما يؤكل وروثه طاهران وهو غريب ، وهذا المذكور من نجاسة ذرق الطيور كلها هو مذهبنا

Artinya: Sudah dijelaskan dalam madzhab kita (yakni madzhab Syafi’i) bahwa seluruh kotoran hewan, tahi burung dan kencingnya itu najis. Baik hewan yang halal dimakan atau tidak. Adapun burung, tahi/kotoran ikan dan belalang dan hewan yang darahnya tidak mengalir seperti lalat, maka hukum kotoran/tahi-nya dan kencingnya adalah najis menurut madzhab (Syafi’i). Ini pendapat ulama Irak dan segolongan ulama Khurasan.

Sedangkan menurut ulama lainnya banyak yang berbeda pendapat berdasarkan hadits berikut:

عن أنس بن مالك قال قدم أناس من عُكْلٍ او عُرَيْنَة فَاجْتَوَوْا الْمَدينةَ فأمرهم النبيُّ صلى الله عليه وسلم بلقاحٍ وأن يشربوا من أبوالها وألبانها فانطلقوا فلمّا صحّوا قتلوا رَاعِيَ النبيِّ صلى الله عليه وسلم واسْتاقُوا النَّعمَ فجاء الخبرُ في أوّل النهار فبعث في أثارهم فلمّا ارتفع النهار جِيْءَ بهم فأمر فقطع أيديهم وأرجلَهم وسُمِرَتْ أعينُهم وألقوا في الحرَّةِ يستسقون فلا يُسْقَوْنَ. رواه البخاري ومسلم

“Dari Anas bin Malik berkata,” Beberapa orang datang dari ‘Ukl atau ‘ Urainah datang kemadinah , namun mereka tidak tahan dengan iklim Madinah hingga merekapun sakit.Beliau lalu memerintahkan mereka untuk mendatangi unta dan meminum air kencing dan susunya.Maka mereka pun berangkat menuju kandang unta(zakat), ketika telah sembuh, mereka membunuh pengembala unta Nabi Muhammadal shallahu alaihi wasallam dan membawa unta-untantanya. Kemudian beritapun sampai kepada Nabi sallallahu alaihi wasallam menjelang siang. Maka beliau mengutus rombongan untuk mengikuti jejak mereka, ketika matahari telah tinggi, utusan beliau datang membawa mereka. Beliau lalu memerintahkan agar mereka dihukum, maka tangan dan kaki mereka dipotong, mata mereka dicongkel, lalu mereka dibuang kepada pasir.mereka minta minum namun tidak diberi. HR. Bukhari dan Muslim.

Pendapat Syafi’iyah tentang hadits ini :

واما امره صلى الله عليه وسلم العرنيين بشرب ابوال الابل فكان للتداوى والتداوى النجس جائز عند فقد الطاهر الذي يقوم مقامه. (المغنى محتاج. ج ١ ص ٢٣٣)

Adapun perintah Rasulullah saw kepada al-arayini untuk meminum kencing unta tujuannya adalah untuk pengobatan dengan suatu yang najis mubah (boleh), jika memang yang suci tidak bisa menggantikan (dijadikan) obat.

Perbedaan pendapat ulama tentang kencing dan kotoran hewan yang bisa dimakan dagingnya.

Berikut ini pendapat para ulama’ tentang :

a. KENCINGNYA :

1. Abu Hanifah, Abu yusuf, : Najis
2. Muhammad Bin Hasan Al-Syaibani : suci walau mengenai pada air yang sedikit tidak menajiskan.
3. Syafi’iyah : setiap sesuatu yang encer yang keluar dari salah satu jalan dua hukumnya najis walau dari hewan yang halal dagingya.
4. Malikiyah : setiap kencing hewan yang halal dimakan dan tidak memakan najis, hukunya suci, dan onta halal dimakan maka kencing onta suci.
5. Hanabilah : kencing onta dan semua hewan yang halal dimakan hukumnya suci , kecuali hewan itu memakan najis, kalau tiga hari dikurung dan diberi pakan yang suci maka kencingnya suci.
6. Zaidiyah : kencing hewan yang hallal dimakan seperti onta suci, karena ada hadits ( لا بأس ببول البقر والغنم والإبل)
dan kencing hewan pemakan kotoran hukumnya najis.
7. Ibnu Hazm : sumua kencing hewan najis tidak boleh dikonsumsi, kecuali dalam keadan dhorurot.
8. Imamiyah : kecing onta suci
9. Ibadhiyah : kencing onta najis,

أما أبوالها، فقد قال أبو حنيفة وأبو يوسف: أنها نجسة، وقال محمد: أنها طاهرة، حتى لو وقع فى الماء القليل لا يفسده ويتوضأ منه ما لم يغلب عليه(8) . ويقول الشافعية: كل مائع خرج من أحد السبيلين نجس سواء كان ذلك من حيوان مأكول اللحم أم لا (9) .ويرى المالكية: أن بول ما يباح أكله طاهر إذا لم يعتد التغذى بنجس، والإبل مباحة الأكل فبولها طاهر(10) .وعند الحنابلة: بول الإبل وما يؤكل لحمه طاهر إلا إذا كانت تأكل النجاسة فبولها نجس، فإن منعت من أكلها ثلاثة أيام لا تأكل فيها إلا طاهرا صار بولها طاهرا(11) . والزيدية: ترى أن بول ما يؤكل لحمه كالإبل طاهر لقوله عليه الصلاة والسلام: ( لا بأس ببول البقر والغنم والإبل) وبول الجلالة نجس(12) .وابن حزم يقول: البول كله من كل حيوان، إنسان أو غير إنسان، مما يؤكل لحمه أو لا يؤكل لحمه، أو من طائر يؤكل لحمه أو لا يؤكل لحمه، فكل ذلك حرام أكله وشربه، إلا لضرورة تداو أو إكراه أو جوع أو عطش فقط، وفرض اجتنابه فى الطهارة والصلاة إلا مالا يمكن فهو معفو عنه(13) .والإمامية قالوا: أن بول الإبل طاهر(14) .والإباضية يرون: أن بول الإبل نجس إذ يقولون أن البول مطلقا من الإنسان والحيوان خبيث لأن النبى صلى الله عليه وسلم سماه خبيثا فكل بول خبيث(15) .

b. KOTORANNYA :

Mayoritas ulama’ menyatakan najis,
1. Zaffar: kotoran hewan yang halal dimakan suci
2. Syafi’iyah : setiap sesuatu yang encer yang keluar dari salah satu jalan dua hukumnya najis walau dari hewan yang halal dagingnya termasuk kotoran onta.
3. Malikiyah : setiap kotoran hewan yang halal dimakan dan tidak memakan najis, hukunya suci, dan onta halal dimakan maka kotoran onta suci.
4. Hanabilah : kotoran hewan yang halal dimakan suci
5. Zaidiyah : kotoran hewan yang halal dimakan seperti onta suci, kalau pemakan kotoran hukumnya najis,
6. Ibnu Hazm ad dzohiri : kotoran onta najis.
7. imamiyah : kotoran onta najis

– Al mausu’ah al fiqhiyah :

أما الأرواث فيقول الأحناف: إنها نجسة عند عامة العلماء وقال زفر: روث ما يؤكل لحمه طاهر(16) .ويقول الشافعية: إن كل ما خرج من السبيلين من حيوان مأكول فنجس كالبعر والروث(17) .ويرى المالكية: أن الروث الخارج من مباح الأكل كالإبل والبقر طاهر إذا لم يعتد التغذى بالنجاسة فإن اعتاد التغذى بها يقينا أو ظنا فروثه نجس(18) .ويرى الحنابلة أن روث الحيوان الذى يؤكل طاهر(19) .ويرى الزيدية أن زبل الإبل والحيوانات المأكولة طاهر، فإذا كانت جلالة كان زبلها نجسا قبل الاستحالة، فأما بعد الاستحالة التامة بتغير اللون والطعم والريح عما كانت عليه فإنه يحكم بطهارته(20) .ويرى ابن حزم الظاهرى: أنه نجس، وتجب إزالته عما يصيبه من جسم الإنسان وثيابه ومكانه وكل ما يخصه لأن الله تعالى أمر على لسان رسوله بإزالته(21) .وقال الإمامية: إن روث الإبل نجس لأن العذرات نجسة

Wallahu a’lamu bisshowab..

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *