PERTANYAAN :
Assalamualaikum ustadz..
Bagaimana hukumnya minum Air kencing ibu dengan tujuan menolak penyakit/ obat?
JAWABAN :
Waalaikumussalam warohmatullahi wabarokatuh..
Dalam rangka pengobatan boleh meminumnya apabila bertujuan sebagai obat, akan tetapi dengan syarat sebagai berikut :
1. Ada keterangan dari dokter bahwa itu berguna sebagai obat.
2. Tidak ada obat lain yang dapat menyembuhkan penyakitnya.
ุงูู ูุณูุนุฉ ุงูููููุฉ ุงููููุชูุฉ ุฌ ูกูก ุต ูกูกูจ
ุงูุชููุฏูุงููู ุจูุงููููุฌูุณู ููุงููู
ูุญูุฑููู
– ุงุชูููููู ุงููููููููุงุกู ุนูููู ุนูุฏูู
ู ุฌูููุงุฒู ุงูุชููุฏูุงููู ุจูุงููู
ูุญูุฑููู
ู ููุงููููุฌูุณู ู
ููู ุญูููุซู ุงููุฌูู
ูููุฉู ุ ููููููู ุงููููุจูููู ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู
ู : ุฅูููู ุงูููููู ููู
ู ููุฌูุนูู ุดูููุงุกูููู
ู ูููู
ูุง ุญูุฑููู
ู ุนูููููููู
ู
ุงูู ูููู
ููููุตูุฑู ุงูุดููุงููุนููููุฉู ุงููุญูููู
ู ุนูููู ุงููููุฌูุณู ููุงููู
ูุญูุฑููู
ู ุงูุตููุฑููู ุ ูููุงู ููุฌููุฒู ุงูุชููุฏูุงููู ุจูููู
ูุง ุ ุฃูู
ููุง ุฅูุฐูุง ููุงููุง ู
ูุณูุชููููููููููู ู
ูุนู ุฏูููุงุกู ุขุฎูุฑู ุ ููููุฌููุฒู ุงูุชููุฏูุงููู ุจูููู
ูุง ุจูุดูุฑูุทููููู : ุฃููู ููููููู ุนูุงุฑูููุง ุจูุงูุทููุจูู ุ ุญูุชููู ูููููู ููุงูู ููุงุณูููุง ููู ููููุณููู ุ ุฃููู ุฅูุฎูุจูุงุฑู ุทูุจููุจู ู
ูุณูููู
ู ุนูุฏููู ุ ููุฃููู ููุชูุนูููููู ููุฐูุง ุงูุฏููููุงุกู ูููุงู ููุบูููู ุนููููู ุทูุงููุฑู
ููุฅูุฐูุง ููุงูู ุงูุชููุฏูุงููู ุจูุงููููุฌูุณู ููุงููู
ูุญูุฑููู
ู ููุชูุนูุฌููู ุงูุดููููุงุกู ุจููู ุ ููููุฏู ุฐูููุจู ุงูุดููุงููุนููููุฉู ุฅูููู ุฌูููุงุฒููู ุจูุงูุดููุฑููุทู ุงููู
ูุฐููููุฑูุฉู ุนูููุฏูููู
ู ุ ููููููุญููููููููุฉู ููููู ูููููุงููู
ุงูู
ุฌู
ูุน ุดุฑุญ ุงูู
ูุฐุจ ุฌ ูฉ ุต ูฅู
-(ูุฃู
ุง) ุงูู ูููู
ูุงู ุงุตุญุงุจูุง ูุงูู
ุง ูุฌูุฒ ุฐูู ุฅุฐุง ูุงู ุงูู
ุชุฏุงูู ุนุงุฑูุง ุจุงูุทุจ ูุนุฑู ุฃูู ูุง ูููู
ุบูุฑ ูุฐุง ู
ูุงู
ู ุฃู ุฃุฎุจุฑู ุจุฐูู ุทุจูุจ ู
ุณูู
ุนุฏู
ููููู ุทุจูุจ ูุงุญุฏ ุตุฑุญ ุจู ุงูุจุบูู ูุบูุฑู
Sebagaimana yang dimaklumi najisnya Kencing Dalam hadits disebutkan,
ุฃูููู ุฃูุนูุฑูุงุจููููุง ุจูุงูู ููู ุงููู ูุณูุฌูุฏู ููููุงู ู ุฅููููููู ุจูุนูุถู ุงููููููู ู ููููุงูู ุฑูุณูููู ุงูููููู -ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู - ุฏูุนูููู ูููุงู ุชูุฒูุฑูู ูููู ููุงูู ููููู ููุง ููุฑูุบู ุฏูุนูุง ุจูุฏููููู ู ููู ู ูุงุกู ููุตูุจูููู ุนููููููู.
โ(Suatu saat) seorang Arab Badui kencing di masjid. Lalu sebagian orang (yakni sahabat) berdiri. Kemudian Rasulullah shallallahu โalaihi wa sallam bersabda, โBiarkan dan jangan hentikan (kencingnya)โ. Setelah orang badui tersebut menyelesaikan hajatnya, Nabi shallallahu โalaihi wa sallam lantas meminta satu ember air lalu menyiram kencing tersebut.โ (HR. Muslim no. 284). Hadits ini menunjukkan bahwa kencing manusia itu najis karena Nabi shallallahu โalaihi wa sallam memerintahkan untuk membersihkannya.
Shidiq Hasan Khon rahimahullah mengatakan, โKotoran dan kencing manusia sudah tidak samar lagi mengenai kenajisannya, lebih-lebih lagi pada orang yang sering menelaah berbagai dalil syariโah.โ (Lihat Ar Roudhotun Nadiyah, 1: 22).
Masalah najis kencing, silakan baca: Mengenal Macam-Macam Najis.
Setiap yang Najis Dihukumi Haram
Ibnu Taimiyah rahimahullah mengatakan,
ููููู ููุฌูุณู ู ูุญูุฑููู ู ุงููุฃููููู ููููููุณู ููููู ู ูุญูุฑููู ู ุงููุฃููููู ููุฌูุณูุง
โSetiap najis diharamkan untuk dimakan, namun tidak setiap yang haram dimakan itu najis.โ (Majmuโatul Fatawa, 21: 16).
Mengenai kaedah di atas dijelaskan pula oleh Imam Ash Shonโani rahimahullah, โSesuatu yang najis tentu saja haram, namun tidak sebaliknya. Karena najis berarti tidak boleh disentuh dalam setiap keadaan. Hukum najisnya suatu benda berarti menunjukkan haramnya, namun tidak sebaliknya. Diharamkan memakai sutera dan emas (bagi pria), namun keduanya itu suci karena didukung oleh dalil dan ijmaโ (konsensus para ulama). Jika engkau mengetahui hal ini, maka haramnya khomr dan daging keledai jinak sebagaimana disebutkan dalam dalil tidak menunjukkan akan najisnya. Jika ingin menyatakan najis, harus didukung dengan dalil lain. Jika tidak, maka kita tetap berpegang dengan hukum asal yaitu segala sesuatu itu suci. Siapa yang mengklaim keluar dari hukum asal, maka ia harus mendatangkan dalil. Sedangkan bangkai dihukumi najisnya karena dalil mengatakan haram sekaligus najisnya.โ
(Lihat Subulus Salam, 1: 158) : Yang Najis, Haram Dimakan dan Tidak Sebaliknya.
Apabila meminumnya untuk tujuan tabarruk (ngalang berkah) maka ini ibarotnya :
TABARRUK pada katoran manusia (selain baginda nabi muhammad saw) seperti pda kencing ibu MAKA tidak boleh (Haram).
ุดุฑุญ ุจููุบ ุงูู ุฑุงู ููุดูุฎ ุนุทูุฉ ู ุญู ุฏ ุณุงูู [180 /12
ุงูู ุตูุญุฉ ุงูุซุงููุฉ: ุงูุชุจุฑูุ ููุฏ ูุงููุง ูุชุจุฑููู ุจุจุตุงูู ูู ุฎุงุทู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู ูู ุง ุฌุงุก ูู ุตูุญ ุงูุญุฏูุจูุฉ ุญููู ุง ูุงู ุนุฑูุฉ ุจู ู ุณุนูุฏ ุงูุซููู : (ูุงููู! ููุฏ ุฏุฎูุช ุนูู ูุณุฑู ูู ู ููู ูููุตุฑ ูู ู ูููุ ูู ุง ุฑุฃูุช ููู ุงู ูุนุธู ูู ู ูููู ูุชุนุธูู ุฃุตุญุงุจ ู ุญู ุฏ ูู ุญู ุฏุ ูุงููู! ู ุง ุชูู ุชูุงูุฉ ููุง ุชูุฎู ูุฎุงู ุฉ ุฅูุง ุณูุทุช ูู ูู ุฃุญุฏูู ูุฏูู ุจูุง ูุฌููุ ููุง ุชูุถุฃ ูุถูุกุงู ุฅูุง ุงูุชุชููุง ุนูู ู ุงุฆู ููุชู ุณุญูุง ุจู) ู ุฃู ุฃูู ู ูู ุง ุดุฑุจุช ุจููู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู ุ ูุงู ููุง: ( ูุง ุชูุฌุนู ุจุทูู ุฃุจุฏุงู )ุ ู ุงุจู ุงูุฒุจูุฑ ูู ุง ูุงู ูู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู : ( ุฎุฐ ูุฐุง -ุฃู: ุฏู ุงูุญุฌุงู ุฉ- ูุบูุจู ุนู ุงููุงุณ ูู ู ูุงู ูุง ูุฑุงู ุฃุญุฏุ ูุฐูุจ ุจุนูุฏุงู ูุดุฑุจูุ ููู ุง ุฑุฌุน ูุงู ูู: ู ุงุฐุง ูุนูุชุ ูุงู: ุดุฑุจุชูุ ูุงู: ููู ูููุงุณ ู ููุ ูููู ูู ู ู ุงููุงุณ ) ุฃู: ูุฃุซุฑ ุฏู ุฑุณูู ุงููู ุงูุฐู ูู ุฌููู.
ููุงููุง ูุฃุชูู ุจุงูุฃุทูุงู ุฅููู ููุญูููู ุชูู ุณุงู ูุจุฑูุฉ ูุฏู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู ุ ู ุฃุจู ูุชุงุฏุฉ ูู ุง ุฎุฑุฌุช ุนููู ูู ุฃุญุฏ ุฑุฏูุง ูู ุณุญ ุนูููุง ุจููู ููุงูุช ุฃุญุณู ุนููููุ ูุฃุดูุงุก ูุซูุฑุฉ ูู ูุฐุง ุงูู ูุถุน ุนู ููุง ุฃุตุญุงุจูุง ุงูุชู ุงุณุงู ูุจุฑูุฉ ุฑุณูู ุงููู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู ุ ููุญู ูููู: ุนูู ุงููู ุฃููุง ูู ุฃุฏุฑููุง ุงูุชุฑุงุจ ุงูุฐู ูุทุฆู ูุงูุชุญููุง ุจู ูู ุฃุนูููุงุ ูููู ูู ูุชุนุฏู ูุฐุง ุฅูู ุบูุฑูุ ุงูุฌูุงุจ: ูููู: ูุงุ ุจู ูุฐุง ุฎุงุต ุจุฑุณูู ุงููู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู ุ ูุฃููุง ูู ูุฌุฏ ุฃุตุญุงุจู ูุนููุง ุฐูู ู ุน ุบูุฑูุ ุฅุฐุงู: ูุฐู ุงูุฃุดูุงุก ูุงุตุฑุฉ ุนูููุ ูุฃูู ูู ุงูุฐู ุงุฎุชุต ุจู ุซู ูุฐู ุงูุฃู ูุฑ
Arti ibaroh yang ย bawah :
Apakah tabarruk semacam diatas (dengan ludah baginda nabi, kencing beliau ataupun darahnya) juga sama jika pada manusia yang lain?
Aljawab: TIDAK! Akan tetapi semua yang disebutkan diatas hanya tertentu pda baginda nabi, sebab kami tidak pernah menemukan praktek yang demikian dimasa sahabat nabi, sehingga perkara samacam ini hanya terexsplisit pada baginda nabi sebab beliaulah yang memang dikarunia semacam ini.
Wallahu Taโala aโlam bisshowab..